Tips aman umroh saat hamil memang perlu Moms pahami. Karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan Moms dan janin dalam kandungan. 

Tips Aman Umroh Saat Hamil

Bagi ibu hamil yang menjalani ibadah umroh tentu tidak boleh sembarangan. Sebab, perlu perhatian lebih dan harus dipersiapkan secara matang. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips aman yang perlu Moms perhatikan ketika akan menjalankan ibadah umroh: 

1. Konsultasi dengan Dokter

Hal pertama yang harus Moms lakukan sebelum berangkat umroh adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. 

Karena dokter bisa memberikan saran dan hal apa saja yang harus Moms hindari selama menjalankan umroh. Salah satunya adalah dengan melakukan imunisasi meningitis sebelum berangkat umroh. 

Imunisasi ini bertujuan untuk membentengi ibu hamil dari serangan penyakit berbahaya yang bisa menyerang pertahanan tubuh, bahkan bisa mencegah timbulnya radang selaput otak. 

Selain itu, Moms juga harus mendapatkan surat izin bepergian jarak jauh dari dokter kandungan. Terutama bagi Moms yang sebelumnya pernah mengalami pendarahan, diabetes, rasa mual berlebihan, hingga riwayat keguguran. 

2. Berangkat Pada Usia Kandungan di Trimester Kedua

Berangkat umroh ketika hamil sebaiknya dilakukan ketika kandungan sudah kuat. Jangan lakukan perjalanan jauh ini pada usia kandungan masih dalam trimester awal atau mendekati persalinan. 

Sebab, pada usia awal kandungan, biasanya Moms masih sering mengalami mual, muntah, bahkan plasenta pun belum terbentuk secara sempurna. Sementara jika Moms berangkat pada trimester ketiga atau mendekati persalinan, maka Moms bisa beresiko melahirkan di pesawat. 

Jadi, pastikan bahwa jadwal penerbangan yang Moms pilih sudah sesuai dengan periode usia kehamilannya, ya. 

Baca Juga: Larangan untuk Ibu Hamil Muda, Yang Perlu Moms Waspadai

3. Persiapkan Kesehatan Tubuh

Tips aman umroh saat hamil selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kesehatan tubuh Moms. Sebab, perlu Moms ketahui bahwa kondisi hamil tentu saja akan berbeda dengan kondisi normal pada umumnya. 

Pada saat hamil, Moms pastinya akan membutuhkan banyak tenaga selama proses umroh tersebut berlangsung. Oleh sebab itu, sebelum Moms berangkat, sebaiknya lakukan olahraga yang ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

4. Pilih Penerbangan Langsung dan Hotel yang Dekat Masjid

Sebagai ibu yang sedang hamil, Moms tentunya harus mengutamakan kesehatan. Agar Moms tidak sampai kelelahan karena harus transit dan berpindah pesawat, maka pilihlah penerbangan langsung. 

Selama penerbangan ini, setiap satu jam sekali Moms bisa berjalan-jalan di lorong pesawat dan melakukan stretching. 

Nah, untuk penerbangan dengan jarak jauh seperti umroh ini, biasanya dokter akan memberikan Moms obat pengencer darah agar darah tidak sampai menggumpal pada kaki yang timbul karena adanya tekanan udara dalam kabin pesawatnya. 

Perihal penginapannya sendiri, Moms bisa memilih hotel yang memang lokasinya paling dekat dengan masjid. 

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cuaca panas dan kering merupakan salah satu cobaan terberat ketika Moms berada di tanah suci. Maka dari itu, Moms wajib mencukupi kebutuhan air minum selama berada di sana, terlebih untuk Moms yang sedang hamil. Setidaknya Mom minum 8 gelas air putih per harinya. 

6. Bawa Fotocopy Buku Pemeriksaan Kehamilan

Tips aman umroh saat hamil selanjutnya adalah membawa fotocopy buku pemeriksaan kehamilan Moms. Hal ini tentunya perlu Moms lakukan sebagai bentuk antisipasi untuk keadaan darurat ketika Moms berada di tanah suci. 

Adanya buku tersebut, berguna saat terjadi hal buruk, maka dokter disana pun bisa langsung mengetahui riwayat kesehatan Moms selama masa kehamilan ini. 

Selain itu, jangan segan untuk memberitahukan petugas yang berada di counter check-in bandara mengenai keadaan Moms. Tujuannya adalah agar mereka bisa mempersiapkan kebutuhan untuk ibu hamil sebaik mungkin. 

Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk selalu membawa obat-obatan penguat kandungan dan vitamin. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa fisik Moms kuat ketika sedang menjalani ibadah umroh. 

7. Jangan Memaksakan Diri

Umroh saat kondisi sedang hamil tentunya cukup menguras fisik Moms. Selain kondisi hamil, Moms juga akan sangat mudah merasa lelah. Jika memang dibutuhkan, maka Moms bisa menyewa kursi roda untuk mobilitas selama menjalankan ibadah umroh. 

Jangan memaksakan diri untuk mencium hajar aswad maupun masuk untuk shalat di Hijr Ismail. Sebab, kedua hal tersebut merupakan sunnah, namun menjaga diri dan janin merupakan kewajiban Moms. 

8. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Memasuki trimester yang kedua, tentunya selera makan Moms sudah mulai membaik. Oleh karena itu, makanlah dalam porsi yang tidak terlalu banyak, namun cukup sering. Tujuannya adalah agar Moms tetap bertenaga selama menjalani ibadah umroh. 

Moms Sudah Siap untuk Berangkat Umroh?

umroh saat hamil

Itulah beberapa tips aman umroh saat hamil yang bisa Moms praktekkan. Salah satu hal yang perlu Moms jadikan pegangan adalah jangan lupa untuk mengikutsertakan pendamping saat menjalani ibadah umroh. 

Usahakan juga bahwa pendamping Moms merupakan anggota keluarga yang sama-sama perempuan agar nantinya bisa lebih nyaman ketika membutuhkan bantuan. 

Tagged in: