Kehamilan menjadi momen yang paling bahagia bagi pasangan suami istri, sehingga banyak yang berusaha mencara tips agar cepat hamil. Mereka sudah mengharapkan kehadiran seorang anak sebagai pelengkap keluarga. Tidak heran para suami istri melakukan segala cara agar momen kebahagiaan tersebut segera terjadi. Namun tidak semua pasangan suami istri mendapat anugerah tersebut, ada yang perlu menunggunya bertahun-tahun. Berikut ada ulasan tips agar cepat hamil yang bisa menjadi wawasan baru.

Mempersiapkan Kehamilan Setelah Menikah ikuti Tips Agar Cepat Hamil

persiapan tips agar cepat hamil

1. Hitung Masa Subur

Bagi anda yang ingin segera mendapat momongan, program menghitung masa subur perlu dilakukan. Sel telur yang dilepaskan saat masa subur biasanya berhasil dibuahi oleh sperma. Pelepasan sel telur normalnya terjadi satu bulan sekali, sedangkan masa subur hanya berlangsung beberapa hari. Anda bisa mencatat kapan saja waktu menstruasi setiap bulan bagi yang memiliki siklus teratur. Sedangkan bagi siklus tidak teratur mungkin agak sulit untuk mendeteksi waktu subur.

 

menghitung masa subur
2. Hubungan Suami Istri Saat Masa Subur

Saat masa subur ovarium akan melepas sel telur yang siap untuk dibuahi. Dengan begitu anda bisa melakukan hubungan suami istri dengan pasangan. Ada baiknya dilakukan pada satu atau tiga hari sebelum sel telur dilepaskan. Tips cepat hamil ini akan membantu program hamil berhasil sesuai dengan keinginan. Perlu anda tahu bahwa sel sperma bisa bertahan di tubuh wanita selama 3-6 hari. Sedangkan sel telur hanya bertahan hidup di luar selama satu hari.

 

konsultasi dokter
3. Periksa Kondisi Kesehatan

Untuk keberhasilan program hamil biasanya diperlukan sperma dan sel telur yang berkualitas. Cek kesehatan secara rutin menjadi jalan alternatif untuk memastikan pasangan sama-sama sehat. Pemeriksaan ini penting untuk mendeteksi masalah kesehatan atau kelainan, agar tidak terjadi gangguan saat kehamilan. Jika antara suami atau istri membawa penyakit genetik tertentu, akan beresiko pada kehamilan atau terjadi cacat sejak bayi.

Baca juga  Nama Islami Bayi Bulan Juli

Tes kesehatan dilakukan untuk mencegah terjadinya kelainan, baik sebelum atau setelah si bayi lahir. Hal ini termasuk tips cepat hamil dengan melalui beberapa rangkaian pemeriksaan. Mulai dari tes darah, kadar gula darah, fungsi tiroid, pap smear, dan lainnya. Sehingga saat terdeteksi adanya resiko ada pencegahan medis sejak dini. Disamping itu dokter akan memberikan vitamin yang aman dikonsumsi, untuk proses kesuburan sperma dan sel telur.

nutrisi salah satu tips agar cepat hamil
4. Cukupi Kebutuhan Nutri

Untuk menjaga stamina agar tetap prima maka kebutuhan nutrisi harus tercukupi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, seng, asam folat, dan kalsium. Mulai mempebaiki pola makan dan memperhatikan konsumsi sehari-hari. Asupan gizi yang baik akan mempersiapkan tubuh, agar kehamilan menjadi sehat. Hindari makanan yang terlalu asin dan berlemak tinggi, jika perlu olah makanan dengan cara ditumis atau dikukus.

kurangi stress
5. Tidak Boleh Stres

Kondisi pikiran yang stres sulit untuk menerapkan cara cepat hamil sampai berhasil. Hal ini karena bisa menganggu pelepasan telur yang harusnya terjadi pada masa subur. Ada baiknya menjalani program hamil dengan santai tanpa terbebani. Jika memang amanah segera dititipkan pada anda segera, maka akan datang masanya sendiri. Tetap terus mengembangkan pikiran positif dan menjalani rutinitas seperti biasanya.

Kehamilan terjadi ketika sperma berhasil membuahi sel telur pada masa ovulasi. Bagi pasangan suami istri biasanya melakukan hubungan intim pada saat masa subur. Hal ini memungkinkan terjadinya kerberhasilan dalam program hamil. Anda dan pasangan perlu menjaga kesehatan tubuh agar menghasilkan sperma dan sel telur berkualitas. Coba lakukan periksa kesehatan secara rutin, hingga memberi asupan bernutrisi untuk tubuh.