Kini batuk serta flu bisa terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja termasuk diantaranya ibu hamil. Namun, jangan khawatir kini sudah ada obat batuk ibu hamil yang akan mengatasi gejala batuk Anda tersebut.

Meskipun penyakit ini tidak terlalu berbahaya terutama untuk janin di dalam kandungan, namun tetap saja Anda harus mengkonsumsi obat batuk agar tidak merasakan lelah dan risih ketika beraktivitas.

Namun lain halnya dengan flu, gejala ini bisa membahayakan kesehatan si janin apabila Anda tidak mengatasinya dengan segera dan secara serius. Resiko utama yang bisa terjadi antara lain skizofrenia saat anak dilahirkan. Apalagi kondisi flu terjadi saat Anda sedang berada di trimester 1 kehamilan. Adapun risiko lainnya seperti prematuritas, gangguan bipolar, dan juga autism.

Rekomendasi Obat Batuk Ibu Hamil

obat batuk ibu hamil

Terlepas dari hal tersebut, Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi langsung obat batuk yang tersedia di apotik. Sebab hal yang ditakutkan yaitu adanya efek samping bagi ibu hamil. Sehingga Anda pun harus memilih obat batu yang memang aman dikonsumsi serta bisa meredakan batuk dengan cepat. Berikut ini beberapa rekomendasi obat batuk ibu hamil.

1. Bawang putih

Suplemen dari bawang putih akan mengurangi Anda untuk terkena gejala batuk selama hamil. Anda bisa konsumsi satu siung bawang putih saja setiap kali makan. Namun juga jangan terlalu sering, Anda harus bisa membatasi konsumsi dari bawang putih ini.

Namun, jika gejala batuknya semakin parah dari hari ke hari sebaiknya konsumsi bawang putih ini setiap 2 hingga 3 jam sekali. Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki bau menyengat. Untuk itu, ibu hamil bisa konsumsinya dengan madu secara bersamaan.

Selain itu, madu juga punya sifat sebagai antibakteri, antiseptik, dan antimikroba yang bisa membantu untuk mempercepat proses pemulihan gejala batuk selama masa kehamilan Anda.

2. Cuka apel

Cuka apel sendiri memiliki kandungan antibakteri yang bagus dalam melawan berbagai infeksi. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sampai 2 sendok makan saja ke dalam air ataupun teh dan minumlah sebanyak sekali dalam sehari. Adapun cara lainnya yang bisa digunakan yaitu dengan mengkumur cuka apel sehingga tenggorokan menjadi lebih lapang.

3. Lemon dan jeruk nipis

Seperti yang diketahui, kedua buah ini kaya akan vitamin C dan memiliki sifat sebagai antibakteri yang bagus. Penggunaan keduanya juga telah lama diakui oleh masyarakat untuk mencegah parahnya gejala batuk yang dialami ibu hamil.

Namun tentunya Anda harus tetap mengikuti aturan dalam konsumsi kedua buah ini. apalagi untuk ibu hamil yang memang sedang menderita penyakit lambung. Sebaiknya hindari untuk konsumsi buah ini. karena ditakutkan buah tersebut bisa menyerang lambung Anda.

Cara penyiapannya cukup dengan mengambil dua buah lemon atau jeruk nipis lalu peras airnya dengan kuat. Kemudian tambahkan ke dalamnya satu liter air, garam, dan satu sendok makan madu.

Tentunya Anda juga bisa campurkan buah ini dengan kecap manis lalu diminum langsung. Kemudian mencampurkannya dengan lada hitam juga dipercaya mampu mengurangi gejala batuk yang sedang dialami.

4. Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan obat tradisional yang satu ini. Jahe mampu meredakan peradangan yang terjadi di tenggorokan dan juga bisa membantu meredakan gejala batuk pada ibu hamil.

Anda hanya perlu menyiapkan dua ruas jahe. Namun sebelum mengkonsumsinya, kupaslah terlebih dahulu dan rebus dengan air. Jika air sudah mendidih atau berkurang setengahnya, minumlah secara teratur sampai batuk Anda mulai menghilang.

Jika Anda tidak menginginkan air rebusan jahe diseduh langsung, maka tentunya juga bisa divariasikan dengan teh agar radang pada tenggorokan cepat mereda.

5. Daun kemangi

Tidak hanya untuk masakan saja, buah kemangi yang berbau harum ini memiliki potensi untuk membuat batuk Anda menjadi reda terutama batuk kering. Caranya sangat mudah sekali, karena Anda hanya perlu merebus daun kemangi. Lalu air rebusannya diminum satu sendok teh saja sampai pulih kembali.

6. Daun seledri

Khasiat yang dipancarkan oleh seledri juga tidak jauh berbeda dengan daun kemangi, yaitu untuk meredakan batuk si ibu hamil. Penggunannya sendiri bisa dengan menambahkan satu sendok makan madu. Air rebusan seledri telah dikenal efektif dalam meredakan batuk seseorang.

7. Daun sirih

Anda bisa tambahkan beberapa helai daun sirih yang telah direbus dengan beberapa potongan jahe. Minumlah air rebusannya secara teratur sampai rasa gatal di tenggorokan sudah tidak terasa.

Itulah beberapa rekomendasi obat alami yang cocok sebagai obat batuk ibu hamil. Namun, sebelum mengkonsumsinya sebaiknya Anda juga tanyakan kepada dokter kandung apakah obat alami tersebut benar-benar aman dikonsumsi untuk tubuh Anda.