Salah satu permasalahan perkembangan si kecil yang muncul di saat ini adalah kasus ketergantungan pada gadget. Yang mana menyebabkan beberapa efek negatif seperti terlambat bicara dan masalah penglihatan. Meski memberikan gadget membuat si kecil anteng, tapi pertimbangkan untuk memberikan tips mengatasi anak kecanduan handphone berikut!

Tips Mengurangi Ketergantungan Gadget

baca juga : Mainan Edukatif Bayi 0-12 Tahun! Solusi Pintar Penunjang Tumbuh Kembang Si Kecil

1. Berikan Jadwal Untuk Membatasi Waktu 

Sering kali salah satu alasan orang tua memberi gadget atau handphone adalah agar tidak mengganggu, atau tidak keluyuran. Alhasil, hp pun jadi pilihan agar si kecil anteng. Meski demikian, lebih baik berikan jadwal agar si kecil tidak kebablasan dan keterusan bermain gadget. Sebut saja seperti jadwal sehari beberapa jam saja, atau seminggu beberapa kali saja. 

Memberi jadwal ini akan sekaligus membatasi waktu si kecil bermain gadget. Tak hanya tentang membatasi waktu, namun juga memberi perhatian khusus. Seperti contohnya untuk anak di bawah usia 2 tahun. Pastikan untuk tidak membiarkan mereka sendirian. Untuk usia 2 – 4 tahun, maksimal satu jam seharinya. Dan lima tahun ke atas maksimal dua jam sehari untuk kebutuhan rekreasional. 

2. Tunjukkan Contoh Yang Baik 

Anak melihat orang tua sebagai contoh. Alhasil, untuk mencegah si buah hati menjadi kecanduan handphone Anda pun harus beri contoh yang baik. Jangan terlalu terpaku pada Hp dan menggunakannya setiap waktu. Letakkan gadget dan berikan perhatian yang cukup pada si anak, sehingga terbangun waktu berkualitas bersama di dalam keluarga. 

Tips-Mengatasi-Anak-Kecanduan-Handphone-Yang-Wajib-Dikenali-Dan-Dihindari-Sedari-Dini

3. Hindari Memberi Akses Penuh Pada Handphone 

Jangan pernah memberi akses penuh pada si kecil untuk menggunakan handphone. Sering kali orang tua sekarang berani membelikan HP untuk si anak, yang mana membuat si kecil tak paham arti batasan. Jika memang mungkin, berbagi handphone akan menjadi solusi untuk membatasi penggunaan. 

Namun jika memang harus memberikan hp pribadi untuk anak, maka beri peraturan dan batasan untuk mereka menggunakannya. Gunakan peraturan seperti meminta izin terlebih dahulu, harus menyelesaikan tugas atau belajar, hingga membatasi waktu penggunaan. Jangan diserahkan begitu saja, karena banyak hal yang perlu diawasi akan penggunaan Hp. 

4. Kenali Alasan Menggunakan Hp 

Meski asumsi kecanduan Handphone banyak dikaitkan dengan keinginan untuk bermain game, tapi sebenarnya masalah ini bisa saja terjadi karena alasan lainnya. Terdapat sebuah studi yang menguak adanya keterkaitan akan masalah hidup dengan sifat kompulsi menggunakan HP. 

Jika Anda mendapati si buah hati mulai kecanduan dengan gadget, jangan langsung beranggapan pada suatu hal saja. Kenali apakah ada masalah yang tersembunyi, seperti dorongan lingkungan untuk tampil lebih modern, kekinian, hingga masalah sosial atau komunikasi. Kenali dan selesaikan sedini mungkin agar si kecil dapat berhenti dari kecanduan tersebut. 

5. Ubah Pengaturan Untuk Mengurangi Intensitas Penggunaan

Tidak ada salahnya untuk mengubah pengaturan pada HP atau memberi fitur tertentu untuk membantu mengurangi masalah adiksi tersebut. Seperti contohnya menggunakan parental control, Hp mati otomatis, menghapus aplikasi yang menghabiskan waktu, atau mematikan notifikasi. Dengan berkurangnya godaan penggunaan gadget, maka kecanduan handphone pun bisa diperbaiki.

Asumsi memberikan Hp pada si kecil agar anteng, ternyata harus dimengerti dengan baik. Memberikan akses dan tidak membatasi justru dapat menyebabkan si kecil kecanduan. Alhasil, akan berefek pada perkembangan si kecil. Untuk itu, coba terapkan jadwal, beri contoh yang baik, kenali alasan mereka terpaku pada hp, dan beri mereka opsi untuk mengalihkan perhatian dari hp.