Ikatan atau hubungan antara ibu dan bayi sudah terjalin sejak anak masih berada di dalam kandungan. Ikatan itulah yang kemudian membangun perasaan saling menyayangi. Menurut para ahli, jalinan hubungan antara ibu dan bayi dapat mengembangkan kepercayaan diri anak di masa depan. Lantas bagaimana cara memperkuat ikatan antara ibu dan bayi? Yuk simak selengkapnya!

Cara Mempererat Ikatan Ibu Dan Bayi

baca juga : 5 Tips Mencegah Penyakit Anak di Musim Hujan

1. Meluangkan Waktu Agar Bisa Bersama

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mempererat hubungan dengan naka adalah meluangkan waktu agar dapat bersama. Semakin sering anda menggendong atau berbicara dengan mereka, maka ikatan batin juga akan semakin kuat. Jalinan tersebut akan terbangun tanpa anda sadari. Rasa menyayangi dan peduli menjadi sebuah pondasi yang penting antara orang tua dan anak. 

2. Teknik Skin To Skin

Teknik skin to skin adalah teknik yang banyak digunakan karena manfaatnya yang sangat besar. Bagi anda yang belum tahu, teknik skin to skin merupakan teknik dimana anda melakukan kontak fisik secara langsung dengan si bayi. Langkah tersebut diambil agar anak dapat mengenali aroma dan mendengar detak jantung ibunya. 

Cara memperkuat ikatan antara ibu dan bayi ini juga dapat dilakukan antara ayah dan bayi. Caranya sama, yaitu dengan menempelkan atau menggendong bayi di bagian dada. Perlu anda ketahui bahwa hubungan antara ibu dan anak sama pentingnya seperti hubungan antara ayah dengan anaknya. Selain dapat menjadi kedekatan, teknik ini juga dapat merangsang panca indra sang bayi.

3. Menjalin Komunikasi

Komunikasi adalah jalan bagi siapa saja yang ingin membangun kedekatan. Cara tersebut juga bisa anda gunakan untuk mempererat ikatan dengan si kecil. Bayi yang baru lahir tetap bisa mendengar meskipun mungkin tidak memahami apa yang anda ucapkan. Namun setidaknya, mereka tahu bagaimana suara orang yang dekat dengannya serta mengenalnya dengan baik. 

Seiring dengan bertambahnya usia, maka sang bayi dapat memahami apa yang dikatakan oleh orang di sekitarnya. Oleh karena itu, biasakan untuk bertutur kata yang baik di sekitar anak kecil. Hal ini dilakukan karena otak bayi sedang dalam posisi yang aktif merekam segala informasi. Tidak heran jika cara memperkuat ikatan antara ibu dan bayi perlu anda lakukan sejak dini. 

Penting-Yuk-Intip-5-Cara-Memperkuat-Ikatan-Antara-Ibu-dan-Bayi

4. Menyusui Secara Rutin

Menyusui adalah teknik yang dapat mempererat hubungan anda dengan anak. Ajak mereka berbicara dan tatap matanya dengan kasih sayang. Mereka akan memahami apa yang anda lakukan dan akhirnya mengenali anda sebagai orang yang paling dekat dengannya. Gendong bayi dengan hati hati dan usap bagian kepala serta letakkan di bagian payudara. 

Kebanyakan ibu memanfaatkan momen menyusui untuk dapat lebih intim dengan sang anak. Anda bisa melakukan hal tersebut kapanpun dan dimanapun. Teknik menyusui secara langsung juga sejatinya masuk dalam jajaran teknik skin to skin dimana nak dapat mendengar detak jantung ibu dan mengenali aromanya. Tidak heran jika cara tersebut sangat ampuh untuk tingkatkan kedekatan batin. 

5. Memijat Anak Dengan Nyaman

Teknik memijat tubuh bayi tentu berbeda dengan teknik yang biasa dipakai untuk orang dewasa. Anda perlu melakukannya dengan hati hati agar tidak sampai menyakiti tubuhnya yang masih kecil. Usahakan untuk memijat bayi menggunakan tangan sendiri, daripada menggunakan tangan terapis meskipun cara memperkuat ikatan antara ibu dan bayi ini perlu bimbingan. 

Sentuhan yang hangat dan lembut dapat membantu perkembangan ikatan batin antara ibu dan anak. Usapan ini akan diingat iekh tubuh mereka sehingga anak dapat mengenali anda dengan lebih baik. Ketika jalinan antara anda dan bayi sudah sangat erat, maka mereka bisa menjadi sosok yang lebih tenang dan penurut ketika dewasa.