Tahukah Moms? Ternyata, tidak semua sayuran aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, lho! Yuk simak informasi di bawah ini untuk mengetahui sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

Menjadi ibu hamil, tentu ada banyak sekali hal berkaitan dengan kesehatan Moms sendiri dan janin yang ada dalam kandungan yang harus Moms benar-benar perhatikan. Moms juga diharuskan untuk membatasi aktivitas fisik sehari-hari.

Hal paling penting adalah memperhatikan apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Karena janin yang ada dalam kandungan akan ikut mengkonsumsi apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sayuran merupakan makanan dengan sejuta manfaat. Kaya akan serat, vitamin, dan mineral, menjadikan sayuran sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang dari segala jenjang usia. Namun ternyata, tidak semua sayuran baik bahkan berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sudah banyak pakar kesehatan yang menghimbau ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan, bahkan sayuran tertentu.

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

sayuran yang dilarang

Mungkin Moms mengira bahwa segala macam sayuran aman untuk dikonsumsi ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan. Namun beberapa sayuran di bawah ini sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil. Apa saja sayuran tersebut?

  1. Tauge Mentah

Tauge merupakan salah satu sayuran yang dilarang, meskipun bergizi apabila dimasak dengan benar. Tauge kaya akan protein, folat, magnesium, fosfor, vitamin C, membuat tauge sangat baik untuk dikonsumsi.

Tauge dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil jika dalam kondisi mentah. Hal ini karena tauge hidup di tempat lembab yang dapat memicu pertumbuhan bakteri dan kuman berbahaya seperti Salmonella, E. colli, Listeria. Bakteri-bakteri tersebut akan sangat mengancam kesehatan baik bagi janin maupun ibu hamil. Pasalnya, dapat mengakibatkan bayi lahir premature sampai dengan keguguran. Jadi, pastikan Moms telah memasak tauge dengan benar saat hendak mengkonsumsinya.

  1. Sayuran Mentah Pada Lalapan

Sebaiknya, Moms tidak mengkonsumsi sayuran mentah seperti lalapan selama hamil. Sayuran mentah yang tidak dicuci bersih sangat rentan mengandung kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan janin dan ibu hamil.

Tak hanya kuman dan bakteri, sayuran mentah juga dapat terkontaminasi oleh parasit toxoplasma. Bayi yang terkena parasite toxoplasma seringkali mengalami kebutaan atau disabilitas intelektual.

  1. Daun Pepaya

Sayuran yang dilarang berikutnya adalah daun pepaya. Daun pepaya kaya akan kalsium, zat papain, magnesium, dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun rasanya yang pahit, jika diolah dengan benar daun papaya memiliki cita rasa yang lezat.

Bagi para ibu hamil, disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun papaya terlebih dahulu. Diketahui dari penelitian Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics mengenai dampak buruk zat pada daun papaya bagi ibu hamil, ditemukan bahwa zat aktif pada daun papaya dapat meracuni rahim.

  1. Sayur Buah Pepaya Muda

Sayur buah papaya muda berbahaya bagi ibu hamil karena mengandung getah papain. Dilansir melalui British Journal Nutrition getah pada pepaya mentah dapat memicu kontraksi uterus sehingga bisa menyebabkan bayi lahir prematur, jadi sebaiknya Moms tidak mengkonsumsinya selama hamil, ya.

  1. Pare

Jenis sayuran yang dilarang satu ini mungkin banyak yang kurang menyukainya karena rasanya yang pahit. Namun bagi Moms yang menyukainya, sebaiknya tidak mengkonsumsi pare selama hamil. Pasalnya, dapat mempengaruhi kadar gula darah, terutama bagi Moms yang juga mengkonsumsi obat diabetes.

  1. Pete dan Jengkol

Banyak orang yang menyukai pete dan jengkol, apakah Moms salah satunya? Jika iya, sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi pada pete dapat berakibat buruk pada ginjal bila dikonsumsi secara berlebihan. Sedangkan pada jengkol terdapat kandungan asam jengkolat yang berbahaya untuk ginjal ketika menumpuk.

Tips Membersihkan, Menyimpan, dan Mengolah Sayuran dengan Benar

Setelah membaca informasi di atas, Moms tentu sudah tau mana sayur yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebaiknya Moms hanya mengkonsumsi sayuran yang diperbolehkan dan mengolahnya dengan benar.

Berikut ini beberapa tips cara membersihkan, menyimpan, dan mengolah sayuran:

  1. Cuci bersih semua sayuran sebelum disimpan. Jangan lupa untuk mengeringkannya.
  2. Simpan buah dan sayuran yang mudah rusak pada suhu 4° C atau lebih rendah.
  3. Moms dapat menyimpan sayuran pada store / wadah yang dapat ditutup dengan rapat.
  4. Sebelum dimasak, pastikan sayuran telah bersih. Jika Moms ragu, dapat mencucinya kembali sampai benar-benar bersih.
  5. Potonglah bagian sayur yang tidak lagi segar menggunakan pisau bersih.
  6. Jangan memasak sayuran terlalu sebentar atau terlalu lama, agar nutrisi dari sayuran tidak hilang. Untuk sayuran dengan daun hijau, jangan sampai daun berubah warna menjadi coklat. Masaklah sekitar 10-15 menit agar bakteri dan parasite mati.

Itulah beberapa informasi terkait sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Dapatkan banyak informasi menarik lainnya seputar kehamilan dan parenting di detikbayi.id.