Memasuki usia 6 bulan maka bayi pun akan mulai terlihat menggemaskan. Pasalnya, ketika bayi 6 bulan maka ia pun akan mulai bisa untuk melakukan banyak hal yang akan membuat anda menjadi gemas. Di balik kegemasannya tersebut, dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai perkembangan apa saja yang mulai terlihat pada bayi yang berusia sekitar 6 bulan ini. Berikut ini informasi dari detikbayi untuk simak selengkapnya.

Perkembangan Yang Perlu Ibu Tahu Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Makanan bayi

1. Mampu Mengonsumsi Makanan Lain Selain ASI

Di usia 6 bulan ini, maka bayi pun suda bisa untuk mengonsumsi makanan lainnya selain ASI. Untuk itu, istilah MPASI atau makanan pendamping ASI pun akan mulai dikenalkan oleh ibu ketika bayi menginjak umur 6 bulan. Hal ini dikarenakan pemberian ASI saja ternyata dirasa kurang cukup, akan tetapi anda pun harus tetap memberikan ASI hingga si kecil mencapai usia 2 tahun.

Ketika bayi 6 bulan, maka ia pun akan bisa untuk mulai mencerna makanan lain selain ASI. Untuk mengetahui apakah bayi anda bisa mulai mencerna makanan tersebut adalah ditandai dengan bayi yang bisa mulai duduk dengan tegap dan tidak mudah jatuh. Jika si kecil telah menunjukkan tanda tanda satu ini maka nantinya anda pun bisa mulai memperkenalkan MPASI untuk memenuhi nutrisi hariannya.

bermain dengan bayi

2. Bayi 6 Bulan Mulai Memiliki Kemampuan Untuk Berbicara

Selain itu, ketika si kecil memasuki usia satu ini maka anak pun akan mulai memiliki kebiasaan yakni cooing. Dimana ia akan sering untuk mengeluarkan suara seperti “aa” atau “uu”. Ketika anak anda sudah mulai untuk menunjukkan perkembangan satu ini maka orang tua pun memiliki kewajiban untuk terus memberikan stimulasi sehingga anak pun akhirnya akan bisa mulai berbicara dengan lancar.

bayi ketawa

3. Mampu Untuk Menopang Badannya Sendiri

Hal lain yang terlihat pada bayi 6 bulan adalah ia mulai mampu untuk menopang badannya sendiri. Di usia ini maka si kecil pun akan memiliki kemampuan untuk bisa membalikkan tubuh sendiri. Hal ini ditandai dengan dari posisi terlentang hingga menjdi tengkurap, bahkan hingga merangkak dan duduk. Momen ini pun biasanya dilakukan oleh si kecil dengan cara menopang dirinya sendiri dengan menggunakan tangan.

Namun, kemudian lama kelamaan nantinya ia pun akan mulai bisa untuk melepaskan dan juga bisa duduk tanpa menggunakan bantuan yang ada di sekitarnya. Selain itu, si kecil pun juga akan bisa untuk mendorong dirinya sendiri ketika ia sedang berada di lantai. Cara tersebut dilakukan dengan bantuan dari kedua kakinya. Anda pun nantinya akan bisa melihat si kecil berdiri dengan lutut yang bergoyang sebagai upaya untuk menyeimbangkan diri.

bayi kembar 6 bulan

4. Mulai Memiliki Kemampuan Sosial

Hal lain yang ditunjukkan oleh si kecil dalam perkembangan bayi saat ini adalah dari segi kemampuan sosial. Di usia ini, maka ia pun akan mulai bisa untuk berekspresi yang sesuai dengan emosinya. Sehingga di usia 26 minggu, maka bayi pun akan mulai bisa untuk tersenyum dan juga tertawa. Untuk itu, orang tua pun memiliki peranan yang penting untuk selalu memberikan stimulus kepada si kecil.

Dengan mengetahui perkembangan yang dilalui oleh si kecil, maka orang tua pun tentu saja akan memiliki peran yang penting. Hal ini dikarenakan ketika si kecil sudah mulai bisa melakukan banyak hal, maka hal tersebut tentu saja akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tua. Setelah anda mengetahui perkembangan tersebut, anda pun bisa mengecek apakah anak anda telah melewati masa tersebut?