Penyebab Mata Bayi Belekan – Mata bayi belekan saat bangun tidur adalah hal yang normal, sebagaimana kita orang dewasa juga mengalami hal tersebut. Belek atau kotoran mata adalah kumpulan air mata, lendir, minyak, debu, serta kotoran yang terbentuk di sudut mata. Namun, bagaimana jika mata bayi belekan terus menerus bukan hanya saat bangun tidur?

Bahkan Ibu juga sudah berulang kali membersihkannya. Kenapa ya? Tentunya semua orang tua pasti akan merasa khawatir bila mata bayi bermasalah. Untuk itu, berikut Detikbayi.id sajikan informasi mengenai penyebab mata bayi belekan dan cara mengobati mata bayi belekan.

penyebab mata bayi belekan

Penyebab mati bayi belekan

Kelenjar air mata bayi belum memiliki kinerja yang sempurna

Kelenjar air mata bayi itu belum memiliki kinerja yang sempurna. Jadi, katup air matanya masih tertutup, sehingga terjadilah sumbatan pada saluran air mata bayi yang terhubung ke rongga hidungnya. Nah, karena tak bisa mengalir ke rongga hidung, maka timbul genangan yang berujung pada terbentuknya kotoran mata atau menyebabkan mata bayi belekan.

Mata bayi kering

Air, minyak, lendir, serta antibodi adalah komponen utama penyusun air mata. Apabila terjadi ketidakseimbangan pada salah satu komponen tersebut atau ada gangguan pada kelenjar air mata, otomatis menyebabkan produksi air mata akan terhambat. Sehingga mata bayi menjadi kering karena tidak mendapatkan cukup cairan untuk melumasi seluruh bagian matanya.

Karena hal itu, mata akan menghasilkan air mata cadangan lain, akan tetapi komponennya tidak sama seperti air mata sesungguhnya. Di mana lendir menjadi komponen yang lebih mendominasi, yang akhirnya membuat mata bayi belekan.

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah sakit mata yang ditandai dengan mata merah dan terasa gatal. Penyakit mata ini dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini biasanya akan merangsang mata bayi untuk memproduksi lebih banyak lendir dan cairan. Sehingga lama kelamaan lendir yang menumpuk itu dapat membentuk belek yang muncul di sudut-sudut mata bayi Ibu.

Cara mengobati mata bayi belekan

Bersihkan mata bayi

Jangan panik! Belekan, seperti halnya cegukan pada bayi atau bayi yang sering kentut adalah hal yang biasa. Ketika mata bayi belekan, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu membersihkan kotoran mata bayi Ibu:

  • Yang pertama, Ibu perlu menyiapkan kapas lembut dan air hangat.
  • Kemudian, cuci tangan Ibu secara menyeluruh dengan sabun dan air.
  • Basahi kapas dengan air hangat, lalu usap mata bayi secara perlahan dengan kapas lembut sampai kotoran terlepas.
  • Hindari menyentuh mata bagian dalam karena bisa merusak mata.
  • Cuci dan bersihkan kembali tangan Ibu.

Memberikan salep

Untuk menghindari infeksi pada mata bayi, Ibu bisa memberikan salep atau obat tetes mata untuk mengobati mata bayi belekan. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan eritromisin sebagai salep dan obat tetes mata yang baik untuk bayi Ibu.

Kapan harus dikonsultasikan ke dokter?

Mata bayi belekan bukanlah sesuatu yang harus selalu dikhawatirkan. Namun, Ibu perlu waspada ketika ada gejala yang timbul bersamaan dengan munculnya belek terus menerus pada bayi Ibu. Gejalanya antara lain:

  • Munculnya¬†kotoran mata berwarna kekuningan atau kehijauan.
  • Adanya nanah pada mata bayi.
  • Warna kotoran mata putih, tapi warna bagian putih mata menjadi merah atau bagian atas kelopak mata membengkak. Ini tanda-tanda kemungkinan adanya infeksi.
  • Jika bayi mengeluarkan air mata secara berlebihan.
  • Jika bayi sering menggosok mata atau tampak kesakitan.
  • Jika bayi kesulitan untuk membuka kedua matanya.
  • Jika struktur mata atau kelopak mata bayi tampak tidak teratur.