Kehamilan menjadi salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri. Saat ini berbagai penyebab sukar hamil perlu Anda ketahui. Terlebih lagi ketika usia pernikahan mereka telah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, terdapat beberapa pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan sang buah hati. Untuk itu, bagi anda yang kerap kali mencoba program hamil namun belum berhasil, mungkin anda perlu mengenali terlebih dahulu penyebab sukar hamil berikut ini.
Penyebab Sukar Hamil

Hal Yang Menjadi Penyebab Sukar Hamil

1. Memiliki Bentuk Rahim Yang Abnormal

Kelainan bentuk rahim juga dapat menjadi penyebab anda menjadi sulit hamil. Rahim yang berentuk abnormal dan tidak beraturan menyebabkan sulitnya pembuahan sel telur. Nantinya, sel telur tersebut akan kesulitan untuk menempel pada dinding rahim. Untuk kondisi tersebut dapat disebabkan oleh miom atau terbentuk dengan alamiah.

2. Terjadinya Endometriosis

Selain itu, hal lain yang bisa menjadi penyebab adalah terjadinya endometriosis. Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan jaringan yang melapisi rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim. Sehingga, dapat diperkirakan hampir 50 persen wanita yang mengalami kondisi satu ini akan menjadi penyebab sukar hamil. Ketika anda menstruasi maka endometriosis dapat membuat anda mengalami kram yang sangat parah.

Selain itu, volume darah pun akan keluar cukup banyak ketika anda mengalami kondisi satu ini. Bahkan anda pun akan mengalami durasi menstruasi yang lama hingga menyebabkan mual. Tak hanya itu saja, endmetriosis juga bisa menjadi penyebab masalah pada usus maupun kandung kemih anda. Ketika anda berhubungan seks, maka nantinya akan merasakan nyeri ketika mengalami kondisi ini.

3. Tuba Falopi Mengalami Penyumbatan

Penyebab Sukar Hamil
Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim. Ketika masa ovulasi, maka sel telur akan berjalan dari ovarium menuju ke rahim melalui saluran tuba falopi. Sehingga pada saluran ini akan terjadi pembuahan antara sel telur yang bertemu dengan sperma. Apabila tuba falopi mengalami penyumbatan, maka akan menjadi salah satu penyebab sukar hamil.

Sel sperma akan mengalami kesusahan untuk bertemu / mencari sel telur. Sehingga pembuahan pun nantinya tidak akan bisa terjadi. Terdapat berbagai macam kondisi yang bisa menjadi penyebab mengapa tuba falopi mengalami penyumbatan. Diantaranya adalah pernah menjalani operasi di daerah panggul atau perut. Kemudian, terjadi infeksi rahim yang disebabkan oleh keguguran atau aborsi hingga menderita radang panggul.

4. Mengalami Gangguan Ovulasi

Hal lain yang bisa menyebabkan wanita menjadi sulit untuk hamil adalah mengalami gangguan pada ovulasi. Hal ini dikarenakan untuk bisa hamil maka wanita perlu untuk melepaskan sel telur di tiap bulannya. Proses pelepasan satu ini pun akan menentukan apakah wanita tersebut subur atau tidak. Sehingga, ketika ovulasi mengalami gangguan maka hal ini akan bisa menjadi penyebab sukar hamil.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan ovulasi. Diantaranya adalah mengalami gangguan pada kelenjar hipofisis di otak. Selain itu, kelebihan hormon prolaktin juga bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pada ovulasi. Hal lainnya adalah kegagalan ovarium prematur yang terjadi ketika indung telur berhenti untuk melepaskan telur secara teratur ketika wanita berusia kurang dari 40 tahun

Itulah beberaa penyebab yang bisa membuat and sulit hamil. Namun, tak hanya pada wanita saja penyebab tersebut juga bisa diakibatan oleh pria. Diantaranya seperti pria yang memiliki jumlah sperma sedikit, pergerakan sprema yang rendah hingga masalah disfungsi ereksi. Untuk itu, ketika anda dan pasangan mengalami susah memiliki momongan, maka anda pun bisa berkonsultasi ke dokter kandungan.