Memasuki usia 8 bulan, bayi memang membutuhkan lebih banyak variasi MPASI, salah satunya cemilan bayi 8 bulan. Pasalnya, pada usia ini, si kecil sangat senang mengeksplorasi sekitarnya, termasuk makanan yang Moms berikan.

Apalagi bayi 8 bulan umumnya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat pesat, sehingga Moms perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Si kecil akan mulai menunjukkan ketertarikannya pada sesuatu yang ia sukai, entah itu orang, benda, ataupun makanan.

Usia ini juga merupakan masa yang tepat untuk Moms mengenalkan variasi tekstur makanan yang lebih kasar, namun tentunya dengan memperhatikan asupan gizinya. Maka dari itu, yuk simak artikel berikut ini yang akan memberikan Moms beberapa rekomendasi cemilan bayi 8 bulan yang tak cuma sehat, tapi juga lezat.

Rekomendasi Cemilan Bayi 8 Bulan

1. Puree Apel

Rekomendasi cemilan bayi 8 bulan yang pertama ada puree apel. Untuk cara membuatnya cukup mudah, Moms cukup menyiapkan buah apel yang sudah dibersihkan, dikupas, dan dipotong-potong.

Kemudian, rebus atau kukus potongan apel tadi hingga empuk lalu masukkan ke dalam blender. Jangan lupa untuk sesuaikan tekstur dan puree apel pun siap Moms sajikan untuk si buah hati. Moms juga bisa menambahkan susu supaya rasanya lebih lezat. Selain enak, kandungan dalam cemilan ini sangat bagus untuk pencernaan bayi.

2. Puding Buah Naga

Moms juga bisa coba untuk membuat puding buah naga sebagai pilihan cemilan untuk si kecil yang memasuki usia 8 bulan. Cara membuatnya cukup simpel dan praktis. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti 1 sdt bubuk agar-agar plain, susu UHT, 1 sdt gula (opsional), dan buah naga.

cemilan bayi 8 bulan

Lalu, masukkan bubuk 100 ml susu UHT, bubuk agar-agar, serta tambahkan 1 sdt gula dan rebus hingga mendidih. Supaya warnanya lebih cantik, tambahkan sari buah naga dan aduk sampai merata.

Jika sudah, masukkan ke dalam cetakan atau wadah tahan panas dan tunggu hingga dingin dan mengeras. Tambahkan beberapa potong buah naga dan remahan biskuit bayi di atasnya. Moms juga bisa menambahkan yoghurt supaya rasanya lebih segar.

3. Roti Kukus Keju

Berikutnya, ada roti kukus keju yang bisa Moms coba buat dan sajikan untuk si kecil di rumah. Bahan-bahan yang perlu Moms siapkan antara lain 2 lembar roti tawar yang dibuang kulit atau pinggiran rotinya, 1 butir telur yang dikocok, unsalted butter, susu UHT, dan vanili secukupnya (opsional).

Untuk membuatnya, Moms potong-potong dadu terlebih dahulu roti tawar yang tadi sudah disiapkan. Kemudian panaskan unsalted butter di atas teflon, masukkan susu UHT, dan aduk hingga mendidih. Lalu, masukkan telur yang sudah dikocok dan potongan roti tawar, aduk kembali sampai mendidih.

Jika sudah, tuang ke dalam wadah tahan panas dan kukus hingga matang. Terakhir beri parutan keju diatasnya dan roti kukus keju pun siap Moms sajikan untuk si buah hati. Dijamin anak bakal suka, deh. Selain enak, cemilan ini juga tinggi kalori sehingga bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati Moms.

4. Bolu Pisang Kukus

Cemilan bayi 8 bulan anti GTM selanjutnya ada bolu pisang kukus. Cara membuatnya sangat lah mudah. Seperti membuat bolu kukus pada umumnya. Siapkan 1 buah pisang, lalu haluskan dengan garpu. Selanjutnya, tambahkan 1 butir telur ayam dan aduk sampai rata.

Kemudian, Moms tambahkan 1 buah biskuit bayi yang sudah dihancurkan dan tambahkan 1 sdm minyak canola, aduk kembali hingga tercampur merata. Pindahkan adonan tersebut ke dalam wadah tahan panas, dan kukus kurang lebih selama 20 menit. Nah, bolu pisang kukus pun siap untuk Moms sajikan saat snack time.

5. Panna Cotta Strawberry Jam

Resep cemilan selanjutnya adalah pannacotta stroberi jam, teksturnya yang fluffy creamy dengan rasa asam manis ini pasti bisa banget muasin hasrat ngemil si kecil. Moms bisa membuatnya dirumah dengan resep cemilan bayi 8 bulan anti GTM dibawah ini.

Yang pertama Moms lakukan adalah cincang stroberi sekecil mungkin dan sisihkan, buat panacotta dengan merebus 200 ml susu UHT. Tambahkan ½ sendok makan bubuk jelly plain dan tambahkan gula secukupnya. Aduk dan tuangkan pada wadah, tunggu hingga mengeras.

Setelah itu masak stroberi yang sudah Moms cincang dan tambahkan gula secukupnya. Aduk terus hingga gula dan stroberi mengental. Setelah stroberi jam sudah matang, tuangkan pada panacotta yang sudah mengeras. Tambahkan garnis dengan potongan stroberi dan cemilan siap untuk Moms hidangkan.