IVF (In Vitro Fertilisation) adalah proses pembuahan in vitro atau lebih dikenal sebagai bayi tabung. IVF / bayi tabung ini menjadi salah satu solusi untuk para pasangan hidup yang memiliki kesusahan mempunyai anak. Berikut ini berita yang dikutip situs detikbayi

Wanita umur 68 Tahun dengan melakukan proses IVF

Wanita nigeria berusia 68 tahun berhasil melahirkan anak kembar setelah melakukan proses fertilisasi in vitro sebanyak 4 kali. Sebelumnya Margaret Adenuga telah mengalami kegagalan sebanyak 3 kali. Suaminya Noah Adenuga, 77 tahun mengatakan merupakan impian mereka untuk mendapatkan anak setelah menikah sejak tahun 1974.

Mereka tidak putus asa setelah mengalami kegagalan sebanyak 3 kali. Pensiunan auditor itu mengatakan kepada CNN “Aku ada seorang pemimpi dan aku merasakan impian ku akan kesampaian.”

Kedua bayi tersebut lahir melalui operasi caesarean di Lagos University Teaching Hospital (LUTH) pada¬† hari selasa 7 April 2020. Dr. Adeyemi Okunowo, dokter yang menangani proses kelahiran mengatakan kepada CNN “Sejumlah spesial tim kedokteran telah dikerahkan untuk menangani proses kelahiran ini,¬† mengingat usia ibu hamil yang tidak muda lagi.”

“Sebagai seorang ibu hamil yang tua dan kehamilan pertama. Ini adalah kehamilan yang sangat berbahaya apalagi dengan kandungan anak kembar. Perjuangan wanita ini sungguh luar biasa dan bayi dapat berkembang dalam kandungan hingga full term. Kami bersyukur bisa melewati proses ini dengan baik dan sempurna.” Pungkas Dr Adeyemi Okunowo.

Wanita Indian usia 73 tahun adalah ibu melahirkan tertua di Nigeria

Tahun lalu juga ada seorang Wanita Indian berusia 73 yang juga melakukan proses IVF. Wanita Indian tersebut sukses juga bersalin dan menjadi wanita tertua yang pernah melahirkan di Nigeria. Wanita indian ini juga berhasil menjaga bayi hingga fullterm. Proses persalinannya juga dilakukan di hospital yang sama.

Baca juga  Bayi yang Baru Lahir di Sulut Meninggal Covid19

Kesuksesan kelahiran ini menjadikannya sebagai wanita tertua yang sukses melahirkan di nigeria. Sebagai catatan redaksi detikbayi, untuk rekor tertua di dunia dipegang oleh wanita india 74 tahun yang melahirkan bayi kembar tahun 2019 lalu. Mangayamma Yaramat, ibu melahirkan tertua juga menjalankan proses IVF / bayi tabung. Ibu asal india ini berhasil melahirkan bayi kembar perempuan dengan baik di hospital Ahalya, kota Guntur.

Usia seorang ibu juga berpengaruh dalam menyebabkan komplikasi kehamilan. Hamil dengan usia yang tua dapat menyebabkan kelahiran prematur. Ibu tersebut sudah sangat beruntung dapat melewatinya hingga kehamilan full term.