Bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan, tentunya akan banyak sekali membaca hal yang berkaitan dengan kehamilan, termasuk mitos kehamilan. Untuk itu, ada banyak sekali informasi yang berisi tentang kehamilan. Anda pun perlu bijak untuk memilah jenis informasi apa yang benar menurut kesehatan dan juga hanya sekedar mitos belaka. Berikut ini akan diulas beberapa mitos yang berkaitan tentang kesehatan yang bisa untuk anda simak.

Mitos Tentang Kehamilan Yang Perlu Anda Tahu

kucing hitam

1. Harus Menjauhi Kucing

Kucing dikenal membawa penyakit langka yakni toksoplasmosis. Penyakit satu ini dipercaya sebagai salah satu penyakit yang bisa untuk menyebabkan anak lahir dalam keadaan cacat. Namun, hal ini bukan berarti bahwa anda harus menjauhi hewan kucing tersebut ketika anda sedang hamil. Pasalnya, anda pun diperbolehkan untuk tetap memelihara kucing dan berada di dekatnya.

Akan tetapi, ada hal yang perlu untuk anda perhatikan tentang mitos kehamilan ini. Dimana anda sebaiknya menghindari untuk membersihkan kotoran kucing. Namun, ketika anda tidak memiliki orang lain lagi yang bisa untuk anda minta pertolongan, maka anda pun juga bisa untuk membersihkannya sendiri. Asalkan anda mengenakan sarung tangan sekali pakai dan anda pun bisa segera mencuci tangan setelah membersihkan kotoran kucing tersebut.

olah raga

2. Jangan Mengangkat Lengan di Atas Kepala

Mitos satu ini pun juga dipercaya oleh sebagain orang dan tidak boleh anda lakukan ketika sedang hamil. Pasalnya, ketika anda mengangkat tangan maka hal tersebut akan bisa menyebabkan tali pusar yang membungkus leher bayi anda menjadi melilit dan tercekik. Namun, hal tersebut merupakan sebuah mitos. Hal ini dikarenakan ketika bayi lahir dengan tali pusar yang melilit leher maka dokter kandungan pun biasanya akan segera melepasnya.

Mitos seputar kehamilan

3. Morning Sickness Hanya Bisa Terjadi di Pagi Hari

Mitos kehamilan selanjutnya yang berkembang di masyarakat mengatakan bahwa morning sickness biasanya akan bisa terjadi di pagi hari. Perlu anda ketahui, bahwa morning sickness merupakan salah satu tanda kehamilan yang berupa mual. Meskipun memiliki nama morning sickness, namun nyatanya mual ini tak hanya terjadi di pagi hari saja namun juga bisa berlangsung selama sepanjang hari.

lari pagi

4. Ibu Hamil Tidak Boleh Berolahraga Lari

Ketika anda sedang hamil, maka tak selalu anda tidak boleh berlari. Sebenarnya anda tetap boleh untuk melakukan olahraga berlari yang ringan asalkan di masa kehamilan tersebut anda tidak mengalami adanya komplikasi. Untuk itu, bagi anda yang memiliki komplikasi seperti memiliki tekanan darah yang tinggi ataupun tidak pernah lari sebelumnya maka anda pun sebaiknya menghindari olahraga satu ini.

mitos tentang kehamilan

5. Tidak Boleh Tengkurap

Ada pula mitos seputar kehamilan lain yang biasa anda temui di masyarakat. Salah satunya adalah berbaring secara tengkurap. Menurut mitos, jika anda berbaring secara tengkurap maka akan membahayakan janin. Namun, sebenarnya janin sangat tersembunyi dan terlindung di dalam rahim yang berotot. Sehingga ketika perempuan sedang hamil maka ia pun dapat berbaring selama hal tersebut bisa membuatnya tampak nyaman.

Itulah beberapa mitos yang berkaitan tentang kehamilan. Mitos mitos tersebut telah banyak beredar di masyarakat dan dipercayai oleh kalangan luas. Untuk itu, ketika anda ingin melakukan sesuatu hal yang kurang yakin selama masa kehamilan, maka alangkah lebih baik jika anda bertanya kepada dokter kandungan anda. Sehingga anda pun akan bisa untuk lebih paham dan lebih percaya akan kegiatan yang akan anda lakukan nantinya. Dengan begitu, kondisi kehamilan anda pun akan dapat berjalan dengan baik.