Anak dengan down syndrome bukan berarti tidak boleh banyak beraktivitas dan dibatasi aktivitas sang anak. Rekomendasi aktivitas anak down syndrome di dalam rumah ini akan membuat mereka bisa berkembang dan bahagia bersama orang tua yang menyayanginya sepenuh hati.

Rekomendasi aktivitas anak down syndrome beraneka ragam, dengan tujuan untuk meningkatkan fisik dan kemampuan motorik mereka. Selain itu, aktivitas bersama bisa mempererat hubungan anak dengan orang tua.

Bermain Alat Musik

Bermain dengan alat musik adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk aktivitas anak down syndrome.

Alat musik bisa mengembangkan kemampuan motorik, artistic, dan kreativitas anak.

Anak dengan down syndrome bisa menggunakan tangannya untuk memukul keyboard atau drum untuk mendapatkan sebab dan akibat terjadinya suara tanpa membutuhkan kemampuan motorik yang tinggi.

Mereka juga bisa menggunakan stik untuk memukul drum dan tamborin untuk melatih mereka dalam menggenggam suatu barang.

Jika ingin menaikkan sedikit kesulitan dalam melatih keterampilan motorik, cobalah untuk melatih mereka dengan keyboard.

Mereka bisa menekan tombol-tombol yang ada pada keyboard secara random. Meski awalnya terlihat kurang dalam segi suaranya, pasti mereka bisa mencoba untuk menghafal suatu lagu yang sudah jelas iramanya secara perlahan.

Selain keyboard, kamu juga bisa menggunakan game yang bermain dengan cara menekan sesuatu, misalnya menekan tombol.

code

Jika kamu tidak memiliki alat musik di rumah. Kamu bisa menggunakan gelas dan sendok, sehingga bisa diperlakukan layaknya seperti drum.

Setiap gelas akan menghasilkan suara dan irama yang unik.

Selain gelas, kamu bisa mencoba sendok kayu, panci, dan botol plastik yang bisa digunakan sebagai pengganti alat musik.

Menyortir Barang

Menyortir adalah tugas utama dari para admin dan orang-orang dengan pekerjaan yang membutuhkan keahlian untuk menyortir barang dengan presisi dan akurasi yang tinggi.

Ini merupakan rekomendasi aktivitas anak down syndrome yang menyenangkan dan bisa kamu mainkan bersamanya sambil tertawa dengan riang gembira.

Kamu bisa membeli mobil mainan dengan warna berbeda-beda yang tahan banting dan tentunya aman untuk anak-anak.

Permainan bisa dimulai dengan sang anak mendapatkan komando untuk menyortir mobil dengan berbagai warna. Jangan lupa untuk memuji jika mereka melakukannya dengan benar.

Untuk menaikkan level tantangannya, kamu bisa mencoba dengan barang yang ukurannya jauh lebih kecil seperti pensil, klip, lego, dan koin.

Agar tantangannya lebih menarik, cobalah untuk menyuruh mereka menggunakan tangan non dominan mereka. Misalnya, jika mereka adalah seorang kidal, berarti mereka harus menyortir dengan tangan kanan.

Setelah mereka selesai menyortir barang, kamu bisa mengajak mereka untuk memakai barang-barang yang sudah mereka sortir lohh.

code

Misalnya, jika mereka menyortir mobil, mereka bisa mendorong mobilnya sehingga mobilnya “berjalan” layaknya sedang balapan.

Menggambar

aktivitas anak down syndrome

Menggambar juga merupakan rekomendasi aktivitas anak down syndrome yang mengandung unsur kesenian.

Mereka bisa belajar menggambar dengan jari tangan mereka sendiri.

Kamu bisa menyediakan tempat menggambar dengan jari mereka seperti kertas yang besar.

Tips mudahnya, kamu bisa membuat suatu garis atau tanda yang bisa mereka ikuti, lalu mereka akan mencontohkan dirimu.

Selain jari, mereka juga bisa menggunakan krayon, atau kapur yang tidak terlalu membutuhkan kemampuan motorik.

Mereka bisa berlatih menggenggam dan memperkuat cengkraman mereka dengan krayon ataupun kapur yang sudah kamu siapkan untuk menggambar.

Latihlah mereka dengan perlahan, untuk pertama, cobalah untuk menyuruh mereka untuk menggambar garis dengan arah random. Lalu, semakin lama semakin sulit dengan berbagai bentuk bangun datar seperti persegi panjang, belah ketupat, dan lingkaran.

Jika sudah terbiasa dengan krayon besar, cobalah mereka untuk memakai krayon tipis atau pulpen karena bisa menaikkan kemampuan motorik mereka.

code

Menyelesaikan Puzzle

Menyelesaikan puzzle (apalagi yang susah) adalah salah satu kenikmatan hidup terbaik, tidak memandang baik itu untuk orang dewasa ataupun anak-anak.

Tidak salah jika hal ini adalah merupakan rekomendasi aktivitas anak down syndrome yang paling menyenangkan dan bisa menambah kemampuan problem solving mereka.

Selain menyenangkan, puzzle juga merupakan permainan yang bisa mengembangkan kemampuan motorik mereka lohh.

Beberapa anak mungkin akan memaksa dan tantrum daripada menyelesaikan puzzle-nya dengan cara yang sesuai. Ini merupakan tugasmu untuk mengawasi mereka dengan baik agar puzzle-nya bisa terselesaikan.

Pakailah puzzle dengan ukuran lebih besar dan jumlah yang lebih sedikit di awal-awal agar levelnya jauh lebih mudah.

Kamu bisa menambahkan stiker atau penanda pada puzzle agar permainan terlihat lebih berwarna dan menarik.

Puzzle yang rata bisa memberikan pengembangan skill lebih baik jika mereka sudah terbiasa menyelesaikan puzzle yang lebih mudah.

Jika kamu tidak memiliki puzzle, pakailah majalah atau buku bergambar yang tidak terpakai. Sobek sampai terbagi menjadi bagian kecil dan suruh mereka untuk menyusunnya kembali.

Ternyata Rekomendasi Aktivitas Anak Down Syndrome Itu Simpel

Rekomendasi aktivitas anak down syndrome itu ada banyak dan simpel. Tidak perlu membeli alat yang mahal untuk membahagiakan mereka.

Kasih sayang orang tua saat bermain bersama adalah memori yang tidak akan pernah luput dari ingatan mereka.

code