Melahirkan anak secara normal dan sesar, mari kita kaji pro kontra 2 prosedur kelahiran tersebut. Kedua prosedur tersebut sering kali menjadi perdebatan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan terkadang wanita bingung ingin melahirkan dengan menggunakan bantuan medis ataupun sesuai dengan fitrah biologis dari seorang wanita. Kedua prosedur tersebut, menuai pro dan kontra. Bagaimana kelebihan dan resiko dari prosedur kelahiran tersebut? Simak ulasan Pro Kontra 2 Prosedur Kelahiran berikut ini.

 

Pro Kontra 2 Prosedur Kelahiran

Kelebihan Melahirkan Secara Normal

Seorang wanita, pastinya memiliki impian untuk melahirkan secara normal. Kelahiran dengan menggunakan prosedur satu ini pun memiliki kelebihan tersendiri. Diantaranya adalah memiliki resiko infeksi lebih sedikit. Hal ini dikarenakan bayi dapat dilahirkan dengan melalui organ intim tanpa perlu untuk menggunakan pembedahan seperti yang dilakukan ketika operasi sesar.

Dengan melahirkan secara normal maka kemungkinan untuk terjadi infeksi pascapartum atau setelah kelahiran sangatlah kecil. Sehingga ketika seorang wanita memutuskan untuk melahirkan dengan normal, maka pemulihan pascapartum pun lebih cepat. Hal ini yang membuat masyarakat cenderung lebih pro atau mendukung prosedur kelahiran dengan cara normal.

Pasalnya, hormon yang dilepaskan pada proses persalinan akan bisa membantu sang ibu di dalam proses pemulihan. Selain itu, hal lain yang menjadi kelebihan adalah tidak adanya bekas lupa pasca operasi. Sehingga, ketika menggunakan prosedur normal maka perut pun tidak akan mempunyai bekas luka sayatan. Hal ini menyebabkan wanita mampu bergerak dengan lebih bebas.

Anda pun nantinya juga akan lebih nyaman untuk memangku dan menggendong si kecil. Pasalnya, anda tidak akan perlu untuk khawatir ada nyeri di perut setelah melahirkan. Prosedur kelahiran dengan menggunakan proses satu ini akan membuat perut anda tidak memiliki bekas jahitan. Sehingga hal ini yang membuat sebagian orang mendukung proses kelahiran secara normal.

Pro Kontra 2 Prosedur Kelahiran

Resiko Melahirkan Secara Normal

Namun, terkadang proses melahirkan secara normal pun menimbulkan kontra. Hal ini dikarenakan terdapat resiko yakni rasa sakit dan juga proses melahirkan memiliki durasi yang panjang. Prosedur melahirkan dengan cara ini nyatanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa memiliki waktu 48 jam bahkan lebih. Proses ini pun juga akan dialami dengan rasa nyeri dan sakit yang berkepanjangan.

Ketika anda melahirkan secara normal, maka nantinya juga akan terjadi robekan pada bibir organ intim. Meskipun tidak sebanyak jahitan ketika melahirkan secara sesar, namun melahirkan secara normal juga memungkinkan adanya robekan. Sehingga nantinya juga akan perlu dijahit setelah itu. Hal ini pun juga bisa terasa perih dan sakit hingga beberapa hari.

Hal lain yang menyebabkan kontra dari melahirkan secara normal ini adalah akan terasa perih ketika buang air kecil dan besat pasca melahirkan. Untuk itu, ketika nantinya anda kencing dan buang air besar akan terasa sakit dan perih karena adanya sebagian organ intim yang mungkin robek dan dijahit. Hal itu tentunya akan menimbulkan rasa perih ketika harus buang air.

operasi melahirkan

Kelebihan Melahirkan Secara Sesar

Selain melahirkan secara normal, seorang wanita pun juga bisa melakukan prosedur kelahiran dengan menggunakan cara yakni operasi sesar. Cara melahirkan satu ini pun menuai pro dikarenakan memiliki pendarahan yang lebih sedikit. Jika pada umumnya, proses kelahiran dengan cara alami mengeluarkan banyak pendarahan, maka hal tersebut tidak akan terjadi ketika melahirkan secara sesar.

