Banyak orang tua baru belum mengetahui kapan usia ideal bayi mulai bicara. Sejatinya kemampuan buah hati untuk berbicara sangat beragam. Umumnya pada usia 6 bulan sudah tergolong ideal untuk belajar kosa kata sederhana.

Kemampuan bicara dikategorikan sebagai tolak ukur tumbuh kembang anak, sudah pasti sangat diperhatikan oleh para orang tua. Tidak sedikit pertanyaan usia berapa anak mulai bisa belajar berbicara disampaikan secara terbuka. Padahal rentang perkembangan buah hati terbilang panjang dan tidak sama.

Alangkah jauh lebih baik jika ayah dan bunda mengurangi rasa khawatir. Lantaran tidak semua bayi mempunyai perkembangan bicara yang cepat. Ada pula anak yang tergolong membutuhkan waktu sedikit lama untuk hal tersebut. Di artikel ini detikbayi.id akan membahas secara lengkap usia ideal bayi mulai berbicara. Termasuk cara membantu anak belajar pengucapan kata, hingga mengenal kelainan atau gangguan berbicara pada buah hati.

Orang Tua Ketahui Berapa Usia Ideal Bayi Mulai Bicara

Pada usia 6 bulan merupakan usia ideal bayi mulai  bicara belajar kosa kata sederhana. Dalam perkembangannya anak akan mulai mengucapkan satu atau dua kata sederhana. Buah hati secara alami memulai proses belajar mengucapkan kata-kata, jauh lebih awal dari perkiraan orang tua.

Menginjak usia 2 hingga 3 bulan anak mulai menggumamkan bahasa bayi dengan nada beragam. Barulah ketika mencapai usia 4 bulan, perkembangannya bertambah menjadi celotehan khas bayi.

Umumnya huruf vokal adalah pelafalan pertama bagi bayi yang sedang belajar berbicara, seperti a, i, u, e, o. Kemudian seiring waktu juga akan mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf p, m, dan b. Itulah mengapa kata papa dan mama sering kali menjadi kata pertama buah hati Anda.

Memasuki usia 6 hingga 7 bulan anak akan lebih jelas mengucapkan kata. Pasalnya, pada usia ini buah hati telah mampu menggunakan mulutnya secara harmonis. Bersiaplah mendengar anak mengatakan sebutan papa dan mama. Apabila pelafalannnya belum terlalu jelas bukan masalah besar, sebab ia sedang belajar menggerakkan lidah dan bibir bersamaan.

usia ideal bayi mulai bicara

Jangan sepelekan setiap kata yang keluar dari anak, meskipun kedengarannya hanya gumaman acak tanpa makna. Faktanya ia sedang meniru nada bicara orang tua atau orang-orang disekitarnya. Misalkan anak hendak bertanya sesuatu, maka ia akan menaikkan nada gumamannya.

Ada kalanya setelah mengucapkan sesuatu anak berhenti sejenak. Karena sedang menunggu respons lawan bicaranya. Pada saat itulah bayi sedang mencoba cara berkomunkasi dua arah secara alami.

Bertambahnya umur bayi, akan menunjukkan perkembangan berbicara yang jauh lebih baik. Kata-kata yang didengar dari sekitarnya adalah tempat untuk menemukan kosa kata baru. Kemampuan merangkai kata-kata menjadi kalimat sederhana akan dilakukan saat menginjak usia 18 hingga 24 bulan, bisa dibilang periode tersebut merupakan usia ideal bayi mulai bicara. Setelahnya pelafalan kata menjadi lebih jelas terdengar dan mudah bagi orang dewasa pahami.

Identifikasi Dini Buah Hati Terlambat Bicara

Bayi mengalami keterlambatan bicara bukanlah hal yang aneh, namun, bukan berarti orang tua bisa menyepelekan hal tersebut. Kebanyakan situasi anak terlambat berbicara tidak berlangsung lama. Tetapi ada pula yang berkaitan dengan gangguan pendengaran sehingga membutuhkan bantuan dokter. Ayah dan ibu dapat berpegang pada pedoman dasar terkait perkembangan berbicara bagi anak. Berikut adalah patokan umum keterampilan verbal pada bayi sesuai usianya.

