Pada usia 18 bulan, bayi mulai memperlihatkan berbagai kemajuan dibanding usia 17 bulan. Si kecil sudah menunjukkan tingkah-tingkah lucu dan mengeksplorasi benda sekitarnya. Orang tua disarankan untuk melakukan pengawasan lebih terhadap tumbuh kembangnya. Karena bayi 18 bulan mudah menirukan apa yang dilihat dan kalimat yang didengar. Bayi juga mulai merespon ketika diajak berbicara. Simak ulasan tahap perkembangannya disini.

Belajar Mengenal Lingkungan dengan Baik Dimulai Saat Bayi Usia 12 Bulan

Bayi 18 bulan

1. Bisa Berjalan dan Bermain

Ketika bayi menginjak usia 12 bulan, Ia mulai bisa berjalan secara bertahap tanpa dituntun sang ibu. Pada usia ini tulang bayi sudah cukup kuat untuk menopang tubuh, sehingga bisa berdiri sendiri. Si kecil sudah bisa diajak berjalan-jalan bersama anggota keluarga, untuk pergi ke taman atau keliling di kompleks rumah. Ia mulai merespon sapaan orang lain dan bisa diajak mengobrol. Saraf halusnya akan menerima banyak kosa kata yang baru Ia dengar.

Kemampuan insting untuk bermain dan mempelajari sesuatu semakin menguat. Apalagi ditunjang dengan perkembangan motorik halus, sehingga bayi mengenal sekitar dengan cepat. Pada bayi 18 bulan koordinasi mata dan tangan ikut meningkat, bahkan merespon salam tos dari ibunya. Ia mulai pandai mengelompokkan mainan baloknya sesuai warna atau bentuk. Kemudian mengembalikan mainan yang sudah dipakai ke kotak semula.

turun tangga
2. Belajar Naik dan Turun Tangga

Di fase usia 18 bulan, bayi sudah berjalan lancar dan mulai penasaran dengan bentuk tangga. Orang tua akan menjadi saksi si kecil belajar berlari meskipun masih dalam tempo lambat. Ia mulai melakukan gerakan aktif contohnya turun dari tempat tidur sendiri. Untuk mengantipasinya anda bisa meletakkan tumpukan bantal, atau karpet yang tebal di bawah kasur. Bayi tidak memerlukan boks tidurnya lagi, dan mulai dibiasakan tidur di tempat tidur.

bayi lucu

bayi cute

3. Kemampuan Bahasa Berkembang

Pada bayi 18 bulan perkembangan bahasa semakin meningkat, dan belajar berkomunikasi. Si kecil mungkin hanya menguasai 6-50 kota kata, tetapi mampu merangkainya dalam beberapa kalimat. Anda bisa menstimulasinya dengan menyanyikan lagu anak, atau membacakan buku dongeng. Dengan begitu kosa kata yang dikumpulkan semakin bertambah. Karena tingkat merespon kata cepat, maka orang tua perlu berhati-hati dalam berbicara.

Bayi cenderung mengikuti kata-kata dari yang Ia dengar, jadi perlu waspada saat berbicara di sekitar bayi. Di usia ini bayi akan membangun dunianya sendiri, sehingga tidak jarang anda mendengar si kecil bergumam sendiri. Terkadang Ia mencoret-coret apapun dengan krayon, seolah menggambarkan isi di dalam imajinasinya.

Bayi 18 bulan
4. Kemampuan Sosial dan Emosional Bertambah

Saat memasuki usia 18 bulan, bayi akan merespon obrolan jika diajak berbicara, meskipun dengan gumaman lucu. Bayi 18 bulan mulai mengerti maksud pembicaraan orang-orang di sekitarnya. Ia akan menunjukkan kedekatannya dengan orang yang sudah akrab, atau orang lain yang menurutnya menarik. Bahkan bayi ikut tertawa saat lingkungan sekitarnya menertawakan hal lucu.

Selain itu kemampuan emosional si bayi juga berkembang di usia 18 bulan. Terbukti dari ekspresi dan tindakan yang Ia gambarkan jika tidak sesuai keinginannya. Ia akan menggelengkan kepala untuk menolak sesuatu. Bahkan mulai memahami saat ayahnya berpamitan untuk berangkat kerja.

Bayi tumbuh melalui beragam tahapan perkembangan, dengan kemampuan yang berbeda setiap usia. Pada usia 18 bulan bayi sudah bisa berjalan dan berbicara meskipun tata kalimatnya berantakan. Ia mulai bergerak aktif dan menghamburkan beberapa mainannya, namun sudah tahu cara mengembalikan mainan ke tempat semula. Maka dari itu orang tua bisa menstimulus perkembangan, dengan mengajarkan hal-hal sederhana.

Untuk artikel bayi usia 7 – 12 bulan bisa ditemukan di perkembangan bayi 7 – 12 bulan