Obat Sakit Gigi Anak – Sakit gigi yang dialami Bunda atau orang dewasa lainnya saja cukup mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika anak yang merasakan sakit gigi. Sudah pasti akan membuat anak menjadi rewel.

Pada umumnya, sakit gigi pada anak itu bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah karena pembusukan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang, gigi tumbuh, atau makanan yang terperangkap di antara gigi. Sama halnya dengan mimisan pada anak, sakit gigi adalah hal yang wajar terjadi pada anak namun mesti diwaspadai. 

Maka dari itu, biasanya Bunda sebagai orang tua akan mencari tahu apa saja obat sakit gigi anak yang bisa digunakan meredakan gejala. Selain harus memperhatikan kandungan dan keefektifan dari obat itu sendiri, Bunda juga harus memperhatikan sisi keamanan dalam memilih obat. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum beberapa rekomendasi obat sakit gigi anak. Jangan asal pilih, ya!

Paracetamol

Paracetamol atau Acetaminophen merupakan salah satu obat sakit gigi anak yang populer dan biasa digunakan. Selain digunakan untuk meredakan sagit gigi pada anak, paracetamol ini juga sekaligus dapat meredakan sakit kepala, demam, dan meriang yang biasanya juga terjadi saat sakit gigi. 

Obat ini sudah bisa diberikan pada anak mulai usia 2 bulan ke atas yang lahir setelah berumur 37 minggu, dan jika berat badannya sekarang lebih dari 4 kg. Paracetamol sendiri sangat mudah didapatkan. Bunda bisa mencari di apotek terdekat tanpa harus membawa resep dokter. 

Ibuprofen

Rekomendasi obat sakit gigi buat anak selanjutnya adalah ibuprofen. Di mana obat ini termasuk golongan antinyeri NSAID yang bekerja mencegah produksi zat penyebab peradangan dalam tubuh. Bunda bisa berikan ibuprofen pada anak untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, dan gusi anak yang bengkak. 

Namun, Bunda harus tahu bahwa dosis ibuprofen itu lebih kuat dari pada paracetamol. Obat ini baru boleh diberikan kepada anak ketika usia mereka 3 bulan dengan berat badan 5 kg atau lebih, ya! Lalu, lebih baik Bunda hindari penggunaan obat ini jika anak memiliki asma, masalah ginjal dan hati, atau gangguan pembekuan darah. 

Kumur dengan air hangat

Selain dengan obat-obat yang bisa Bunda beli di apotek, ternyata ada obat sakit gigi anak yang alami. Caranya adalah biarkan anak berkumur dengan air hangat. Metode ini merupakan salah satu cara untuk mengobati sakit gigi anak alami ampuh yang telah dilakukan sejak dulu. 

Bunda bisa membantu anak untuk berkumur secara perlahan, tolong diperhatikan ya! Jangan sampai airnya tertelan!

Kompres dingin di pipi bagian gigi yang sakit

Selain berkumur dengan air hangat, ada lagi cara untuk mengobati sakit gigi anak. Caranya adalah dengan mengompres air dingin di pipi di bagian gigi yang sakit. Dengan mengompres air dingin ini, Bunda bisa membantu meredakan rasa nyeri pada pipi anak yang bengkak akibat sakit gigi. 

Kantung teh peppermint

Obat sakit gigi anak yang berikutnya adalah katung teh peppermint. Ternyata kantung teh peppermint ini bisa menjadi  obat sakit gigi anak berlubang, mengatasi rasa sakit dan menenangkan area gusi yang sensitif. Caranya, seduh teh peppermint, lalu ambil kantung tehnya, tunggu sampai kantung teh peppermint tidak panas lagi. Setelah itu Bunda bisa letakkan kantung teh peppermint tadi ke bagian gigi yang sakit. 

Daun jambu

Perlu Bunda ketahui bahwa selain buahnya, ternyata daun jambu juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah studi membuktikan bahwa daun jambu itu mengandung senyawa antimikroba yang bisa membantu menyehatkan mulut.

Nah, untuk meredakan sakit gigi anak, Bunda bisa meminta mereka untuk mengunyah daun jambu. Jika anak tidak suka rasa daun jambunya, Bunda bisa memotong kecil-kecil daun jambu lalu merebusnya dengan air hangat. Setelah itu, mintalah anak untuk berkumur dengan air daun jambu itu.

Namun, apabila anak sudah mengonsumsi obat paracetamol, ibuprofen atau obat alami lainnya tetapi sakit giginya juga belum reda atau malah memburuk, maka ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter, ya! Kareana konsultasi diperlukan untuk mencari tahu sumber masalahnya.