Memiliki calon bayi adalah salah satu anugerah yang dinantikan oleh setiap pasangan. Untuk itu, melihat perkembangan dari calon buah hati tersebut tentu saja menjadi hal yang menyenangkan. Di usia janin 3 bulan atau trimester pertama, maka anda pun perlu untuk mengetahui perkembangan apa saja yang biasanya akan terjadi. Untuk anda yang ingin tahu, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengintip Perkembangan Janin Pada Usia 3 Bulan Pertama

fase pembuahan sperma

1. Perkembangan Pada Usia 1 hingga 2 Minggu

Di dalam perkembangan janin pada trimester pertama, maka tentu saja diawali dengan tahap konsepsi. Apa yang dimaksud dengan konsepsi? Konsepsi merupakan peristiwa dimana sperma bertemu dengan sel telur. Biasanya peristiwa satu ini akan terjadi sekitar dua minggu pasca periode siklus menstruasi yang terakhir dimulai.

Hal ini tentu saja akan mengartikan bahwa pada dua minggu pertama pada usia kehamilan, maka bisa dikatakan bahwa anda belum benar benar hamil. Melainkan dalam masa ini dapat dikatakan jika anda telah memasuki tahap yakni untuk persiapan kehamilan. Hal ini dikarenakan sperma tersebut telah bertemu dengan sel telur yang ada di dalam tubuh anda.

awal kehamilan

2. Perkembangan Pada Usia 3 Minggu

Sebelum memasuki usia janin 3 bulan, maka tentunya ada beberapa perkembangan yang bisa untuk anda ketahui sebelumnya. Ketika di minggu pertama dan minggu kedua merupakan tahapan masa persiapan, maka ketika anda memasuki minggu ketiga, maka selama minggu tersebut terjadi proses menyatunya sel telur dan sperma. Proses tersebut terjadi pada salah satu tuba falopi.

Di tempat tersebut nantinya akan terbentuk zigot yang bakal menjadi calon janin anda. Setelah mengalami proses pembuahan, maka zigot pun akan turun dari tuba falopi untuk menuju ke rahim. Barulah ketika telah berada di rahim, nantinya akan bisa untuk membentuk sekelompok sel yang nantinya akan disebut dengan morula.

struktur embryo

3. Perkembangan Pada Usia 4 Minggu

Selanjutnya, di usia minggu keempat maka proses perkembangan dari janin 3 bulan tersebut akan memasuki tahapan implantasi. Pada perkembangan ini merupakan salah satu proses dimana morula akan berkembang dan berubah menjadi blastokista. Selanjutnya akan menanamkan diri ke endometrium atau lapisan rahim. Di dalam blastokista tersebut nantinya sekelompok sel yang berada di dalam akan menjadi embrio dan untuk lapisan luar akan terbentuk plasenta.

perkembangan bayi

4. Perkembangan Pada Usia 5 Minggu

Ketika janin telah memasuki usia 1 bulan atau 4 minggu, maka di dalam masa ini akan terjadi peningkatan hormon HCG yang diproduksi pada blastokista. Tentu saja hal ini akan menandakan bahwa ovarium telah berhenti untuk melepaskan telur. Sebagai gantinya akan menghasilkan lebih banyak prosgesteron dan juga estrogen. Dengan adanya peningkatan tersebut akan membuat kadar hormon mampu untuk menghentikan siklus menstruasi.

Sebagai gantinya akan mendorong untuk pertumbuhan plasenta sehingga akan mampu untuk menyuplai darah yang mengandung banyak nutrisi dan oksigen untuk janin. Perlu anda ketahui, bahwa embrio sendiri memiliki tiga lapisan yakni ektoderm yang membentuk lapisan terluar bayi, mesoderm yang berfungsi sebagai dasar untuk tulang, otot, sistem reproduksi dan ginjal. Serta endoderm untuk tempat paru paru, pankreas, usus dan juga hati akan berkembang.

