Salah satu gejala yang sering muncul pada bayi adalah gejala batuk. Mungkin sepintas buah hati hanya tampak seperti batuk biasa saja, akan tetapi penting untuk Moms waspada dan mengetahui jenis dan cara mengatasi batuk pada bayi.

Karena buah hati yang masih berada pada rentang usia kurang dari 12 bulan masih sangat rentan akan virus dan juga bakteri. Sehingga hal yang tampak sepele bagi kita bisa memberikan dampak yang sangat besar pada kesehatan bayi.

Jenis Batuk pada Bayi

Moms, perlu menyadari bahwa adanya gejala batuk pada bayi sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melindungi saluran udara supaya tidak terhambat. Maka dari itu, batuk sebenarnya merupakan bentuk pembersihan alami pada saluran kerongkongan dari berbagai hal seperti lendir, debu, dan asap.

Namun, Moms tetap harus memperhatikan apakah sekiranya gejala batuk ini merupakan gejala normal atau sudah memasuki kategori sakit. Supaya Moms lebih mudah untuk menentukan cara yang tepat dalam mengatasi batuk pada bayi.

Berikut ini dua jenis batuk pada bayi yang perlu diwaspadai:

1. Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan batuk yang mengeluarkan dahak atau sebuah lendir yang ada di sekitar kerongkongan. Biasanya batuk berdahak pada bayi juga terjadi karena adanya virus atau bakteri di sekitar saluran pernafasan.

2. Batuk Kering

Batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Akan tetapi batuk kering ini akan lebih rawan terjadi peradangan di saluran pernapasan, karena saluran pernafasan menjadi terlalu kering.

Croup atau peradangan yang sering terjadi akibat batuk dan menyebabkan saluran nafas pada bayi membengkak hingga sesak nafas. Moms, tentu tidak ingin hal ini terjadi pada si buah hati bukan? Oleh karena itu, jika sudah melihat gejalanya, segera lakukan cara mengatasi batuk pada bayi yang tepat di rumah.

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

mengatasi batuk pada bayi

Melakukan treatment pada buah hati memang tidak semudah menerapkannya pada orang dewasa. Begitu juga dengan gejala batuk. Bayi masih sangat rentan dengan berbagai hal, maka dari itu saat sang buah hati batuk sebaiknya Moms mengobatinya secara alami.

Penggunaan obat-obatan pada bayi, apalagi obat yang bisa dibeli bebas di apotek tidak dianjurkan untuk buah hati yang masih kurang dari 12 bulan. Berikut ini berbagai cara penyembuhan dan mengatasi batuk pada bayi secara alami.

1. Meningkatkan Cairan Tubuh

Meningkatkan cairan tubuh menjadi salah satu hal utama yang sangat memberikan dampak signifikan terhadap kondisi tubuh buah hati. Salah satu upaya yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan cairan tubuh bayi adalah memberikan ASI, susu formula, dan air putih.

Karena, ASI juga dipercaya bisa meningkatkan imunitas sang buah hati. Sehingga jika buah hati sedang batuk, maka jagalah cairan di tubuhnya dengan pemberian ASI secara berkala.

2. Konsumsi Madu

Konsumsi madu juga baik untuk mengurangi peradangan dan juga mengurangi rasa sakit akibat batuk. Akan tetapi pemberian madu pada anak-anak hanya untuk bayi berusia di atas 1 tahun. Apabila buah hati masih di bawah satu tahun, maka pemberian madu akan memicu botulisme yang memiliki dampak jauh lebih berat.

3. Menaikkan Kepala Bayi

Pada anak usia minimal 1 tahun, gejala batuk juga bisa diredakan dengan cara menaikkan kepala bayi saat tidur. Moms bisa menggunakan bantal atau menggunakan selimut yang dilipat. Cara ini terbukti ampuh untuk membantu mengurangi gejala batuk-batuk pada buah hati Moms.

4. Berikan Makanan yang Meringankan Batuk

Apabila buah hati Moms sudah berusia lebih dari 6 bulan, salah satu cara mengatasi batuk pada bayi bisa dengan memberikan makanan yang bisa meringankan batuk. Misalnya, memberikan makanan berkuah dan memberikan buah-buahan yang mengandung vitamin C, sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh buah hati Moms.

5. Istirahat

Kondisi tubuh bayi yang sedang kurang fit, membutuhkan istirahat yang cukup. Oleh karena itu, Moms hendaknya menidurkan buah hati dalam waktu yang cukup. Bayi yang memiliki jumlah istirahat yang cukup akan memiliki mood yang baik dan juga kondisi badan yang sehat.

Mudah Bukan Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi?

Merawat sang buah hati gampang-gampang susah ya. Apalagi saat mereka sedang sakit atau tantrum. Moms harus lebih bersabar dan pandai-pandai dalam memahami situasi. Saat anak mengalami gejala batuk, Moms juga perlu tahu kapan sekiranya gejala ini perlu ditangani oleh dokter di Rumah Sakit.

Apabila sang buah hati hanya batuk ringan, bisa memberikan treatment dengan cara alami seperti yang telah dipaparkan di atas. Namun, jika gejala ini semakin parah hingga menyebabkan demam, mungkin Moms perlu meminta bantuan dokter ahli untuk menyembuhkan buah hati Moms.

Sekian, semoga artikel cara mengatasi batuk pada bayi ini bermanfaat bagi Moms di rumah. Selamat mencoba!