Bayi prematur merupakan salah satu istilah dimana bayi lahir lebih awal dari waktunya. Hal ini tentu saja dapat terjadi pada sebagian kehamilan. Dimana bayi tersebut biasanya akan lahir sebelum masa kehamilan menginjak usia 37 bulan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab bayi prematur. Untuk anda yang penasaran, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Bisa Menyebabkan Bayi Lahir Secara Prematur

kehamilan

1. Faktor Usia

Usia seseorang tentunya dapat menjadi salah satu penyebab bayi lahir secara prematur. Jika anda melahirkan pada usia yang masih dini atau masih remaja, maka hal tersebut dapat menyebabkan kemungkinan melahirkan bayi prematur. Selain itu, usia lebih dari 35 tahun pun juga mempunyai resiko untuk melahirkan bayi yang prematur. Ditambah lagi ketika anda melahirkan diatas usia 40 tahun, maka hal tersebut akan memiliki resiko yang kian meningkat.

bayi lahir

2. Memiliki Riwayat Bayi Prematur di Dalam Keluarga

Selain itu, penyebab bayi prematur juga bisa dikarenakan adanya gen dan juga riwayat keluarga. Hal ini tentu saja akan memiliki pengaruh di dalam kelahiran prematur nantinya. Untuk itu, jika terdapat anggota keluarga yang dulunya pernah lahir secara prematur maka tak menutup kemungkinan hal tersebut nantinya akan bisa memberikan pengaruh pada persalinan anda.

rahim abnormal

3. Rahim Abnormal dan Serviks

Serviks yang mengalami pembukaan sebelum waktu persalinan tiba, juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi lahir secara prematur. Hal ini dikarenakan dapat memicu dan menjadi penyebab kontraksi dimulai dengan lebih awal. Untuk itu, kondisi tersebut akan bisa menyebabkan bayi lahir dengan kondisi prematur.

tekanan darah tinggi penyebab bayi prematur

4. Mengalami Kondisi Preeklampsia

Kondisi satu ini merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga merupakan kondisi dimana adanya protein yang ada di dalam urine selama masa kehamilan. Jika anda tidak mengobati penyakit ini dengan tepat maka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi lahir prematur. Untuk itu, menjaga kondisi badan dengan baik selama waktu kehamilan adalah hal yang sangat penting.

Preeklampsia

5. Pernah Mengalami Proses Aborsi

Ketika anda pernah mengalami aborsi di masa kehamilan sebelumnya, maka nantinya anda pun juga akan memiliki resiko untuk melahirkan bayi secara prematur. Hal ini tentu saja akan menjadi resiko yang perlu untuk anda ketahui. Ditambah lagi, ketika anda hamil lagi dalam waktu enam bulan setelah masa aborsi, maka hal tersebut akan membuat resiko untuk melahirkan bayi secara prematur semakin meningkat.

rokok penyebab bayi prematur

6. Dengan Menghindari Untuk Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Jika anda memiliki kebiasaan untuk merokok dan juga mengonsumsi minuman beralkohol, maka kedua hal tersebut juga akan meningkatkan resiko dan penyebab bayi lahir prematur. Hal ini pun juga bisa terjadi tidak hanya ketika anda merupakan perokok aktif, melainkan juga perokok pasif. Dengan memiliki dua kebiasaan tersebut, ternyata juga memiliki masalah komplikasi lainnya bagi kehamilan anda. Sebut saja seperti masalah pada plasenta dan juga hingga kematian pada bayi yang sedang anda kandung.

Untuk itu, ketika anda sedang hamil maka anda pun perlu untuk secara rutin memeriksakan kandungan anda. Terutama ketika anda memiliki resiko melahirkan secara prematur. Sehingga, anda pun bisa mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan mengenai al tersebut. Kemudian, nantinya dokter pun akan bisa memantan kondisi kesehatan anda dan juga janin yang berada di dalam kandungan. Selain itu, anda juga perlu untuk menjaga kesehatan anda selama proses kehamilan.