janin minggu 6 kehamilan

5. Perkembangan Pada Usia 6 Minggu

Saat hendak menuju usia janin 3 bulan, maka di dalam masa ini pipa saraf yang berada di sepanjang punggung bayi pun akan tertutup. Selain itu, sumsum tulang belakang dan otak pun akan mulai untuk mengalami perkembangan. Tak hanya itu saja organ lainnya dan juga jantung pun akan mulai untuk terbentuk di periode ini. Struktur dari telinga dan mata akan mulai berkembang dan tubuh bayi juga mulai untuk membentuk huruf C.

ultrasound janin 3 bulan

6. Perkembangan Pada Usia 7 Minggu

Selanjutnya, perkembangan janin pada trimester pertama ini pun berlanjut dengan pertumbuhan wajah dan otak pada bayi. Di periode ini akan terlihat bahwa bentuk hidung akan mulai untuk terlihat. Tak hanya itu saja, retina pun akan mulai terbentuk pada minggu ini. Telinga pada bagian dalam serta tangan dan kaki pun akan mulai untuk mengalami perkembangan di masa periode ini.

8 minggu kehamilan

7. Perkembangan Pada Usia 8 Minggu

Ketika memasuki usia kehamilan delapan minggu, maka perkembangan janin yang ada di dalam periode ini akan ditandani dengan jari bayi yang terbentuk. Selain itu, bentuk dari mata dan juga telinga pada bayi pun akan mulai jelas terlihat. Kemudian untuk bibir atas dan juga hidung pun akan mulai terbentuk. Sedangkan calon leher dan tulang akan terlihat mulai lurus. Saat bayi berusia 8 minggu ini, maka bayi pun akan berukuran kira kira 11 hingga 14 milimeter.

janin usia 3 bulan

8. Perkembangan Pada Usia 9 Minggu

Sebelum memasuki perkembangan janin 3 bulan, maka di usianya yang ke sembilan minggu ini bayi pun mulai terlihat perkembangan pada jari jarinya. Selain itu, kepala bayi pun mulai membesar dan kelopak mata mulai terbentuk. Di minggu ini, bayi pun rata rata akan memiliki panjang yakni sekitar 16 hingga 18 milimeter.

ultrasound kehamilan

9. Perkembangan Pada Usia 10 Minggu

Ketika memasuki usia satu ini, maka kepala bayi pun akan memiliki bentuk yang lebih besar. Tak hanya itu saja, di dalam minggu ini pun janin akan mulai bisa untuk menekuk sikunya. Selain itu, jari pun akan mulai panjang dan untuk bagian telinga dan kelopak mata akan terus berkembang. Serta tali pusar pada minggu ini pun akan mulai terlihat dengan jelas.

janin bayi

10. Perkembangan Pada Usia 11 Minggu

Di usia minggu ini maka perkembangan bayi pun mengalami kemajuan. Hal ini terlihat pada mata yang mulai terpisah jauh, wajah bayi yang mulai melebar dan posisi telinga rendah. Selain itu, tunas gigi pun juga akan muncul di minggu ke 11 ini. Sel darah merah pun juga mulai terbentuk di hati bayi dan juga alat kelamin pada bayi pun mulai berkembang menjadi penis atau klitoris dan juga labia mayora.

perkembangan janin 3 bulan

11. Perkembangan Pada Usia 12 Minggu

Perkembangan janin 3 bulan atau trimester pertama ini pada akhinya akan diakhir dengan mulai bertumbuhnya kuku. Selain itu, wajah bayi pun mulai semakin terlihat semakin jelas. Tak hanya itu saja, organ tubuh yakni seperti usus pun juga akan mulai terbentuk di usia ke tiga bulan ini. Sedangkan di usia ini maka panjang bayi pun akan diperkirakan yakni sekitar 61 milimeter. Dan untuk berat badannya sendiri yakni sekitar 14 gram.

Itulah beberapa perkembangan janin pada trimester pertama. Bagi orang tua, mengikuti perkembangan buah hati selama di dalam kandungan tentu saja akan menjadi hal yang menyenangkan. Pasalnya, anda pun nantinya akan menjadi tahu bagaimana pertumbuhan yang terjadi pada buah hati anda selama berada di dalam perut. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu pengalaman yang dinanti bagi orang tua.

Ikutin artikel selanjutnya di perkembangan janin 6 bulan.