Moms pasti merasa cemas saat melihat bintik merah pada kulit bayi. Bintik merah pada kulit si kecil belum tentu pertanda masalah besar, namun Moms harus tetap memberikan penanganan sejak dini.

Bayi yang memiliki kulit sensitif cenderung rentan mengalami iritasi kulit. Munculnya bintik merah pada kulit bayi merupakan proses adaptasi bayi terhadap suhu sekitar, reaksi alergi, hingga infeksi virus.

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

1. Biang Keringat

Biang keringat terjadi akibat paparan cuaca panas, kondisi kamar yang pengap, atau baju yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat. Bintik merah biang keringat dapat muncul di kepala, leher, bahu, lengan, lipatan siku, atau lipatan paha.

Solusi untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan memindahkan si kecil ke ruangan yang lebih sejuk dan mandikan dengan air dingin. Selanjutnya, pakaikan bayi dengan baju yang tipis dan tidak berlapis-lapis agar bayi merasa nyaman.

2. Ruam Popok

Bercak merah terjadi ketika kulit bayi terus-terusan lembab akibat tertutupi oleh bahan popok yang basah oleh feses dan urine. Begitupun ketika popok yang kotor jarang diganti, kulit akan semakin lembab dan mengalami iritasi.

Kulit yang mengalami iritasi membuat bakteri atau jamur masuk dan menimbulkan ruam popok menjadi lebih buruk. Cara mengatasi ruam popok yang tepat, yakni Moms harus mengganti popok Si Kecil secara rutin dan mengoleskan krim atau salep khusus sebelum memakai popok.

3. Folikulitis

Bintik merah yang muncul di tempat rambut tumbuh terjadi akibat iritasi atau infeksi dari bakteri di folikel rambut. Kondisi tersebut dinamakan folikulitis yang juga dapat terjadi karena memakai pakaian yang ketat.

Sehingga, menimbulkan bintik merah, bentol, benjolan berupa cairan, dan gatal. Moms bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan sederhana seperti mengolesi bayi dengan minyak telon dan memakai produk aman lainnya.

4. Cuaca Ekstrem

Kondisi baru bagi bayi dapat menyebabkan kulitnya menjadi terasa gatal, kering, merah, dan pecah-pecah. Khusus bayi dengan kulit sensitif cenderung lebih mudah memicu kemunculan bintik merah di area lipatan kulit.

Mulai dari belakang lutut, lipatan siku, lipatan leher, serta daerah sekitar mata dan telinga. Moms dapat mengatasinya dengan cara menjauhkan Si Kecil dari suhu ekstrem atau apa pun yang dapat menyebabkan gangguan pada kulit dan oleskan salep atau krim pada kulit bayi.

5. Biduran

Biduran merupakan gejala bintik merah pada kulit bayi yang muncul di kulit akibat dari reaksi alergi terhadap benda atau zat tertentu. Kondisi ini tidaklah menular dan akan menghilang setelah beberapa hari. Apabila biduran tidak sembuh dalam beberapa hari, segera periksakan Si Kecil ke dokter.

Cara Menangani Bintik Merah Pada Kulit Bayi

bintik merah pada kulit bayi

1. Menjaga Kebersihan Kulit Bayi

Kulit bayi memang sensitif sehingga Moms harus ekstra dalam menjaga kebersihan Si Kecil. Contohnya memandikannya dengan benar dan mengeringkan tubuhnya dengan handuk lembut sebelum memakai baju.

Moms dapat memandikan bayi sebanyak dua kali sehari saja, sebab jika terlalu sering akan membuat kulitnya kering. Penggunaan popok juga harus diperhatikan. Ganti popok bila sudah kotor, kemudian bersihkan area tersebut dengan tisu bebas pewangi dan alkohol sebelum memakai popok baru.

2. Hindari Penggunaan Pakaian Panas dan Ketat

Moms harus menyesuaikan pakaian bayi dengan suhu udara di sekitarnya. Jangan gunakan pakaian tebal atau penutup tubuh saat kondisi panas. Begitu pun sebaliknya. Hindari juga menggunakan pakaian ketat pada bayi, sebab kulitnya mudah teriritasi bila ada gesekan dan tekanan berlebihan.

3. Hindari Produk Pemicu Iritasi

Ketika kulit bayi bermasalah akibat pemakaian salah satu produk, sebaiknya hentikan pemakaian segera. Produk tertentu biasanya akan menimbulkan rasa perih di kulit atau meningkatkan risiko penyumbatan di pori-pori.

Solusinya terbaiknya adalah Moms harus segera mengganti produk tersebut dengan produk yang lebih lembut di kulit.

Kapan Moms Harus Meminta Bantuan Dokter?

Bintik merah pada kulit bayi memang tidak berbahaya dan dapat hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, adanya bintik merah tersebut bisa mengindikasikan terjadinya infeksi atau kondisi kesehatan yang lebih serius.

Segera temui dokter jika bintik merah tak kunjung hilang atau semakin parah. Berikut tanda dan gejala yang wajib Moms perhatikan dan harus segera menghubungi dokter bila menemukannya pada kulit bayi:

  • Muncul garis-garis merah pada bintik merah.
  • Bintik merah tidak memudar saat ditekan.
  • Ruam kemerahan tidak kunjung membaik.
  • Timbul pembengkakan kulit dan hangat ketika disentuh.
  • Demam atau gejala yang menyerupai flu

Sudah Siap untuk Mengatasi Bintik Merah Pada Kulit Bayi?

Bintik merah pada bayi memang sering terjadi dengan berbagai penyebab. Sebaiknya Moms tetap melakukan pencegahan dan segera menemui dokter apabila gejalanya tidak kunjung menghilang atau disertai gejala-gejala lainnya pada bayi.