Untuk anda yang merupakan orang tua baru, pastinya anda pun wajib tahu mengenai hal satu ini. Pasalnya, fasilitas perawatan yang dikhususkan untuk bayi dan juga anak anak di rumah sakit ini juga nantinya akan memiliki peranan yang penting. Kedua fasilitas tersebut adalah PICU atau Pedriatic Intensive Care Unit dan juga NICU atau Neonatal Intensive Care Unit. Lalu apakah perbedaan NICU dan PICU? Maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

bayi di nicu

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Tentang PICU

Perawatan yang dikhususkan untuk bayi yang berusia di atas 1 bulan serta untuk anak anak usia 1 tahun hingga 18 tahun ini memang memiliki peranan yang penting, terutama ketika dalam kondisi yang kritis. Ada beberapa kondisi yang memiliki potensi fatal bapa bayi ataupun anak anak ini akan membutuhkan perawatan di PICU. Ada pun kondisinya antara lain adalah seperti dehidrasi yang berat, asma yang parah hingga pendarahan hebat yang diakibatkan oleh cedera.

Keracunan, meningitis dan juga gagalnya fungsi organ pun juga bisa masuk ruangan PICU ini. Perbedaan NICU dan PICU tidaklah terlalu jauh, pasalnya di dalam ruangan PICU juga telah dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang menunjang untuk merawat dan memantau dari kondisi bayi maupun anak anak dalam kondisi yang kritis. Hal ini terdiri dari alat kejut jantung yang khusus untuk anak, inkubator hingga tabung oksigen dan mesin ventilator pun tersedia disini.

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Tentang NICU

Setelah mengetahui sekilas tentang PICU, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui tentang NICU. Neonatal Intensive Care Unit ini lebih diperuntukkan untuk bayi yang baru lahir hingga mencapai usia 28 hari. Sama hal nya dengan PICU, ruangan perawatan ini pun juga ditujukan khusus bagi bayi yang memiliki kondisi kritis maupun gangguan kesehatan yang cukup berat.

Hal yang menjadi perbedaan NICU dan PICU adalah terletak dari usianya. Dimana untuk PICU diperuntukkan untuk usia diatas 1 bulan dan untuk NICU diperuntukkan untuk usia kurang dari 28 hari. Adapun terdapat beberapa macam kondisi sehingga bayi yang baru lahir perlu untuk masih ruangan perawatan NICU. Diantara kondisi tersebut adalah seperti terkena infeksi yang parah atau sepsis, terjadi pendarahan hebat, gagal nafas dan juga dehidrasi.

Ada berbagai macam peralatan medis yang berfungsi untuk menangani kondisi tersebut. Diantaranya adalah alat bantu nafas, seperti tabung oksigen, selang dan juga masker oksigen. Hal tersebut berguna untuk membantu agar bayi yang menderita kesulitan untuk bernafas atau yang tidak bisa bernafas sama sekali. Selain itu, dokter pun terkadang juga akan melakukan intubasi yang akan membantu si bayi untuk dapat kembali bernafas.

Ada pula mesin penghangat bayi yang sering kali digunakan untuk bayi yang lahir secara prematur. Hal ini dikarenakan bayi tersebut akan memiliki jaringan lemak yang sedikit dibandingkan dengan bayi yang lahir normal sehingga akan memiliki resiko untuk mengalami hipotermia atau kedinginan. Perbedaan NICU dan PICU sebenarnya hanya terletak pada beberapa alat dan juga rentang usianya.

Namun, kedua ruang perawatan tersebut memiliki fungsi untuk bisa menangani dan merawat kondisi bayi dan juga anak anak yang sedang mengalami kritis. Sehingga bagi anda yang memilki anak dengan beberapa kondisi tersebut, maka dokter pun akan menyarankan untuk dirawat dan mendapatkan penanganan di kedua ruangan tersebut. Oleh sebab itu, masalah kesehatan yang kritis tersebut dapat ditangani dengan lebih baik