Sebagai seorang ibu, Moms harus memiliki cara mengatasi pilek pada bayi dengan benar. Gejala pilek dapat ditandai dengan adanya cairan bening yang keluar dari hidung. Oleh sebab itu, pilek harus segera diobati agar tidak semakin parah dan membuat kenyamanan bayi terganggu.

Pada dasarnya, bayi memiliki sistem imunitas dan kekebalan tubuh yang belum terlalu sempurna. Jadi, bayi rentan terkena penyakit tertentu. Apalagi jika kondisi cuaca yang kurang baik, maka bakteri maupun virus akan dengan mudah berkembang dan bisa menyerang bayi.

Penyebab Bayi Terserang Pilek

Sebelum mengetahui cara mengatasi pilek pada bayi yang benar, Moms harus tahu terlebih dahulu penyebab dari pilek tersebut. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pilek pada bayi, seperti infeksi, iritasi, alergi, debu, cuaca dingin, dan lain sebagainya.

Jika dibiarkan, maka pilek akan semakin parah dan membuat kondisi bayi menjadi drop. Walaupun pada umumnya, pilek bisa hilang sendiri saat bayi sudah menghindari penyebab pilek itu sendiri.

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

mengatasi pilek pada bayi

Terkadang, pemberian obat tidak bisa menyembuhkan pilek secara sempurna. Namun, obat dapat memberikan peredaan terhadap gejalanya dan pelan-pelan pilek pun hilang.

Ada beberapa perawatan yang bisa Moms berikan kepada bayi untuk membuat gejala pilek perlahan hilang. Berikut cara mengatasi pilek pada bayi yang bisa Moms lakukan di rumah:

1. Bersihkan Lubang Hidung

Ada kemungkinan terdapat ingus yang mengeras di dalam hidung bayi, karena jarang dibersihkan. Oleh sebab itu, orang tua wajib untuk membersihkan hidung bayi dengan rutin. Baik saat sedang pilek maupun sehat.

Aktivitas pembersihan hidung bayi secara rutin dapat mencegah terjadinya penyumbatan hidung. Caranya sangatlah mudah, cukup menggunakan cotton bud berbahan lembut saja untuk membersihkannya.

Jangan lupa untuk membasahi cotton bud dengan menggunakan air hangat, agar Moms bisa dengan mudah mengambil kotoran di dalam hidung bayi. Tips lainnya agar lebih mudah membersihkan lubang hidung bayi, Moms bisa melakukannya ketika bayi Moms sedang tidur.

2. Menggunakan Alat Khusus Sedot Ingus

Apabila pilek pada bayi sangat parah dan mengganggu kenyamanan bayi, Moms bisa mengencerkannya dengan menggunakan air garam. Teteskan air garam tersebut ke lubang hidung bayi, lalu gunakan penyedot ingus untuk membersihkannya.

Jika tidak memiliki alat penyedot, Moms juga bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi air hangat. Cara mengatasi pilek pada bayi yang satu ini bisa membersihkan cairan yang mengeras dalam hidung bayi.

Setelah itu, pastikan untuk memandikan bayi dengan menggunakan air hangat untuk melebarkan saluran pernapasannya dan bayi dapat bernapas dengan mudah.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Bayi

Menurut beberapa sumber, kebutuhan cairan sangatlah penting untuk bayi. Oleh karena itu, Moms harus memastikan kebutuhan cairan bayi selalu terpenuhi. Supaya jaringan nasal yang ada di hidung bayi selalu terjaga kelembabannya.

Jika bayi sudah bisa minum air, maka berikan air putih dan hindari minuman yang manis. Sedangkan untuk bayi yang masih minum ASI, Moms bisa menyusuinya dengan teratur.

Pentingnya kebutuhan cairan pada bayi, otomatis membuat Moms harus selalu siap, apalagi jika bayi sedang dilanda sakit. Penuhi kebutuhan cairan secara rutin, sehingga bayi akan cepat pulih.

Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. ASI memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh bayi. Sehingga, tubuh bayi pun akan menjadi lebih kuat dan dapat dengan mudah melawan kuman penyebab pilek.

4. Tidak Boleh Memberikan Obat Sembarangan

Ketika kondisi pilek pada bayi semakin parah dan belum membaik, atau bahkan muncul gejala lain. Maka Moms harus memberikan pengobatan sesuai gejala yang bayi alami.

Pada dasarnya, obat pilek di pasaran kurang direkomendasikan untuk umur di bawah 6 tahun. Karena ada kemungkinan efek sampingnya cukup berbahaya. Selain itu, hindarilah pemberian obat pereda berupa aspirin, karena bisa memicu munculnya keluhan lainnya.

Agar keamanannya jelas, sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Pastikan Moms memahami betul hal-hal apa saja yang dokter katakan. Kemudian, berikan bayi obat dari resep dokter sebagai cara mengatasi pilek pada bayi paling ampuh.

Jika perlu, Moms juga bisa melakukan vaksin kepada bayi. Karena vaksin dapat menjadi alat pencegah penyakit dan membuat gejala pilek menjadi lebih ringan.

5. Pastikan Bayi Istirahat dengan Cukup

Salah satu cara yang paling akurat dan efektif untuk mengatasi pilek pada bayi adalah tidur. Karena tidur bisa meningkatkan imunitas tubuh bayi secara maksimal saat melawan gejala pilek. Oleh sebab itu, moms harus memastikan bahwa bayi beristirahat dengan cukup.

Segera Lakukan Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Secara umum, pilek dapat hilang hanya dalam waktu kurang dari satu minggu. Namun, jika cara mengatasi pilek pada bayi di atas kurang membantu menyembuhkan pilek, maka moms harus langsung membawa si bayi ke dokter.