Kelahiran si buah hati dengan sehat tentunya menjadi harapan semua ibu. Namun suatu hal mungkin bisa terjadi, seperti bayi sungsang. Moms yang khawatir dengan hal itu bisa mencoba posisi tidur agar bayi tidak sungsang demi kelancaran persalinan.

Posisi Tidur Agar Bayi Tidak Sungsang Dengan Benar

Terdapat beberapa posisi tidur Moms di rumah agar si buah hati saat memasuki bulan kelahirannya tidak sungsang. Posisi tersebut, antara lain :

1. Tidur Miring Menghadap Kanan

Posisi yang pertama yaitu Moms bisa mencoba tidur miring menghadap ke kanan. Untuk posisi ini sangat dinilai tepat untuk mencegah bayi sungsang saat hari kelahirannya tiba. Setelah melakukan aktivitas seharian yang cukup melelahkan, coba untuk langsung menerapkan posisi ini saat tidur siang atau malam harinya.

2. Tidur Miring Menghadap Kiri

Posisi tidur berikutnya bisa secara miring menghadap ke kiri. Tentunya posisi ini hanya kebalikan dari posisi miring ke kanan sebelumnya. Secara alami nantinya posisi miring seperti akan membuat gerakan si bayi di dalam kandungan semakin mudah. Dengan begitu saat mendekati bulan terakhir bayi tidak akan sungsang.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Moms bisa memulai menerapkan posisi tidur agar bayi tidak sungsang saat usia kandungan baru beberapa bulan awal. Ketika sudah memposisikan tidur ke kanan sebelumnya dan merasa lelah maka rubahlah posisi menghadap ke kiri. Sehingga badan tidak terasa pegal karena pada satu posisi saja.

3. Tidur Miring Menghadap Kiri Dengan Bantal Di Kaki

Selanjutnya posisi yang sama dengan sebelumnya yaitu miring menghadap ke kiri. Namun ada sedikit yang membedakannya, dengan memberikan bantal atau guling diletakan pada kedua kaki. Beberapa ahli juga sepakat mengenai posisi seperti ini karena menerapkannya secara rutin akan mempermudah bayi untuk berputar.

Kemudian bagian tubuh yaitu terutama otot – otot punggung bagian bawah akan terasa lebih rileks sehingga tidak tegang nantinya. Otot yang tegang juga bisa mempengaruhi bayi menjadi sungsang. Dengan posisi ini memberikan potensi untuk pinggul tidak berubah dan tetap terbuka sehingga bisa membalikan bayi sungsang.

4. Tidur Dengan Menempelkan Kompresan Air

Posisi tidur agar bayi tidak sungsang berikutnya yaitu dengan memberikan kompresan air yang ditempelkan di perut. Tidak hanya melakukan posisi menghadap kanan atau kiri tapi juga memberikan rangsangan dari luar dengan cara tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini agar saat masa lahiran Moms sekalian tiba bisa terhindar dari bayi sungsang.

Tentunya mudah sekali mengimplementasikannya yaitu persiapkan kantung air dingin atau hangat dan bisa juga benda lainnya yang bersuhu sama. Kemudian taruh sesuatu yang dingin di dekat rahim dan taruh juga sesuatu yang hangat di bawah rahim. Diharapkan bayi akan berputar untuk menemukan posisi yang hangat.

5. Tidur Diiringi Musik

posisi tidur agar bayi tidak sungsang

Posisi yang tepat dibarengi dengan rangsangan dari luar memang cukup memaksimalkan bayi agar tidak sungsang seperti penjelasan sebelumnya. Besar kemungkinan akan memberikan dorongan untuk si bayi agar berada di posisi yang tepat saat waktu melahirkan. Cara ini banyak dilakukan para Moms di luar sana.

Untuk mendapatkan musik – musik yang enak didengarkan dan lembut untuk si bayi bisa diunduh banyak di internet. Setelah itu tempelkan smartphone atau speaker ke bawah perut. Harapannya si bayi akan merespon suara tersebut dan memposisikannya ke bawah. Lakukan secara bertahap ya agar hasilnya sesuai.

6. Tidur Memposisikan Kaki Menekuk Lutut

Posisi tidur agar bayi tidak sungsang berikutnya yaitu dengan memposisikan kaki Moms menekuk lutut. Untuk posisi seperti itu terbilang efektif untuk bayi bergerak bebas di dalam kandungan sehingga akan terhindar dari posisi yang sungsang. Caranya tidur dengan kaki menekuk lutut lalu miringkan ke arah panggul Moms.

7. Tidur Memposisikan Kaki Lebih Tinggi

Cara memposisikan tidur agar bayi tidak sungsang yaitu dengan kaki diletakan lebih tinggi. Dengan cara saat tidur, gunakanlah bantal atau guling untuk mengganjal bokong agar lebih tinggi. Usahakan lakukanlah 2 sampai 3 kali sehari.

Tidak hanya ketika bayi berumur berapa bulan saja tetapi bisa juga dilakukan waktu bayi mengalami sungsang. Namun beberapa keluhan yang bisa saja Moms alami akan muncul saat melakukan posisi ini. Mungkin akan sedikit merasakan sakit kepala, maka dari itu durasi untuk posisi kaki lebih tinggi ini tidak lama dan sering.

Sudahkan Moms Mencobanya Di Rumah?

Dengan demikian, segala sesuatu yang tidak terduga sering kali terjadi seperti bayi sungsang. Lalu membuat para Moms sekalian bingung dan panik, sehingga mengambil jalan pintas dengan operasi sesar. Namun jika tetap ingin secara normal dapat melakukan beberapa posisi tidur di atas untuk mengatasinya. Selamat mencoba!