Menjadi ibu merupakan kebanggan sekaligus tantangan tersendiri, tentunya seorang ibu pasti ingin melakukan yang terbaik untuk sang buah hati. Salah satu wujudnya adalah dengan memberikan ASI secara langsung. Meskipun terlihat mudah dan sederhana, aktivitas menyusui sebenarnya memerlukan keterampilan dan perhatian. Karena itu menemukan posisi menyusui yang tepat sangat penting dilakukan.

Ketika seorang ibu menerapkan posisi yang tidak benar, hal ini akan juga berdampak buruk pada ibu dan bayi. Lalu posisi seperti apa yang bisa Moms ikuti? Simak ulasannya berikut!

Posisi Menyusui yang Baik dan Benar

Berikut ini beberapa posisi menyusui yang bisa Moms pilih sesuai kenyamanan dan kebutuhan:

1. Posisi Menggendong

Posisi menggendong atau cradle hold adalah cara menyusui yang klasik dan kebanyakan ibu sangat sering memakainya. Cradle hold sebenarnya cukup mudah, namun akan sulit jika dilakukan untuk menyusui bayi yang baru lahir dan untuk bayi yang tubuhnya telah tumbuh besar.

Cara menerapkan posisi menyusui ini adalah dengan menggendong bayi dengan satu tangan. Posisi perut bayi menempel dan kepalanya ada pada lengan Moms yang tertekuk, serta sejajar dengan payudara. Moms juga bisa menggunakan bantal untuk membantu tangan Moms yang menopang tubuh bayi.

2. Posisi Menggendong Silang

Menggendong silang atau cross cradle hold mirip dengan cradle hold dan cocok diterapkan untuk bayi yang baru lahir. Perbedaannya dengan cradle hold adalah lengan yang digunakan berlawanan dengan payudara yang menyusui bayi. Posisi ini membuat Moms lebih leluasa untuk bisa mengontrol bayi dan melihat pergerakan mulut bayi saat menghisap.

Moms bisa memposisikan kepala bayi pada payudara kiri dan tangan kanan Moms yang akan menopang tubuh serta leher bayi. Tangan kiri yang bebas dapat memegang dan memijat payudara searah puting untuk memperlancar ASI.

3. Posisi Tidur Miring

Posisi menyusui selanjutnya adalah tidur miring atau side lying yang bersahabat, karena Moms bisa menyusui sambil berbaring yang bisa menjadi kesempatan untuk beristirahat. Jika Moms juga sedang dalam masa pemulihan pasca operasi, posisi ini adalah yang paling cocok dan tepat untuk Moms terapkan.

Moms bisa membaringkan tubuh secara menyamping menghadap pada bayi yang menempel pada perut dengan posisi mulutnya dekat dan mencapai payudara. Moms juga bisa menopang tubuh bayi menggunakan bantal atau tangan.

4. Posisi Bersandar

posisi menyusui

Laid back position atau bersandar merupakan posisi yang cenderung santai dan biasanya merupakan cara menyusui yang dilakukan pertama kali oleh ibu baru. Posisi menyusui yang satu ini juga cukup nyaman, karena Moms bisa sambil meluruskan kaki yang pegal dan juga sambil menonton.

Cara menerapkannya adalah dengan menyandarkan punggung pada sandaran seperti bantal, kursi, atau dinding. Kepala bayi harus sejajar dengan payudara dan perutnya ada di bawah dada. Moms hanya perlu memastikan bahwa hidung bayi tidak tertekan dan terdapat penopang kuat yang dapat mendukung punggung serta leher saat menyusui bayi.

5. Posisi Koala

Posisi koala atau upright breastfeeding, cocok untuk bayi yang tubuhnya sudah kuat dan sudah sanggup untuk duduk. Biasanya dalam posisi ini jika bayi sudah kuat dan biasa untuk duduk, dia akan lebih mandiri karena tidak perlu lagi sandaran atau penopang.

Moms bisa menerapkan posisi menyusui ini dengan menempatkan bayi di pangkuan dan menghadap payudara. Posisi ini lebih ringan karena Moms tidak perlu tenaga lebih untuk menopang tubuh bayi, Moms hanya perlu memegang bagian lehernya untuk membuatnya nyaman. Selain itu, jangan sampai bayi ada dalam posisi membungkuk karena tidak akan berakibat baik leher dan punggungnya.

6. Posisi Sepakbola

Football hold ini mungkin terdengar unik, nama lainnya adalah clutch hold. Posisi menyusui ini mengambil nama sepakbola karena Moms akan terlihat seperti membawa bola di ketiak. Football hold sangat cocok diterapkan untuk bayi kembar, karena Moms bisa menyusui dua bayi sekaligus.

Cara menerapkanya adalah dengan memposisikan bayi di sisi payudara dengan mulut dekat pada puting. Tangan Moms pada sisi yang sama digunakan untuk menopang kepala, leher, serta tubuh bayi dan posisikan kaki bayi di pinggang Moms. Jika Moms tidak menyusui dua bayi sekligus, tangan Moms yang bebas bisa sambil memijat payudara.

Moms Sudah Menemukan Posisi Menyusui yang Pas?

Ada baiknya Moms mau mempelajari posisi menyusui yang benar untuk kepentingan Moms dan bayi. Posisi yang baik dapat mencegah pembengkakan payudara serta puting lecet. Selain itu, posisi yang benar juga akan semakin membangun kedekatan antara ibu dan bayinya.

Semoga ulasan di atas bisa Moms jadikan sebagai referensi, khususnya untuk Moms yang merupakan seorang ibu baru dan masih kesulitan untuk beradaptasi. Selamat mencoba di rumah Moms!

Tagged in: