Bagi perempuan yang sedang mengandung, maka pemeriksaan ultrasonografi atau yang akrab disebut USG adalah salah satu hal yang perlu untuk anda lakukan. Dengan USG, maka nantinya anda pun akan menjadi tahu tentang jenis kelamin dari si kecil dan juga berfungsi untuk mendeteksi adanya masalah selama masa kehamilan. Sebelum itu, anda pun perlu mengetahui apa saja persiapan USG yang perlu untuk anda tahu. Berikut simak ulasannya.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukan ULTRASONOGRAFI

ultrasonografi

1. Dengan Memakai Pakaian yang Sesuai

Ketika anda ingin melakukan pemeriksaan Ultrasonografi, maka anda pun sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Selain itu, anda juga bisa untuk memilih jenis pakaian yang mudah digunakan ketika proses USG dimulai. Contohnya saja dengan menggunakan blouse yang memilki ukuran longgar dan juga bawahan yang akan membuat anda nyaman. Untuk itu, pemilihan busana ketika melakukan USG adalah salah satu hal yang perlu untuk anda persiapkan.

ultrasonografi kehamilan

2. Dengan Bersikap Nyaman

Selain itu, persiapan USG selanjutnya adalah dengan membuat diri anda sendiri merasa nyaman. Untuk itu, anda pun bisa mulai untuk menghilangkan rasa khawatir dan mulai untuk menciptakan perasaan yang nyaman. Sehingga anda pun jangan membiarkan perut dalam keadaan lapar atau terlalu kenyang ketika akan melakukan pemeriksaan USG.

Namun, apabila anda masih merasa takut untuk pergi sendirian, maka anda pun bisa meminta bantuan suami, ataupun kerabat untuk menemani anda selama proses pemerikasaan. Sehingga nantinya anda pun akan merasa nyaman selama proses pemeriksaan USG tersebut. Hal yang penting adalah untuk membuat diri anda senyaman mungkin ketika menjalankan USG.

Minum banyak air

3. Dengan Mengonsumsi Air Putih

Persiapan USG kehamilan yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan mengonsumsi banyak air putih. Anda bisa mengonsumsi cukup air putih sejak pagi atau sebelum anda melakukan pemeriksaan USG. Hal ini dikarenakan ketika anda rutin untuk mengonsumsi air putih maka hal tersebut akan membantu untuk membersihkan cairan ketuban. Sehingga ketika anda menjalani USG, maka hasilnya akan terlihat jelas.

proses ultrasound

4. Dengan Memilih Dokter yang Bersertifikat

Metode satu ini pun telah banyak berkembang seiring berjalannya waktu. Sehingga anda pun tak hanya mampu melihat janin dalam kondisi dua dimensi saja, melainkan juga bisa dengan melakukan USG tiga dimensi maupun 4 dimensi. Untuk itu, ketika anda ingin melakukan pemeriksaan dengan metode USG 3 dimensi maupun 4 dimenasi maka anda pun sebaiknya bisa memilih dokter yang mempunyai sertifikasi.

Hal ini dikarenakan pemeriksaan USG yang menggunakan teknologi 3 dimensi ataupun 4 dimensi, tentu saja harus ditangani dengan seseorang yang mempunyai keterampilan khusus. Hal ini bertujuan agar nantinya dokter dapat membaca hasil diagnosis USG dengan benar. Sehingga nantinya akan didapatkan hasil diagnosis yang lebih optimal.

perencanaan

5. Dengan Memilih Waktu yang Tepat

Untuk persiapan USG kehamilan ini, maka anda pun juga perlu untuk memilih waktu yang tepat. Sebaiknya anda bisa melakukan USG tahap awal ketika usia kandungan telah menginjak 6 hingga 7 minggu. Untuk anda yang ingin mengetahui jenis kelamin dari bayi yang berada di dalam kandungan, maka anda pun perlu untuk melakukan pemeriksaan USG ketika telah menginjak usia kandungan yakni 18 minggu.

Itulah beberapa hal yang bisa untuk anda persiapkan sebelum melakukan pemeriksaan USG. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu pengetahuan bagi anda, sehingga ketika anda ingin menjalani USG, anda tidak menjadi kagok dan telah mempersiapkan hal tersebut dengan baik dan optimal.

Para reader yang setia jangan lupa untuk memfollow twitter detikbayi.