Bagi orang tua tentu saja binggung bagaimana tanda tanda bayi lapar?. Sehingga, ketika bayi menangis, terkadang hal tersebut membuat orang tua menjadi panik. Sering kali mereka pun beranggapan bahwa si kecil sedang lapar atau haus. Namun, tidak berarti tangisan bayi selalu menandakan rasa lapar. Berikut simak tanda tanda bayi lapar yang perlu untuk anda ketahui.

Mengintip Berbagai Ciri Ciri Yang Menandakan Bayi Sedang Lapar

gejala bayi tumbuh gigi

1. Munculnya Reflek Mengisap

Ketika bayi sedang lapar, maka tanda yang mudah untuk dikenali adalah reflek mengisap. Pada umumnya terjadi pada bayi yang berusia beberapa minggu. Reflek yang alami ini biasanya ditandai dengan adanya gerakan mulut yang seperti sedang meminum botol susu ataupun mengisap payudara sang ibu. Adanya reflek satu ini biasanya akan berjalan hingga usia si kecil menjadi empat bulan.

2. Mengecap Bibir dan Mengisap Jempol

Tanda tanda bayi lapar selanjutnya yakni bayi akan mengecap bibir dan mengisap jempol. Pada umumnya, kejadian ini akan berlangsung ketika bayi dalam masa rutin disusui secara langsung ataupun dalam program ASI eksklusif. Ketika menunjukkan ciri ciri satu ini, maka bayi pun telah dinilai memiliki sifat yang mandiri. Hal ini dikarenakan ia telah memiliki sebuah inisiatif untuk meredakan rasa laparnya.

infeksi virus

3. Bayi Menjadi Terbangun dan Gelisah

Selain itu, ketika bayi kelaparan maka hal tersebut pun juga bisa ditandai dengan ia terbangun dari tidurnya. Bayi pun menjadi terlihat gelisah ketika kelaparan. Sehingga, sebelum ia mulai untuk menangis, maka si kecil biasanya akan bangun terlebih dahulu. Kemudian, barulah ia akan bergerak untuk mengelilingi tempat dimana ia tidur. Pergerakan seperti mengangkat tangan dan juga menggerakkan mulut adalah hal yang biasa dilakukan ketika bayi sedang lapar.

4. Bayi Menangis Dengan Suara yang Rendah

Ketika bayi masih kecil, maka mereka pun akan menyampaikan apapun dengan tangisan. Sehingga, tangisan pun dapat menjadi tanda tanda bayi lapar yang ibu wajib tahu. Namun setiap kali bayi menangis maka akan memiliki arti yang berbeda beda. Sehingga sebagai seorang ibu maka anda pun bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

Jika bayi anda menangis karena kelaparan, maka hal tersebut biasanya akan ditandai dengan mengeluarkan suara tangisan yang lebih pendek. Biasanya, ditandai dengan suaranya yang rendah dan cenderung naik turun. Sehingga, ketika si kecil menangis dengan suara yang rendah tersebut maka anda pun bisa menyusuinya atau menyodorkan sebotol susu sehingga ia tak menjadi kelaparan dan bisa tidur dengan nyenyak.

5. Akan Membuka Mulutnya dengan Lebar Ketika Diberi Makanan

Selain itu, ketika bayi sedang ingin makan maka tanda tanda bayi lapar pun akan mudah untuk anda kenali. Salah satunya adalah ketika ia disodorkan makanan maka mulutnya akan terbuka dengan lebar. Bayi yang sedang kelaparan pada umumnya akan terus menerus membuka mulutnya. Hal tersebut sebagai tanda bahwa bayi masih lapar dan ingin anda untuk memberinya makan. Mungkin hal ini akan menjawab mengapa si kecil masih menangis meskipun telah diberikan ASI atau MPASI.

Itulah beberapa ciri khas yang perlu untuk ibu ketahui ketika si kecil sedang lapar. Hal ini dikarenakan bayi masih belum bisa untuk mengucapkan sepatah kata pun. Sehingga untuk menyiasati apakah si kecil masih lapar atau tidak, dapat dilakukan dengan cara tersebut. Untuk itu, sebagai orang tua maka anda pun harus pintar pintar untuk mengetahui hal yang menandakan bahwa si kecil masih lapar atau tidak.