Ketika seorang ibu tengah melahirkan, pastinya akan menjadi salah satu hal yang menggembirakan dan ditunggu tunggu oleh keluarga. Tak jarang tanda awal kehamilan ini pun kurang disadari oleh sebagian wanita, terutama bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Untuk itu, bagi anda yang masih bingung apa saja hal yang menandai tanda awal kehamilan, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengintip Beberapa Tanda Awal Kehamilan Anda

awal kehamilan

1. Mengalami Suasana Hati yang Berubah

Ketika anda sedang hamil, pastinya anda pun akan mengalami suasana hati yang berubah. Hal tersebut merupakan salah satu gejala yang wajar. Pasalnya, selama kehamilan kadar hormon yang terdapat di dalam tubuh yakni estrogen dan progesteron akan cenderung mengalami peningkatan. Dengan hormon yang meningkat tersebut akan mampu untuk menyebabkan suasana hati yang berubah lebih cepat.

Hal ini pun tentu saja akan membuat anda cenderung menjadi lebih emosional dan sensitif dari pada biasanya. Sehingga hal tersebut juga bisa menyebabkan anda menjadi mudah marah dan juga cemas. Untuk itu, jika anda sedang mengalami perubahan mood bisa dan tidak mengalami menstruasi maka hal tersebut bisa menjadi tanda awal kehamilan yang perlu untuk anda perhatikan. Sehingga anda pun tidak menganggapnya sepele.

Mual saat hamil

2. Mengalami Mual Mual adalah tanda awal kehamilan

Tanda anda sedang hamil selanjutnya adalah ketika anda mengalami morning sickness atau mual mual. Gejala satu ini merupakan salah satu tanda dari kehamilan yang mudah untuk dikenali. Sama seperti namanya, gejala ini pun akan sering kali muncul di pagi hari. Akan tetapi, rasa mual ini pun juga bisa anda rasakan ketika siang atau pun malam hari. Ketika anda mulai merasakan morning sickness, maka biasanya anda akan mengetes bahwa anda sedang hamil atau tidak.

Rasa mual tersebut, biasanya akan anda rasakan ketika memasuki masa kehamilan yakni sekitar 4 hingga 6 minggu. Dan pada umumnya akan berakhir pada masa ketika anda memasuki trimester kedua atau sekitar minggu ke 13 atau minggu ke 14. Untuk itu, ketika anda mengalai kejadian satu ini, maka anda pun sebaiknya bisa melakukan tes kehamilan. Sehingga nantinya anda pun bisa lebih siap akan pola makan dan nutrisi yang diberikan kepada janin yang ada di dalam perut.

awal kehamilan

3. Sering Untuk Buang Air Kecil

Tanda awal kehamilan yang mungkin akan anda alami lainnya adalah anda menjadi terlalu sering untuk buang air kecil. Tanda satu ini disebabkan karena adanya hormon hCG yang diproduksi ketika satu minggu pertama anda dalam proses kehamilan. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan meningkatnya aliran darah menuju ke area panggul. Hal ini lah yang menjadi penyebab mengapa wanita hamil cenderung untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

awal kehamilan

4. Mudah Merasa Lelah

Ketika anda sedang hamil, maka tubuh pun akan menjadi mudah lelah. Hal ini dikarenakan sejak awal kehamilan maka kadar hormon progesteron yang ada di dalam tubuh anda akan mengalami peningkatan. Untuk itu, dengan meningkatkan kadar hormon tersebut akan membuat anda menjadi lebih sering untuk mengantuk dan juga kelelahan. Padahal, anda hanya melakukan aktifitas yang sama seperti biasanya.

