Gatal termasuk gejala dermatologis yang umum dan bisa dialami oleh siapapun, termasuk juga bayi-bayi. Penyebab gatal pada bayi pun juga sangat beragam dan untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda bisa lakukan pemeriksaan kulit secara menyeluruh.

Kondisi gatal ini pastinya membuat bayi ingin selalu menggaruk. Sehingga beresiko rusak nya kulit bayi dan bahkan meningkatkan timbulnya resiko infeksi sekunder. Oleh karena itu segeralah periksakan bayi ke dokter atau konsumsi obat gatal.

Penyebab Gatal Pada Bayi

Kulit bayi yang sangat sensitif menyebabkan timbulnya rasa gatal. Adapun Anda juga bisa ketahui penyebab gatal pada bayi secara rinci pada penjelasan berikut ini.

  1. Kulit Kering

Jika kulit bayi kurang lembab maka akan lebih mudah merasa gatal dan resikonya juga akan lebih meningkat pada bayi yang memiliki sedikit kelenjar minyak. Kulit kering ini bisa jadi disebabkan karena cuaca terlalu dingin atau adanya penggunaan produk bayi lainnya.

  1. Biang Keringat

Biang keringat pastinya sudah dialami oleh sebagian besar bayi-bayi. Hal ini bisa terjadi karena pori-porinya yang lebih kecil daripada orang dewasa. Ketika kulit bayi tersumbat maka keringat akan menjadi sulit keluar sehingga pori-porinya bengkak dan menimbulkan rasa gatal.

  1. Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menyebabkan bentol-bentol dan akhirnya menimbulkan rasa gatal. Misalkan saja ketika bayi digigit oleh semut dan nyamuk. Jika reaksi gatal yang ditimbulkan lebih parah, Anda harus waspada dan segeralah bawa ke dokter. Apalagi jika sampai muncul gejala lain seperti bengkak di area bekas gigitan, ruam,  sulit bernafas, muntah, dan demam.

  1. Alergi

Bayi yang alergi jika sudah terpapar allergen maka menimbulkan rasa gatal pada kulitnya. Alergi bisa disebabkan oleh bulu binatang, makanan, serbuk tanaman, atau lainnya. sehingga cara terbaiknya yaitu dengan menjauhkan bayi dari semua hal yang menyebabkan munculnya reaksi alergi pada bayi.

  1. Infeksi

Kulit bayi yang sudah terinfeksi akan dimulai dengan timbulnya gejala gatal. Infeksi ini bisa saja disebabkan oleh bakteri yang tertular dari orang lain dan lingkungan yang tidak bersih. Infeksi pada bayi ini biasanya akan menyebabkan munculnya bercak kemerahan yang sangat gatal dan kadang terjadi bisa membengkak.

Cara Mencegah Rasa Gatal Pada Bayi

Agar penyebab gatal pada bayi dapat dihindari, maka sebaiknya Anda harus tahu cara pencegahannya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya rasa gatal pada bayi.

  1. Pilih Pakaian yang Tepat

Bayi yang terlalu sering mengenakan pakaian ketat bisa menyebabkan kulitnya lama kelamaan menjadi iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah pakaian yang lembut, menyerap keringat, dan tidak kasar sehingga bayi merasa akan lebih nyaman.

penyebab gatal pada bayi

Kemudian Anda juga harus hindari pemakaian bahan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis seperti polyester atau nylon sebab bisa memerangkap panas. Sehingga membuat bayi akan lebih sering berkeringat, akibatnya timbullah rasa gatal.

  1. Cuci Dulu Pakaian yang Baru Dibeli

Ketika Anda baru membelikan pakaian untuk bayi, sebaiknya cuci bersih dulu sebelum dikenakan pada bayi. Agar adanya bahan kimia tambahan yang menempel pada pakaian bisa segera dihilangkan.

Kemudian juga jangan gunakan deterjen yang sembarangan untuk pakaian bayi. Gunakanlah deterjen khusus yang lebih lembut, sebab sisa deterjen yang keras bisa berdampak pada bayi.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Anda bisa memandikan bayi menggunakan air yang hangat kuku. Jangan gunakan air panas karena bisa membuat kulitnya menjadi kering dan semakin gatal. Cukup mandikan bayi dengan air hangat ini dua kali sehari. Karena jika terlalu sering mandi justru akan membuat kulit kering.

  1. Keringkan Tubuh Bayi dengan Sempurna

Setelah Bayi dimandikan, maka pastikanlah Anda harus mengeringkan tubuhnya dengan sempurna. Lalu hindari juga menggosok kulit bayi terlalu keras dan gunakanlah handuk yang memberikan kelembutan agar rasa gatal dan iritasi dapat dicegah.

  1. Menjaga Bayi Agar Tidak Berkeringat

Bayi yang sedang berada di proses pertumbuhan dan perkembangan pastinya akan bergerak dengan sangat aktif. Sehingga membuatnya mudah berkeringat. Jika sudah berkeringat, sebaiknya cepat-cepat Anda bersihkan dengan kain lap yang lembut. Sebab keringat juga bisa menimbulkan masalah gatal pada bayi.

  1. Berikan Lotion Sebelum Memulai Aktivitas Luar

Sebaiknya sebelum bayi dibawa untuk beraktivitas di luar rumah, berikan dulu lotion atau krim nyamuk yang aman dan lembut untuk bayi Anda. Hal ini bertujuan agar bisa mencegah bayi dari gigitan serangga sehingga bayi tidak akan merasakan gatal setelah beraktivitas.

Itulah penyebab gatal pada bayi dan dilengkapi dengan cara mengatasinya. Sebaiknya Anda harus lebih siap siaga dengan rasa gatal yang muncul pada bayi, karena pasti akan membuatnya merasa tidak nyaman dan akan selalu rewel terus.