Di zaman yang serba canggih, rasanya mudah bagi kita untuk mengusahakan sesuatu yang diinginkan. Begitu juga dengan masalah keturunan, program bayi tabung bisa menjadi solusi untuk pasangan yang belum juga dikaruniai buah hati. Di Indonesia sendiri juga banyak rumah sakit yang menyediakan program dengan berbagai pilihan bayi dan keberhasilan yang menjanjikan. Berikut perkiraan biaya bayi tabung di beberapa rumah sakit di Jakarta. Simak selengkapnya.

Daftar Rumah Sakit Berserta Perkiraan Biaya Bayi Tabung Jakarta

Perkiraan biaya bayi tabung

1. SamMarie Basra

Rumah sakit satu ini berada di daerah Duren Sawit, Jaktim ini merupakan rumah sakit yang menyediakan program bayi tabung atau IVF. SamMarie Healthcare Group adalah kumpulan perusahaan swasta yang bergerak di bidang kesehatan. Bisa dibilang jika SamMaarie akan memberikan pelayanan ginekolog serta obstertik yang unggulan. Jika berniat untuk melakukan IVF di rumah sakit ini, biaya yang diperkirakan mulai Rp. 53 jutaan.

2. Klinik Morula

Klinik Morula IVF merupakan klinik yang dikhususkan untuk membantu pasangan yang sedang mendambakan momongan. Semua layanan di Morula IVF memiliki program serta program fertilitas yang berdasarkan indikasi tepat untuk setiap pasangan. Klinik satu ini bahkan menjadi langganan artis tanah air. Hingga kini sudah ada lebih dari 1.000 bayi yang lahir melalui program IVF di Morula ini. Untuk perkiraan biaya bayi tabung sekitar Rp. 60 – 70 jutaan.

3. Rumah Sakit Bunda Menteng

Masih berada di daerah Jakarta, rumah Sakit Bunda Menteng ini juga menyediakan program IVF. Bisa dikatakan jika rumah sakit satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 40 jutaan. Harga tersebut juga sudah termasuk dengan biaya laborium sertayang lainnya. Hanya saja, harga bisa berubah sewaktu waktu tergantung jenis program bayi tabung apa yang dipilih. Selain itu semakin banyak masalah, akan semakin tinggi biayanya.

4. Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Sudah menjalankan program IVF selama 24 tahun, Klinik Melati RSAB Harapan Kita bisa menjadi solusi untuk pasangan yang mendambakan buah hati. Bahkan bisa dikatakan klinik ini memiliki tingkat keberhasilan setara dengan RS yang ada di Eropa serta Amerika yaitu sebanyak 30 hingga 40 persen. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan tidaklah mahal. Perkiraan biaya bayi tabung adalah sekitar Rp. 20 juta sampai Rp. 80 jutaan.

rumah sakit hermina

5. RS Family Pluit

Rumah sakit di Jakarta yang juga menyediakan program IVF adalah RS Family Pluit. Rumah sakit satu ini menyediakan beberapa program IVF yang bisa dipilih dan disesuaikan. Mulai dari bayi tabung natural hingga Long Agonis, Antagonis serta Antagonist. RS Family Pluit memiliki harga yang cukup murah yakni kisaran Rp. 20 juta sampai 60 jutaan. Walaupun harganya cukup bersahabat, namun pelayanan yang diberikan yang terbaik dan maksimal.

6. RS Daya Medika

RS Daya Medika merupakan rumah sakit yang bekerja sama dengan PT. Ingin Anak yang dalam programnya menggunakan metode SMART. Dengan metode tersebut, bukan hal yang mustahil untuk menawarkan harga yang cukup terjangkau. Apalagi biaya yang dibayarkan sudah termasuk dengan biaya lain mulai dari stimulasi induk, pengambilan sperma, hingga tranfer embrio. Untuk perkiraan biaya bayi tabung di RS ini sekitar Rp. 30 juta untuk setiap siklus.

Secara umum program IVF merupakan prosedur kesehatan yang aman. Meskipun untuk melakukannya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa rumah sakit yang menyediakan layanan IVF ini. Sehingga tak perlu jauh jauh ke luar negeri, tingkat keberhasilannya juga ada yang hampir sama. Dalam proses bayi tabung ini, banyak sekali yang mempengaruhi keberhasilan maupun besarnya biaya.