Berbagai masalah kerap kali terjadi pada bayi yang baru lahir, untuk itulah Moms harus mengetahui dan mengecek kondisi bayi setiap saat. Salah satu kondisi yang seringkali terjadi adalah mata bayi kuning.

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Mata kuning pada bayi disebabkan karna kadar bilirubin yang dihasilkan dari hasil pemecahan sel darah merah dalam darah yang tinggi

Untuk lebih lanjutnya, Moms bisa simak informasi berikut ini mengenai penyebab, gejala, dan cara mengatasi mata bayi kuning.

Penyebab Mata Bayi Kuning

Saat bayi masih di kandungan, maka Moms akan membersihkan bilirubinnya si bayi. Namun, ketika bayi sudah lahir maka ialah sendiri yang membersihkan bilirubinnya. Setiap harinya beberapa sel darah merah tubuh rusak sehingga membuat bilirubin dalam darah bertugas untuk menyaring aliran darah keluar.

Terkadang bayi yang baru saja lahir tidak bisa memecah bilirubinnya dengan secepatnya dan membuat hal itu menumpuk. Kadang-kadang kondisi mata kuning pada bayi ini juga bisa hilang dengan sendirinya. Penyakit kuning biasa muncul dua sampai tiga hari setelah bayi lahir, kemudian hal tersebut akan hilang dengan sendirinya, bisa dalam waktu yang cepat atau beberapa minggu pertama.

Berikut ini adalah jenis penyakit kuning yang lebih serius, diantaranya :

  • Pendarahan di dalam tubuh bayi
  • Infeksi darah (sepsis)
  • Infeksi bakteri atau virus
  • Masalah hati
  • Kekurangan enzim tertentu
  • Masalah dengan sel darah merah yang membuatnya terlalu mudah pecah

Penyakit kuning juga bisa disebabkan apabila Moms memiliki golongan darah yang berbeda pada bayi. Karena itu, tubuh Moms mungkin membuat antibodi yang menyerang sel darah merah bayi.

Gejala dan Diagnosa

Gejala penyakit kuning serta mata bayi kuning biasanya dimulai pada wajahnya. Ketika kadar bilirubin dalam darah meningkat, maka warna kuning bisa berpindah ke area perut bayi, dada, kaki, bahkan lengan bayi.

Cara Mengatasi Mata Bayi Kuning dengan Cepat

mata bayi kuning

Sebagian besar bayi yang mengalami kondisi mata kuning ini tidak memerlukan pengobatan yang serius karena kadar bilirubin dalam darah rendah. Dan dengan kondisi ini biasa akan membaik beberapa minggu kemudian dan tidak membahayakan bayi. Namun, lain halnya jika kadar bilirubin meningkat, maka tes perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi bayi ke rumah sakit.

Apabila kadar bilirubin pada bayi di bawah 20 mg / dL, maka Moms bisa melakukan cara-cara berikut ini agar penyakit kuning pada bayi bisa mereda.

1. Lebih Banyak Menyusui

Hal yang pertama adalah mengonsumsi lebih banyak ASI atau susu formula kepada si kecil, hal ini akan membantu bayi untuk sering buang air besar sehingga juga membantu dalam membersihkan bilirubin dari tubuh. Jika bayi masih aktif menyusui, maka usahakan Moms memberikan 8 sampai dengan 12 kali sehari pada sang bayi. Namun, jika Moms memberikan susu formula, maka berikan 1 sampai dengan 2 ons tiap 2 hingga 3 jam.

2. Fototerapi

Pengobatan dengan cahaya khusus juga bisa membantu mengobati penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Yang dimaksud menggunakan cahaya ini bukan sinar matahari ya Moms. Melainkan proses yang disebut foto-oksidasi dengan bantuan berupa mesin cahaya, proses ini berfungsi menambahkan oksigen ke bilirubin sehingga mempermudah bayi dalam mengeluarkan bilirubinnya dari dalam darah. Umumnya metode fototerapi ini memiliki sedikit efek samping berupa ruam atau diare sementara waktu.

3. Transfusi Tukar

Apabila kondisi mata bayi kuning itu karena kadar bilirubinnya yang sangat tinggi dan sudah mencoba metode fototerapi masih belum efektif. Mungkin Moms bisa mencoba cara selanjutnya yakni transfuse tukar. Pada proses ini, darah bayi akan dikeluarkan melalui tabung plastic yang tipis kemudian ditempatkan pada pembuluh darah yang berada di tali pusar, tungkai, dan lengan. Kemudian darah yang sudah dikeluarkan ini akan diganti dengan darah baru yang memiliki golongan darah yang sama yang tidak mengandung kadar bilirubin. Pada proses ini, bayi akan diawasi dengan ketat, karena prosesnya menyangkut pendarahan. Dan apabila masalah timbul maka akan segera diobati oleh Dokter. Jika sudah, maka darah akan diuji dalam 2 jam setelah perawatan untuk memeriksa apakah proses transfusi darah ini telah berhasil.

4. Perawatan Lainnya

Apabila penyakit kuning disebabkan oleh masalah-masalah kesehatan seperti infeksi, maka langkah untuk menyembuhkannya adalah dilakukan tes dan perlu diobati. Jangan ragu untuk memeriksakan apabila terdapat tanda-tanda penyakit kuning pada bayi. Hal ini harus segera diobati, apabila tidak diobati kadar bilirubin bisa masuk ke otak dan menyebabkan kerusakan permanen. Kondisi tersebut dinamakan kernicterus, selain itu beberapa komplikasi bisa terjadi meliputi :

  • Cerebral Pasly
  • Gangguan pendengaran
  • Masalah penglihatan
  • Kejang
  • Ganggungan perkembangan

Tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mata kuning pada bayi yang baru lahir. Yang pasti Moms bisa membantu dengan selalu menjaga bayi dalam kandungan agar terus ternutrisi baik dan ketika ia lahir pastikan bayi disusui dengan baik. Apabila terjadi kondisi penyakit kuning ini, segera konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat ya Moms.