Masa kehamilan adalah saat saat yang paling dinantikan bagi kedua orang tua. Melihat perkembangan dari janin yang ada di dalam perut pun akan menjadi salah satu pengalaman tersendiri bagi seorang ibu. Jika anda telah berhasil untuk melewati trimester pertama, maka mengetahui tumbuh kembang janin 6 bulan adalah hal yang anda tunggu. Apa saja yang mulai berkembang pada fase trimester kedua ini? Yuk simak ulasan selengkapnya. Sebelumnya disarankan untuk membaca perkembangan janin 3 bulan / trisemester pertama.

Melihat Perkembangan Janin Saat Memasuki Trimester Kedua

janin 6 bulan

1. Memasuki Bulan Keempat

Pada bulan keempat ini, nantinya janin pun akan tumbuh dengan lebih baik daripada di trimester pertama. Hal ini dikarenakan bagian yang terdapat di dalam tubuh, seperti kelopak mata, bulu mata, alis dan juga kuku pun akan mulai terbentuk secara perlahan. Di masa ini pun, bagian tubuh yang sebelumnya masih lunak akan bisa menjadi lebih padat.

Selain itu, di dalam menuju masa janin 6 bulan ini maka alat kelamin pada bayi pun juga akan mengalami perkembangan. Dimana untuk laki laki akan mulai terlihat prostat dan untuk perempuan akan terlihat folikel di dalam ovarium. Sehingga ketika anda periksa dengan menggunakan USG, maka alat kelaminnya pun akan mulai terlihat.

perkembangan janin tri semester ke dua

2. Memasuki Bulan Kelima

Tahapan selanjutnya, ketika anda memasuki trimester kedua tepatnya di bulan kelima maka anda pun akan bisa untuk merasakan bahwa janin akan mulai untuk aktif bergerak. Di masa ini maka di dalam janin akan terdapat lapisan putih yakni vernix caseosa yang menyelimutinya. Dengan adanya lapisan ini akan berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban yang bisa pecah sewaktu waktu.

Selain itu, ketika janin 6 bulan ini maka punggung maupun bahu bayi pun akan mulai ditumbuhi dengan rambut yang halus. Namun, rambut ini akan menghilang ketika bayi akan dilahirkan. Alat kelamin pun akan tumbuh menjadi sempurna ketika memasuki fase satu ini. Janin pun juga telah memiliki panjang yakni sekitar 25 cm dan juga memiliki berat kurang lebih 300 hingga 500 gram.

perkembangan janin 6 bulan

3. Memasuki Bulan Keenam

Memasuki akhir trimester kedua ini maka pertumbuhan janin pun akan mulai banyak mengalami perkembangan. Hal ini dikarenakan janin akan memasuki fase menuju trimester ketiga. Kelopak mata pada janin pun akan mulai terbentuk di masa ini. Selain itu, kulitnya pun akan terlihat kemerahan dan juga tipis. Jari tangan dan juga jari kaki pun akan mulai terbentuk dengan jelas ketika telah memasuki trimester kedua ini.

Tak hanya itu saja, perkembangan janin 6 bulan ini pun akan memiliki ukuran yang lebih panjang dari bulan sebelumnya yakni sekitar 30 cm dengan berat yang mencapai 750 gram. Selain itu, janin pun akan mulai untuk bergerak dengan lebih aktif dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan janin akan mulai mengenal siklus bangun dan tidur, sehingga nantinya akan bisa terasa lebih konsisten.

Itulah beberapa tahapan perkembangan yang dialami oleh janin yang ada di dalam perut anda pada masa trimester kedua. Dengan begitu, anda pun akan bisa untuk mengetahui bagaimana tumbuh kembang si kecil ketika masih berada di dalam perut. Untuk ibu hamil, maka anda pun juga perlu untuk memenuhi asupan gizi untuk bayi yang ada di perut. Hal ini dikarenakan agar selama berada di dalam perut, nutrisi dari si kecil akan tetap terpenuhi dan bayi pun akan bisa tumbuh dengan sehat.

Ikutin lebih lanjut di Perkembangan janin trimester ketiga