Kulit remaja mengalami perubahan signifikan pada masa transisi, seperti timbulnya jerawat dan kulit berminyak. Kedua contoh permasalah ini sangat meresahkan dan mengganggu kepercayaan diri. Oleh sebab itu, perawatan kulit disarankan untuk dimulai sedini mungkin. Akan tetapi, skincare remaja apa yang cocok

Mengapa Remaja Perlu Merawat Kulit Sedini Mungkin?

Pada masa pubertas, produksi hormon remaja mengalami peningkatan. Produksi ini merupakan bagian dari perkembangan masa kanak ke masa pendewasaan dan memang seharusnya terjadi. Namun, efek samping dari proses peralihan ini menimbulkan beberapa perubahan, termasuk pada kulit. 

Perubahan ini seringkali menjadi permasalahan serius bagi remaja. Produksi minyak berlebih dan timbulnya banyak jerawat dapat menghambat tumbuhnya kepercayaan diri pada kalangan remaja. Sebagai orang tua, alangkah baiknya bila Moms mendampingi si remaja dalam menghadapi permasalahan alami ini. 

Moms dapat membantu dengan mengidentifikasi apabila permasalahan yang timbul bukan merupakan bagian dari pertumbuhan, melainkan kondisi kulit tertentu. Jika ini terjadi, remaja Moms memang perlu menemui pihak yang ahli dalam bidang kulit. Namun, Moms bisa memberitahu penanganan efek samping pertumbuhan yang timbul.

Sebagai contoh, permasalahan jerawat membutuhkan skincare remaja yang aman. Moms bisa membantu dalam pemilihan perawatan yang tepat. Remaja Moms bisa merawat kulit lebih awal, seperti mencegah penuaan dini.

Jika perawatannya salah, remaja Moms bisa terkena masalah kulit yang tidak diinginkan dan membekas. Selain itu, Moms bisa memberitahu jika jerawat akan meninggalkan bekas bila digaruk atau dipegang terlalu sering. 

Jenis Skincare Remaja

Meningkatnya produksi minyak pada kulit remaja pubertas memang cukup umum. Kondisi ini mengakibatkan tumbuhnya jerawat dan komedo di beberapa tempat pada wajah. Akan tetapi, ada beberapa kondisi kulit lain yang dapat dialami oleh remaja. 

Selain kulit berminyak, remaja pubertas juga bisa menghadapi kulit kering, kulit kusam, dan kulit sensitif. Perbedaan ini membedakan jenis skincare remaja mana yang harus dipilih. Oleh sebab itu, Moms perlu membantu si remaja dalam menentukan jenis skincare yang digunakan dalam perawatan kulit. 

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Pubertas pada Masa Remaja

code

1. Pembersih Wajah

Membersihkan wajah adalah perawatan dasar yang tidak boleh terabaikan. Wajah sangat rentan terhadap debu dan kotoran, apalagi jika remaja melakukan aktivitas di luar ruangan. Pembersihan ini akan mencegah partikel-partikel asing yang menimbulkan efek samping, seperti bertambahnya jerawat. 

skincare remaja

Oleh karena itu, remaja Moms perlu produk pembersih wajah dan menggunakannya sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Akan tetapi, pemilihan produk skincare remaja perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Bila remaja cenderung memproduksi minyak berlebih, pembersih wajah pun harus yang dikhususkan untuk kulit berminyak. 

2. Pelembab Wajah

Melembabkan wajah merupakan salah satu aktivitas penting dalam perawatan kulit. Produk pelembab wajah akan menghidrasi kulit sehingga membuatnya tidak kering dan tidak menambah masalah kulit dari efek samping pubertas. Selain itu, pelembab bisa merawat kulit demi mencegah garis-garis halus dan percepatan penuaan kulit .

Akan tetapi, Moms harus membantu si remaja untuk menentukan pelembab kulit yang tepat. Bila kulit si remaja merupakan jenis kulit kering, maka produk pelembab wajah harus yang diperuntukkan untuk kulit yang kering. 

3. Sunscreen 

Dewasa ini, paparan sinar matahari semakin menguat. Radiasi yang mengenai kulit dapat menyebabkan banyak permasalahan, seperti kulit kusam, penuaan dini, dan bahkan penyakit serius. Orang dewasa yang berteduh di rumah pun masih bisa terkena sinar matahari, apalagi remaja Moms yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Kandungan SPF pada sunscreen akan melindungi kulit remaja dari radiasi matahari. Selain itu, kandungan zinc oxide pada sunscreen mampu mencegah timbulnya jerawat. 

4. Obat Jerawat

Peningkatan hormon pada remaja secara alamiah dapat menimbulkan permasalahan jerawat. Namun, membiarkannya untuk tumbuh pada wajah sangat meresahkan bagi remaja Moms. Oleh karena itu, penggunaan skincare remaja untuk jerawat sungguh dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Kandungan di dalam obat jerawat akan membantu mempercepat proses pengempesan jerawat dan mengontrol pertumbuhannya. 

Moms bisa membantu si remaja dalam menentukan produk terbaik, aman, dan cocok dengan kondisi kulit. Selain itu, Moms perlu mengingatkan agar si remaja tidak memencet jerawat dan mempersulit masalah jerawat.

code

5. Skincare Untuk Eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit kusam dan pori-pori wajah tertutup. Ini merupakan salah satu penyebab masalah jerawat. Moms bisa membantu si remaja untuk memilih produk skincare untuk menghilangkan sel kulit mati, seperti scrub dan exfoliating toner. 

Demikianlah pembahasan tentang skincare remaja, semoga bermanfaat. 

Tagged in: