Mendapatkan kabar kehamilan tentunya membuat Moms bahagia tiada tara. Namun, siapa sangka bahwa kehamilan itu sendiri juga tidak bisa luput dari berbagai tekanan serta kekhawatiran yang menyebabkan stress. Padahal stress saat hamil bisa mempengaruhi kondisi mental dan fisik Moms dan calon jabang bayi.

Penyebab Stress Saat Hamil

Sebelum melakukan tindakan pencegahan, Moms perlu tahu dahulu apa saja sebenarnya yang mampu memicu stress pada ibu hamil. Tapi, harus kita sadari bahwa pemicu stress saat hamil bisa berbeda-beda berdasarkan banyak faktor luar dan dalam diri ibu hamil itu sendiri, seperti berikut ini:

  • Perubahan hormon yang signifikan dari sebelum kehamilan. Hal ini biasanya mempengaruhi mood ibu hamil sehingga sulit bagi mereka untuk mengendalikan emosi dan berujung stress.
  • Mengalami kondisi yang membuat tidak nyaman saat hamil. Terlalu sering mual dan muntah hingga mengalami hiperemesis pada trimester pertama.
  • Cemas yang berlebihan mengenai asupan makanan dan gizi untuk si bayi. Sehingga, membuat calon ibu terlalu selektif dan sulit untuk makan.
  • Munculnya kekhawatiran yang berlebihan tentang persalinan dan bayangan membesarkan anak. Biasanya hal ini juga pengaruh dari faktor eksternal, membuat sang ibu takut tidak bisa merawat bayinya dengan baik. 
  • Memiliki riwayat kecemasan sebelum hamil, seperti PTSD.
  • Melalui situasi yang kurang baik dalam rumah tangga, seperti kekerasan atau lingkungan yang terlalu menuntut.

Cara Menghindari dan Mengatasi Stress Saat Hamil

Meskipun kita tahu penyebab atau pemicu stres bisa muncul kapan saja, namun kadang sebagai calon ibu yang sedang hamil sulit untuk menghindarinya. Berikut ini beberapa cara menghindari dan mengatasi stres ketika Moms sedang hamil:

1. Menenangkan Diri dengan Berpikir Positif

Badan yang sehat berasal dari jiwa yang kuat, merupakan sebuah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi ini. Demi mendapatkan kondisi fisik yang sehat, hati dan pikiran harus sehat terlebih dahulu. Maka, dengan berpikir positif akan mengurangi munculnya pemikiran buruk tentang kondisi Moms saat hamil. 

Misalnya, Moms perlu menyadari bahwa kondisi sering muntah hanyalah gejala sementara yang wajar saat masa kehamilan.

2. Mengurangi Aktivitas Berat atau yang Bisa Memicu Stres

Kurang aktivitas yang mungkin menyebabkan Moms berpikir aneh-aneh, tapi terlalu banyak aktivitas juga bisa memicu datangnya stress. Oleh karena itu, para ibu hamil membutuhkan kegiatan yang ringan untuk mengisi waktu luang. 

Apabila dirasa kegiatan terlalu banyak, maka mintalah saran dengan pasangan untuk mengurangi aktivitas yang bisa mendorong stress. Misalnya, seperti pekerjaan atau kegiatan berat lain.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan kunci dari kondisi fisik dan batin yang sehat. Jika waktu istirahat Moms cukup, maka tubuh akan beristirahat setelah melakukan sejumlah kegiatan yang membuat Moms mudah pegal-pegal. Selain itu, pikiran dan hati juga bisa beristirahat dari rasa penat.

4. Melakukan Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil

Tidak ada salahnya Moms untuk ikut melakukan olahraga yang ramah untuk ibu hamil. Selain untuk mengisi kegiatan, olahraga tentu akan membuat badan tetap bugar dan si kecil di dalam perut juga sehat. Akan tetapi, sebelum melakukan olahraga pastikan Moms sudah berkonsultasi dengan dokter dan pasangan ya.

Baca Juga: Ibu Hamil Diperbolehkan untuk Nge-gym, Begini Panduannya!

5. Yoga

Yoga sebenarnya juga termasuk olahraga ringan yang sering menjadi pilihan para ibu hamil. Olahraga ini juga sangat membantu menenangkan pikiran, melepaskan penat yang ada di kepala dengan kondisi lingkungan yang nyaman dan gerakan-gerakan ringan. 

Olahraga yoga mirip dengan meditasi, selain menyehatkan juga membantu Moms untuk healing sejenak untuk mengatasi stress saat hamil.

6. Melakukan Kegiatan Menyenangkan

Penuhi hari-hari Moms dengan kebahagiaan untuk menghindarkan diri dari pikiran dan kegiatan yang memicu stress. Menghadirkan kebahagiaan sederhana bisa dilakukan dengan melakukan banyak kegiatan menyenangkan. 

Apalagi jika melakukannya dengan pasangan dan orang-orang tercinta, seperti memasak, menonton film, atau membaca buku yang menarik sesuai hobi Moms. 

7. Ceritakan Perasaanmu

Bercerita menjadi salah satu sarana yang sangat membantu siapa saja untuk menjauhkan diri dari stress saat hamil. Di masa kehamilan, apalagi pada trimester pertama, Moms masih memerlukan banyak adaptasi akan kondisinya yang baru. 

Sehingga, tidak heran jika ada banyak hal yang masih kurang dipahami. Ketika menceritakan perasaan pada pasangan, meminta konsultasi dokter dan saran dari teman bisa membantu meringankan perasaan dan adaptasi Moms dengan kehamilan.

Sudah Tahu Cara Mengatasi Stress Saat Hamil?

stress saat hamil

Stress saat hamil, seringkali sulit dihindari meskipun sudah berusaha. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir. Bahkan stres dan kondisi yang sulit saat kehamilan pun menjadi hal yang ‘lumrah’ dialami oleh seorang ibu hamil. 

Selama Moms banyak bercerita dan konsultasi pada pasangan dan dokter, maka Moms pasti bisa mengatasinya dengan baik. Sehingga, Moms dapat menyambut si kecil dengan penuh suka cita!