Memasuki usia kandungan trimester ketiga, maka sang ibu pun semakin tidak sabar untuk segera bertemu dengan buah hatinya. Bagi yang belum membaca perkembang trimester kedua silahkan baca perkembangan janin 6 bulan. Pada masa ini, janin 9 bulan yang berada di dalam kandungan pun semakin menunjukkan tanda tanda aktifitas yang akan membuat ibu menjadi ingin segera melahirkan. Perkembangan apa saja yang nampak pada usia kehamilan tersebut? Simak ulasan berikut untuk anda.

Melihat Tumbuh Kembang Janin Pada Trimester Ketiga

 

Ultrasound Janin 9 bulan

1. Mulai Memiliki Ekspresi Wajah

Pada usia kandungan ini, kebanyakan ibu hanya melihat bahwa si kecil hanya mampu untuk menggerakkan tubuhnya saja. Hal ini tentu saja tidaklah salah, namun ketika memasuki trimester ketiga ternyata bayi pun sudah mulai memiliki ekspresi wajah. Ekspresi tersebut berdasarkan pada emosi dan perasaan yang telah dirasakannya. Sehingga bayi pun bisa tersenyum bahkan menangis saat berada di dalam kandungan.

 

kehamilan

2. Terdapat Gerak Gerik di Dalam Tubuh

Ketika memasuki usia janin 9 bulan, maka bayi yang ada di dalam kandungan pun akan mengalami banyak perkembangan dan juga pertumbuhan yang nyaris sempurna. Hal ini ditandai dengan organ tubuh yang telah berkembang dan juga keadaan tubuh yang mulai terlihat gemuk. Sehingga si kecil pun juga telah mampu untuk menikmati tubuhnya dalam keadaan yang maksimal.

Hal inilah yang membuat bayi anda saat berada di dalam kandungan akan terlihat bergerak. Nantinya, anda pun akan merasakan bahwa bayi anda akan menendang nendang perut. Selain itu, bayi ini pun juga akan menggaruk dan juga meraba raba. Hal tersebut merupakan contoh dari kemampuan motorik si bayi saat masih berada di dalam kandungan. Hal ini tentu saja akan membuat wanita menjadi tidak sabar untuk menjadi seorang ibu.

 

janin kecil

3. Mata yang Mulai Terbuka

Anda pastinya akan mengira bahwa saat bayi berada di dalam kandungan maka mata bayi akan tertutup dan tertidur. Namun, anda pun perlu tahu bahwa saat usia janin 9 bulan atau memasuki masa trimester ketiga maka bayi pun sebenarnya telah bisa untuk membuka kedua kelopak matanya. Biasanya hal tersebut akan terjadi pada minggu ke 28. Dimana pada minggu tersebut, si kecil telah mampu untuk membuka matanya.

 

bayi janin 9 bulan

4. Telah Mampu Untuk Melihat Cahaya

Selain itu, ketika memasuki masa kandungan yakni trimester ketiga maka janin yang berada di dalam kandungan ini ternyata telah mampu untuk melihat cahaya. Hal ini dikarenakan mata si kecil telah mampu untuk terbuka. Sehingga kemampuan untuk melihat cahaya ini pun baru dibangun ketika bayi telah berusia sekitar 31 minggu saat berada di dalam kandungan.

Perkembangan janin 9 bulan ini pun tentu saja masih sangat terbatas. Hal ini disesuaikan dengan keberadaan bayi saat masih di dalam kandungan. Hal ini diawali dengan si kecil yang telah mampu untuk mendetekasi datangnya cahaya dengan warna yang terang. Pasalnya, kedua pupil dari si kceil telah mampu untuk berkembang dengan baik ketika usia kandungan memasuki trimester ketiga tersebut. Sehingga mampu untuk menangkap respon gelap ataupun terang pada cahaya.

Itulah beberapa perkembangan yang terjadi ketika si kecil yang berada di dalam kandungan telah memasuki trimester ketiga. Selain itu, di masa ini bayi pun juga telah tumbuh rambut sehingga akan mampu untuk menyempurnakan bentuk tubuh yang ada pada bayi selama di dalam kandungan tersebut. Memasuki masa ini, sang ibu tentunya harus tercukupi nilai gizi dan juga nutrisinya. Sehingga nantinya bayi yang dikandungnya pun akan lahir dalam keadaan sehat.