Ketika masa kehamilan, pasti Moms akan merasakan banyak perubahan pada tubuh maupun mood. Salah satu yang sering terjadi adalah kaki kram saat hamil. Hal ini menjadi momok mengerikan bagi banyak calon ibu baru.

Bagaimana tidak, kondisi kaki kram saat masa kehamilan akan sangat sering dialami. Kondisi ini sering terjadi pada malam hari, apalagi jika usia kandungan sudah cukup tua. Namun, Moms tidak perlu khawatir, beberapa cara di bawah ini bisa Moms lakukan saat kram kaki muncul.

Cara Ampuh Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

Kaki kram saat hamil merupakan sebuah kondisi yang sangat sering terjadi. Kondisi ini bisa terjadi ketika Moms kelelahan karena terlalu banyak kegiatan. Jika ingin meredakan kondisi kram pada kaki saat masa kehamilan, Moms bisa menggunakan cara-cara berikut:

1. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Pada saat ibu hamil berdiri terlalu lama, tumpuan kaki akan dua kali lebih berat dari sebelumnya. Kenapa bisa begitu? Pastinya karena berat badan Moms bertambah saat masa kehamilan. Jadi, cara pertama yang bisa Moms lakukan adalah dengan menghindari berdiri terlalu lama.

Berdiri terlalu lama bagi ibu hamil cukup riskan untuk dilakukan. Tumpukan beban dalam akumulasi waktu yang lama akan membuat peredaran darah tidak lancar. Maka dari itu, ibu hamil akan sering mengalami kram jika terlalu lama berdiri.

2. Kompres dengan Air Hangat

Ketika Moms mengalami kaki kram saat hamil, salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah mengompres bagian kaki yang kram. Hal ini akan memberikan rangsangan instan pada bagian kaki yang kram, dengan begitu kram akan mereda serta aliran darah akan kembali normal.

Cara ini juga merupakan cara turun temurun yang sudah terbukti dari berbagai penelitian. Supaya mempermudah proses kompres pada kaki, Moms bisa menaruh air hangat pada botol kaca dan kompres bagian kaki, terutama pada bagian betis.

3. Massage Kaki yang Kram

Cara mengatasi kaki kram saat hamil berikutnya adalah dengan melakukan massage ringan pada kaki yang kram. Gerakan paling mudah adalah memijat bagian telapak kaki dan sendi belakang pada pergelangan kaki. Cara ini akan merangsang peredaran darah kembali normal.

Lakukan massage pada bagian betis untuk memberi efek ringan dan relaksasi pada otot. Gunakan balsem maupun minyak urut yang memberi efek hangat untuk memaksimalkan penyembuhan.

4. Lakukan Peregangan Sebelum Tidur dan Setelah Beraktivitas

Setelah melakukan aktivitas, Moms bisa melakukan peregangan ringan untuk membuat otot kembali rileks. Lakukan peregangan sebelum tidur dan sesudah beraktivitas. Selain membuat otot kembali rileks, peregangan juga membantu jantung memompa oksigen lebih baik lagi.

Lakukan peregangan pada bagian kaki, pergelangan, betis dan juga lutut. Moms bisa melakukan repetisi peregangan secukupnya, namun jangan terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan kelelahan dan masalah baru pada kondisi ibu hamil.

5. Ganjal Kaki dengan Bantal saat Tidur

kaki kram saat hamil

Kaki kram saat hamil paling sering terjadi ketika malam hari. Menurut para ahli, saat tidur, tubuh akan melakukan pemulihan diri. Sebagai tumpuan badan, kaki memiliki beban paling besar.  

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk meletakkan kaki lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan membuat sirkulasi darah dari kaki kembali ke jantung lebih lancar dari biasanya. Pastikan memposisikan kaki dan bantal dengan posisi yang paling nyaman.

6. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi, Serat dan Mineral 

Selain menunjang tumbuh kembang janin, mencukupi kebutuhan nutrisi, serat dan mineral juga dapat melindungi kondisi ibu hamil. Menurut para ahli, saat masa kehamilan, kebutuhan asupan nutrisi pada tubuh dua kali lebih besar.

Hal ini terjadi karena nutrisi, serat, dan mineral yang Moms konsumsi tidak semua diserap oleh tubuh. Sebagian besar asupan makanan akan terbagi, untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan tumbuh kembang janin.

7. Ikut Senam atau Yoga Hamil

Berolahraga juga menjadi aktivitas rutin yang wajib Moms lakukan, namun ada aturan khusus untuk menjaga kondisi tubuh dan janin tetap terjaga. Porsi dari olah raga ibu hamil sangat berbeda, maka mengikuti senam dan yoga hamil adalah solusi terbaik untuk tubuh.

Kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil tetap bugar, serta fokus pada latihan pernafasan. Selain itu, melakukan senam dan yoga hamil dapat membantu tubuh Moms terlatih untuk proses kelahiran. Jika kondisi tubuh bugar, maka gangguan kram pada kaki akan berkurang.

Baca Juga: Manfaat Yoga Hamil dan Gerakannya yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sudah Tahu Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil?

Nah, itu dia beberapa cara mudah mengatasi kaki kram saat hamil. Kini, saat Moms merasa kram kaki, jangan panik dan gunakan cara pada artikel ini. Perlu moms ingat juga, kondisi mental dan dukungan keluarga sangat berpengaruh bagi kondisi ibu hamil dan tumbuh kembang janin!