Ketika anda memutuskan untuk melahirkan dengan operasi ini, maka anda pun akan memiliki pendarahan yang lebih sedikit. Selain itu, saat anda sedang melakukan buang air pasca melahirkan, maka anda pun tidak akan terasa sakit. Hal ini tentu saja berbeda ketika anda melakukan kelahiran secara normal, dengan prosedur ini anda pun tidak akan merasakan kesakitan dan rasa yang perih ketika ingin buang air besar.

Hal lain yang menjadi kelebihan ketika serorang wanita memutuskan untuk melahirkan dengan menggunakan operasi adalah organ intim tidak mengalami kerobekan. Sehingga, beberapa orang yang memiliki kondisi fisik yang tidak cukup baik menurut medis, maka dokter pun juga akan menyarankan untuk melakukan persalinan dengan cara satu ini.

Organ tersebut tidak mengalami kerobekan dikarenakan bayi tersebut tidak keluar melalui organ intim seorang wanita, melainkan melalui perut sang ibu. Sehingga nantinya tidak akan terjadi adanya robekan dan juga jahitan pada bibir organ intim anda. Selain itu, anda pun juga tidak akan mengalami kontraksi yang panjang ketika melahirkan secara sesar. Disini, anda tidak perlu mengalami proses mengejan dan merasa kelelahan yang berlebih ketika melakukan persalinan dengan cara ini.

Operasi melahirkan

Resiko Melahirkan Secara Sesar

Prosedur kelahiran secara sesar pun juga ternyata menuai kontra bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan memiliki waktu pemulihan yang cukup lama dibandingkan ketika anda memilih melakukan persalinan secara normal. Proses operasi tersebut, pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa kembali beraktifitas secara normal.

Hal ini dikarenakan setelah anda mengalami kelahiran secara sesar, maka anda pun juga akan terasa sakit ketika sedang duduk. Sehingga untuk berdiri dan juga berjalan lebih jauh pun akan terasa menyakitkan. Oleh sebab itu, pemulihan luka setelah melakukan bedah di perut tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan luka pada organ intim setelah melakukan persalinan secara normal.

Tak hanya itu saja, resiko lain yang mungkin saja akan terjadi ketika anda memilih persalinan dengan cara operasi sesar adalah memiliki resiko untuk terkena infeksi yang lebih tinggi. Hal ini tentu saja jelas terlihat, dikarenakan operasi sesar mengharuskan seorang dokter untuk membedah perut dari wanita. Setelah itu, barulah perut wanita akan dijahit kembali seperti sedia kala.

Untuk itu, ketika menggunakan prosedur kelahiran satu ini maka jahitan pun harus dibersihkan dengan benar. Hal ini bertujuan agar nantinya menghindari adanya kemungkinan terjadi infeksi yang anda terjadi pasca operasi. Oleh sebab itu, anda pun perlu untuk memperhatikan hal ini sebelum memutuskan untuk melakukan proses persalinan dengan cara operasi sesar.

Proses kelahiran dengan cara ini pun tentu saja haruslah mengikuti pertimbangan dari dokter kandungan. hal ini dikarenakan sebagian dokter kandungan akan beranggapan bahwa kedua metode persalinan tersebut akan memiliki resiko masing masing. Dimana ketika anda memilih persalinan secara normal atau yang sering disebut lebih alami akan mempunyai konsekuensi rasa sakit yang nantinya akan ditimbulkan.

Sedangkan ketika anda memutuskan untuk melakukan proses persalinan secara sesar, maka rasa sakit yang anda rasakan nantinya tak akan sesakit ketika anda melakukan persalinan secara normal. Akan tetapi, operasi sesar pun akan mempunyai konsekuensi medis yakni proses penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan proses melahirkan secara normal.

Pilihlah Prosedur Melahirkan sesuai dengan Rekomendasi Dokter

Untuk itu, setiap pilihan pastinya akan memiliki resikonya sendiri sendiri. Sehingga, apapun proses persalinan yang nantinya akan anda pilih dan anda jalani memiliki pengorbanan yang sama besarnya. Sehingga, tak mengherankan bahwa sosok ibu merupakan seorang pahlawan dari anaknya. Hal ini dikarenakan perjuangannya semasa mengandung dan melahirkan, tidak bisa diganti dengan sesuatu apapun di dunia ini. Demikianlah Pro Kontra 2 Prosedur Kelahiran, semoga berguna untuk Anda.