Tak hanya itu saja, rasa lelah tersebut pun juga bisa disebabkan karena banyaknya energi di dalam tubuh yang terpakai untuk mempersiapkan proses kehamilan. Contohnya saja seperti ketika tubuh memproduksi sel darah yang lebih banyak. Hal ini pada umumnya akan bisa untuk anda rasakan ketika dalam 7 hari pasca terjadi pembuahan di dalam tubuh anda.

awal kehamilan

5. Payudara Menjadi Berubah tanda awal kehamilan

Perubahan yang terjadi pada payudara pun dapat menjadi tanda awal kehamilan yang perlu anda ketahui. Ketika hamil, maka payudara anda pun nantinya akan jadi lebih membengkak, serta anda pun akan merasa lebih berat dari biasanya dan cenderung sakit. Selain itu, area yang berada pada puting pun akan mengalami perubahan cenderung menjadi agak gelap. Gejala satu ini biasanya akan hampir mirip dengan gejala yang biasa anda rasakan saat menstruasi.

Hal tersebut pada umumnya akan terjadi dikarenakan tubuh anda telah berproses dan juga bersiap untuk mengalami fase menyusui sejak masa awal kehamilan. Sehingga pada masa ini pun aliran darah menuju ke payudara anda akan mengalami peningkatan. Selain itu, jaringan lemak pun akan mulai untuk terbentuk dan juga saluran susu akan mulai untuk mengembang.

awal kehamilan

6. Mengalami Menstruasi yang Terlambat

Tak hanya itu saja, ketika masa awal kehamilan dan calon janin menempel pada dinding rahin, maka tubuh anda pun nantinya akan mulai untuk memproduksi human chorionic gonadotropin atau hCG. Hormon satu ini berguna untuk membantu tubuh dan menjaganya ketika dalam proses kehamilan. Selain itu, hormon ini pun juga memiliki fungsi untuk menghentikan menstruasi yang datang tiap bulannya di masa kehamilan ini.

Tanda tanda awal kehamilan ini pun pada umumnya akan ditandai dengan mulai tidak menstruasi saat 4 minggu paca terjadi pembuahan. Oleh sebab itu, ketika anda terlambat menstruasi satu bulan saja, maka hal tersebut telah bisa menjadi petunjuk bahwa anda sedang hamil. Kecuali memang anda memiliki jadwal menstruasi yang tidak teratur sejak awal.

Kram pada perut

7. Terjadi Kram Perut dan Juga Pendarahan yang Ringan

Disaat proses awal kehamilan, maka sel telur di dalam tubuh yang telah mengalami pembuahan tersebut akan berkembang. Calon janin tersebut akan menempel di dalam dinding rahim. Dengan proses penempelan tersebut, maka akan mampu untuk merusak beberapa atau sebagian pembuluh darah yang berada pada dinding rahim. Tentu saja, hal tersebut pun akan mampu untuk menyebabkan pendarahan yang ringan.

Pada umumnya, tanda ini pun akan terjadi diantara 6 hari hingga 12 hari pasca telur dibuahi. Nantinya pendarahan tersebut akan ditandai dengan munculnya bercak yang memiliki warna kecoklatan atau pink. Bahkan pendarahan tersebut akan terlihat layaknya darah menstruasi dalam jumlah sedikit. Untuk itu, anda pun patut untuk jeli dan juga memperhatikan hal hal kecil yang bisa menjadi penanda bahwa anda tengah hamil.

Selain terjadi pendarahan yang ringan, maka tanda tanda awal kehamilan lain yang bisa anda sadari adalah kram perut. Nantinya wanita yang tengah hamil pada umumnya akan mulai merasa gejala kram bagian perutnya. Kram satu ini memiliki tanda seperti ketika sesaat sebelum anda mengalami masa menstruasi. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab pendarahan dan juga kram perut yang sering saja terlewati sebagai tanda bahwa anda tengah hamil.

Itulah beberapa tanda kehamilan yang perlu anda tahu. Ketika anda mengalami beberapa tanda tersebut, maka tak ada salahnya untuk mengecek kehamilan anda. Jika anda mendapatkan hasil yang positif, maka sebaiknya anda pun mulai untuk menjadi kesehatan diri anda.
Anda pun disarankan untuk tetap mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung gizi serta nutrisi yang seimbang. Sehingga kebutuhan nutrisi untuk anda dan janin bisa tercukupi dengan baik.