Memasuki usia bayi 12 bulan, maka si kecil pun sudah mulai mampu untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Hal ini tentu saja akan membuat sang ibu dan ayah menjadi lebih gemas kepada si kecil. Apa saja perkembangan yang terjadi pada bayi dengan usia 7 hingga 12 bulan? Untuk itu, anda pun bisa menyimak ulasan berikut ini. Disini akan dikupas tentang berbagai macam tumbuh kembang si kecil yang perlu untuk anda tahu. Sebelumnya dianjurkan untuk membaca artikel perkembangan bayi 6 bulan pertama terlebih dahulu

Melihat Perkembangan Pada Bayi Usia 7 Hingga 12 Bulan

bayi 12 bulan

1. Dari Kemampuan Emosional dan Sosialnya

Ketika si kecil memasuki usia 7 bulan maka di umur ini perkembangan dari sosial dan juga emosionalnya pun telah memasuki tahap melambaikan tangan. Namun, ketika usia ini bayi masih belum bisa untuk refleks melakukannya sehingga akan membutuhkan bantuan. Namun, ketika memasuki usia 9 bulan, maka ia pun akan semakin mahir untuk melambaikan tangan sebagai tanda untuk perpisahan.

Sebelum memasuki usia bayi 12 bulan, yakni tepatnya 11 bulan maka untuk perkembangan dari emosional dan juga sosialnya akan berada di tahap senang meniru berbagai macam aktifitas yang sedang ia lihat. Di usia ini, bayi pun juga akan mampu menangis dan mengoceh. Sedangkan pada tahap usia 12 bulan bayi pun juga mampu untuk menggelindingkan bola dengan bantuan dari orang lain.

perkembangan bayi 12 bulan

2. Dari Segi Kemampuan Motorik Halus

Untuk kemampuan motorik halus ini, ketika bayi berusia 7 bulan maka nantinya si kecil akan mengalami masa mampu untuk memberikan barang atau objek yang sedang dipegangnya kepada orang lain. Selain itu, pada usia ini bayi pun telah mampu untuk menggenggam dan mengambil dua benda sekaligus. Ketika menginjak usia 8 bulan pun perkembangannya juga semakin pesat. Hal ini terlihat dari bayi telah mampu untuk menjepit dan mengambil benda dengan menggunakan ibu jarinya.

Dalam masa perkembangan bayi 12 bulan, tepatnya pada usia 9 bulan bayi pun telah mampu untuk mengambil objek dengan menggunakan kedua ibu jarinya semakin baik. Ditambah lagi, ketika ia telah menginjak usia 11 bulan maka si kecil pun juga mulai belajar untuk mulai memasukkan benda ke dalam suatu tempat atau wadah meskipun belum tampak terlalu lancar.

perkembangan bayi

3. Dari Segi Kemampuan Motorik Kasar

Memasuki usia 7 bulan lebih dua minggu, maka si kecil pun akan tampak mulai lancar untuk mengkombinasikan beberapa macam kosa kata. Hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu cara bagi bayi untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di sekitanya. Di usia 8 bulan pun, si kecil juga mulai mampu untuk berkomunikasi dengan berbagai macam kosa kata yang telah bisa untuk diucapkan meskipun kurang jelas.

Sebelum memasuki perkembangan bayi 12 bulan, maka ketika si kecil berusia 10 bulan perkembangan untuk motorik kasarnya pun terlihat ketika ia bisa belajar tanpa berpegangan. Biasanya si kecil akan mampu untuk bertahan selama 2 detik sebelum nantinya ia mulai untuk perkembangan kembali. Barulah ketika berusia 11 bulan, bayi telah mampu untuk berdiri dengan sendirinya dalam waktu sekitar 2 detik saja.

Itulah beberapa perkembangan yang akan terlihat ketika bayi menginjak usia 7 hingga 12 bulan. Dengan memperhatikan perkembangan tersebut, maka anda pun juga bisa untuk memberikan stimulus kepada si kecil. Sehingga nantinya bayi pun semakin terlatih untuk berbicara maupun berjalan dengan lebih lancar ketika usianya telah menginjak diatas satu tahun.

Tagged in: