Saat masa masa hamil, tentu anda akan merasakan perubahan fisik dan berbagai gangguan yang tidak nyaman, salah satunya adalah sakit gigi saat masa masa kehamilan. Mengalami sakit gigi saat masa kehamilan memanglah sesuatu yang wajar, apalagi jika masih memasuki first trimester. Sebenarnya ada beberapa penyebab utama sakit gigi saat hamil tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Penyebab Sakit Gigi Saat Masa Kehamilan

1 Kekurangan Kalsium dalam Masa Kehamilan

Dalam menjalani masa masa kehamilan, tubuh fisik anda tentu akan membutuhkan kandungan nutrisi dan kalsium untuk si kecil. Dengan kata lain, kandungan positif yang anda konsumsi tersebut terbagi menjadi dua. Saat masa kehamilan, anda akan memiliki berbagai keluhan sakit gigi yang bisa disebut tooth enamne. Sehingga akan terjadi kerusakan jika tidak memberikan asupan kalsium ganda atau lebih banyak pada gigi anda.

2. Reaksi dari Mual dan Muntah Saat Hamil

Berbicara mengenai perubahan fisik yang dialami saat hamil tentu anda mengetahui jika rasa mual hingga muntah secara terus menerus akan menjadi gangguan utama saat kehamilan. Hal ini secara langsung tentu akan menyebabkan berbagai macam kuman dan bakteri dari cairan muntahan tersebut. Sehingga akan menempel pada rongga gigi bumil yang semula masih baik baik saja.

Sehingga sakit gigi saat hamil mungkin saja akan terjadi jika anda mengalami mual secara terus menerus. Hal ini sangatlah wajar untuk dialami oleh para ibu hamil yang selalu muntah setiap saat. Untuk mengatasinya anda bisa mulai membersihkan gigi secara rajin dan memeriksanakan gigi kepada dokter gigi. Dengan begitu rasa sakit yang anda alami akan sedikit berkurang saat masa kehamilan trimester pertama.

3. Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

pasta gigi
Ibu hamil biasanya tidak pernah mengontrol nafsu makannya, termasuk keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis. Jika anda mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, maka gigi anda akan mengalami kerusakan. Apalagi jika sebelumnya anda sudah mengalami gigi berlubang yang cukup parah, maka sakit gigi saat masa kehamilan bisa lebih para dari sebelumnya.

4. Mengalami Radang Gusi

Salah satu perubahan fisik yang mungkin sekali didalam adalah gingivitis atau radang gusi. Gangguan radang gusi merupakan perubahan hormonal selama hamil sehingga membuat gigi lebih sensitif. Sakit gigi saat hamil karena radang gusi pun tidak bisa dihindari. Gangguan pada gusi sendiri bisa disebabkan karena gigi sensitif dan mulai peka terhadap bakteria yang ada di dalamnya.

Bakteri yang berkembang ini kemudian menyebabkan radang gusi dan sakit gigi yang semakin parah. Selain itu anda akan melihat pada bagian bawah gusi pun juga akan berubah warnanya menjadi merah dan sedikit membengkak. Anda bisa langsung menuju ke dokter gigi untuk menanyakan kondisi gigi anda yang sudah membengkak tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk gigi anda tersebut.

5. Pola Makan yang salah

Setiap perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan akan sangat mempengaruhi keadaan psikologis bumil. Hal ini bisa saja ditandai dengan nafsu makan yang meningkat, sehingga menyebabkan pola asupan yang tidak stabil. Para bumil haruslah memperhatikan jenis makanan saat hamil sehingga tidak menyebabkan sakit gigi. Pola makan yang salah inilah yang menyebabkan sakit gigi saat hamil.

Saat masa masa hamil, anda tentu harus mulai memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan memperhatikan makanan yang sehat, maka anda tidak akan mengalami kekurangan gizi ataupun berbagai masalah kondisi kehamilan lainnya. Mulai aturlah makanan sehat untuk dikonsumsi saat hamil dan kurangi makanan manis karena tidak sehat untuk gigi.