  • 3 Bulan

Bayi berusia 3 bulan akan mengucapkan atau mengeluarkan suara secara acak yang tidak menyiratkan arti. Pada usia 3 bulan, buah hati lebih mengekspresikan keinginannya dengan raut wajah dan nada suara. Misalkan ia akan tersenyum saat mendengar suara ibu, atau menangis ketika merasa mengantuk.

  • 6 Bulan

Usia 6 bulan kemampuan anak bertambah, ia akan mengeluarkan suku kata yang lebih jelas. Bayi sudah lebih ekspresif dalam mengutarakan keinginannya. Nada suara anak akan bervariasi antara menyampaikan emosi senang, sedih, marah dan sebagainya. Orang tua harus melihat kemampuan tersebut agar segera menyadari jika anak merespon dengan menangis.

  • 12 bulan

Bayi menginjak usia 12 bulan sudah lancar memanggil orang tuanya papa atau mama. Bahkan anak sudah pandai menirukan berbagai kata sederhana yang ia sering dengar. Buah hati juga memahami cara Anda atau orang disekitarnya berbicara, memberi perintah, dan lainnya. Cobalah menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak untuk melihat apakah perkembangannya sudah sesuai umurnya.

  • 18 Bulan

Pada usia 18 bulan, bayi semakin pandai berbicara hingga 20 kata sederhana. Mungkin anak akan melafalkan kata yang kurang lengkap atau belum jelas. Seperti ‘minum’ bisa jadi anak mengucapkan kata belakangnya saja ‘num’. Tahap ini merupakan waktu untuk anak mengenali nama orang-orang disekitarnya. Juga mengetahui nama dari bagian tubuhnya, termasuk benda-benda yang selalu dilihat. Selain itu anak mampu menggerakkan tangan selagi bicara sebagai bentuk ekspresi.

  • 24 Bulan

Usia 24 bulan merupakan usia ideal bayi mulai bicara, di usia ini bayi sudah mampu mengucapkan hingga 50 kata, mereka juga akan merangkai setidaknya satu kalimat sederhana. Seperti mau makan, mau main, mau susu, dan sebagainya. Anda dapat menanyakan pertanyaan sederhana dan buah hati akan merespon sebagai jawaban. Apa bila anak terlihat pasif, jangan terburu-buru menyimpulkannya sebagai kekurangan.

Cara Agar Anak Lebih Cepat Berbicara

Orang tua bisa membantu bayi di usia ideal bayi mulai bicara agar semakin lancar prosesnya. Pertama lakukan kontak mata dengan anak, saat dirinya berkomunikasi dengan menggerakan anggota tubuhnya. Semakin banyak interaksi buah hati dengan ayah dan ibunya, secara otomatis membuat keinginan untuk berbicara pada anak lebih tinggi.

Jadilah pendengar yang baik bagi anak, biarkan si kecil berceloteh agar komunikasi dua arah terjadi. Berikan respon dengan tersenyum atau bertepuk tangan saat ia bebicara kepada Anda. Cara ini ampuh merangsang kemampuan verbal buah hati.

Ketika anak melafalkan kata-kata yang kurang jelas, ucapkan kembali dengan kata utuh. Misalkan ia mengucapkan kata ‘num’, maka tanyakan ‘mau minum?’. Sehingga anak paham bahwa pelafalan yang benar adalah minum. Bayi juga menggerakan tubuh seperti tangan saat menginginkan sesuatu. Sebaiknya orang tua bertanya sembari menunjuk kembali benda yang anak inginkan, ‘mau boneka ini?’.

Lakukan aktivitas bersama sembari menceritakan kegiatan Anda sebelumnya. Membacakan cerita juga efektif mempercepat kemampuan berbicara bayi. Membaca buku cerita yang sama berkali-kali merupakan metode tepat menambah kosa kata baru pada ingatan anak. Demikian pembahasan tentang usia ideal bayi mulai bicara, semoga banyak membantu.