Tidak hanya orang dewasa, bayi juga butuh liburan sebentar untuk menghirup udara bebas. Tentunya kita butuh mencari tempat wisata yang cocok untuk bayi. Agenda ini ditujukan untuk mengenalkan bayi pada dunia luar, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan saat mengajak bayi berlibur, salah satunya rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk bayi. Karena tidak semua tempat bisa diterima oleh anak, tergantung dari kenyamanan destinasinya.

Tempat Wisata yang Edukatif dan Menyenangkan

Tempat Wisata yang cocok untuk Bayi

1. Faunaland

Pergi ke kebun binatang bisa menjadi agenda liburan bersama anak, sembari mengenalkan hewan-hewan. Bedanya kebun binatang ini menjadi bagian dari taman wisata Ancol di kota Jakarta. Taman satwa mini ini mempunyai luas sekita 5 hektar dengan 109 biota unik di dalamnya. Anda bisa menemukan jenis burung langka seperti Flamingo, Bebek Mandarin, hingga Kakaktua Jambul Kuning.

Tempat Wisata yang cocok untuk Bayi
2. Taman Mini Indonesia Indah

Masih berada di kota Jakarta, TMII bisa menjadi tempat liburan alternatif bersama si bayi. Taman wisata edukatif yang menyuguhkan beragam rumah adat, busana, senjata, dan alat musik khas daerah. Di dalam tempat wisata yang cocok untuk bayi ini terdapat museum perangko, transportasi, hingga energi uap. Anda juga bisa mengajak bayi ke istana anak yang berisi pameran wayang, serta peragaan dari aneka permainan tradisional.

Safari Journey
3. Taman Safari Indonesia

Saat usia balita, anak perlu diperkenalkan dengan berbagai hewan di dalam kehidupan nyata. Anda bisa berkunjung ke Taman Safari sambil memperkenalkan beberapa satwa ke anak. Berkeliling kawasan dengan kendaraan dan melihat binatang dari dekat, pastinya akan membawa kesan tersendiri. Si kecil bisa memberikan makan untuk zebra melalui jendela kendaraan. Ajak anak untuk pertunjukkan lumba-lumba yang diselenggarakan di jam tertentu.

Tempat Wisata yang cocok untuk Bayi
4. Taman Rekreasi Air

Anda bisa mengunjungi taman wisata air yang terdekat dari lingkungan rumah. Tempat wisata yang cocok untuk bayi yang bagus untuk habiskan akhir pekan. Tidak perlu menempuh perjalanan jauh, cukup yang bisa dijangakau oleh kendaraan. Anda bisa bermain air dengan si kecil sambil sedikit mengajarkan cara berenang. Selain itu anda mengajak anak untuk bertemu banyak orang dan bersosialisasi sejak dini.

Kebun Raya Cibodas
5. Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata ini menampilkan keindahan alam yang menajubkan. Terdapat ribuan jenis pohon yang menjulang tinggi dan membentuk rimbunan. Ada Rumah Kaca yang menjadi spot favorit para pengunjung. Anda bisa menjumpai air terjun Cibodas, danau yang luas, serta kebun Sakura. Model tempat rekreasi ini bisa membuat si kecil senang karena bisa berkenalan dengan alam.

Tempat Wisata yang cocok untuk Bayi
6. Pantai Indrayati

Tempat wisata yang cocok untuk bayi selanjutnya ialah pantai di kawasan Yogyakarta. Anak bisa bermain diatas hamparan pasir putih yang luas. Tinggal menyewa paying beserta tikar, untuk bersantai di tepi pantai. Anda bisa mengenalkan wisata alam yang baru kepada si kecil dan bertemu banyak orang.

Dinopark
7. Jatim Park

Berkunjung ke theme park dapat memberi pengetahuan baru untuk si kecil. Anda bisa memilih dati tiga Jatim Park yang disediakan. Meskipun rata-rata wahana yang tersedia untuk dewasa, tetapi ada wahana khusus balita. Anda bisa mengajak anak naik ke wahana tinggi yang aman untuk memperkenalkannya pada ketinggian.

Orang tua perlu memperkenalkan anak dengan dunia luar, agar tidak kaget saat harus menghadapinya. Anggap saja perkenalan tersebut sebagai langkah awal, untuk mengajak anak bersosialisasi. Sehingga pada saat dewasa nanti mereka tidak cemas saat berhadapan dengan lingkungan baru. Selain itu Ia sudah terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain selain orang tuanya.

Tagged in: