Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk Moms saat hamil adalah yoga hamil. Tidak hanya membuat tubuh fit, yoga juga dapat melenturkan otot-otot yang mengencang saat hamil. Terutama otot vagina, sehingga dapat memperlancar proses melahirkan. 

Selain itu, gerakan yoga yang cenderung mudah dan slow membuat olahraga jenis ini sangat aman Moms lakukan ketika masa kehamilan. Meskipun bisa Moms lakukan sendiri di rumah, namun alangkah baiknya lagi jika didampingi oleh profesional. Agar lebih aman dan tepat.

Manfaat Yoga Hamil

Berikut ini ada beberapa manfaat yang akan Moms rasakan ketika rutin melakukan yoga selama masa kehamilan, yaitu:

1. Mengurangi Rasa Sakit di Punggung

Ketika hamil, tentunya Moms sering merasakan sakit punggung bukan? Nah, dengan yoga bisa membantu Moms mengurangi sakit punggung tersebut. Bahkan, rasa sakit dan nyeri yang Moms sering rasakan saat hamil bisa berkurang. 

2. Pikiran Menjadi Tenang

Pada saat hamil sangat dianjurkan untuk menghindari stres, karena bisa mempengaruhi janin. Nah, dengan rutin melakukan yoga hamil bisa membantu Moms lebih tenang. Karena saat yoga Moms diajari cara menenangkan kecemasan, menjernihkan pikiran dan menenangkan diri.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil biasanya cenderung susah tidur nyenyak. Namun, saat melakukan yoga Moms akan mempelajari cara bersantai dan menenangkan diri, sehingga merasa nyaman di tempat tidur dan bisa tidur dengan cukup.

Tetapi sebelum yoga alangkah lebih baik Moms berkonsultasi pada dokter kandungan. Apakah moms boleh melakukan yoga atau tidak? 

Gerakan Yoga Hamil 

Berikut rekomendasi gerakan yoga yang bisa Moms lakukan selama masa kehamilan yang baik untuk kesehatan kandungan, yaitu:

1. Cat Cow

Gerakan yoga ini cocok untuk Moms yang sering mengeluhkan sakit punggung. Karena saat hamil tulang punggung akan menopang berat lebih besar, sehingga membuat para ibu hamil sering pegal dan nyeri punggung.

Kondisi ini terus meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Oleh sebab itu, jika Moms rutin melakukan gerakan yoga cat cow akan terjadi pelenturan otot-otot punggung.

Gerakan yang bisa Moms lakukan adalah gerakan menekuk dan merenggangkan sebanyak enam set, masing-masing depan kali. Namun tetap lakukan secara perlahan supaya tidak menyakiti kandungan Moms.

2. Warrior II 

Pose yoga selanjutnya yang bisa Moms coba, yaitu warrior II. Posisi ini aman Moms lakukan saat usia kandungan berapapun ya. 

Gerakan yoga ini sangat baik untuk memperkuat paha dan otot kaki Moms saat hamil. Langkah awal yang bisa Moms lakukan adalah merenggangkan kaki dan lebarkan tangan ke arah depan dan belakang.

Kemudian tarik kaki kiri dan tekuk kaki kanan. Hitung hingga delapan, kemudian ganti posisi kaki. Selanjutnya, Moms tarik napas dalam-dalam agar merasa lebih rileks. 

Pada usia kandungan Moms yang sudah memasuki trimester ketiga, dimana ada kemungkinan mengalami kram di bagian paha atau di vagina. Moms bisa coba sedikit melonggarkan kaki ketika melakukan gerakan yoga ini. Jadi, jangan terlalu di streching ke belakang!

3. Bridge 

Yoga hamil selanjutnya yang bisa Moms coba, yaitu bridge. Posisi ini sangat baik untuk melatih otot vagina, paha, dan lutut saat hamil di usia kehamilan berapa pun.

Moms hanya perlu tidur terlentang, kemudian tekuk kedua kaki dan tangan berada di samping badan menelungkup. Moms angkat pinggul sejauh yang Moms bisa lakukan dan hitung sampai 8. Lakukan hal ini secara berulang sampai enam set ya Moms!

Baca Juga: Senam Ibu Hamil

4. Mountain Pose (Tadasana)

Posisi yoga selanjutnya yang bisa moms coba, yaitu mountain pose. Adapun cara melakukannya, yakni Moms berdiri di atas kedua kaki, kemudian lebarkan kaki selebar pinggang.

Pastikan posisi telapak kaki Moms paralel, yaitu jempol kaki menghadap ke bagian dalam tubuh dan saling berhadapan. Akan lebih baik lagi jika Moms memberikan ruang di antara kedua kaki, sehingga Moms bisa lebih nyaman nantinya. 

Kedua lengan moms aktif di samping tubuh dengan telapak tangan aktif dan jari-jari menyatu. Cukup mudah kan?

5. Chair Pose (Utkatasana)

Pose yoga hamil chair pose juga bagus untuk kesehatan kehamilan Moms. Adapun tahapan dalam melakukannya, yakni pertama Moms berdiri tegak dan lutut Moms tekuk seolah-olah sedang duduk di atas kursi. 

Pastikan juga tidak menegangkan otot perut, namun lebih menguatkan otot panggul. Angkat dan panjangkan kedua lengan Moms di samping tubuh, telapak tangan tetap aktif ya. 

Selain itu, pastikan juga Moms tidak menahan napas, karena pernapasan itu sangat penting untuk bayi Moms. Nah, lakukan posisi ini sebanyak 3 kali. 

Moms Tertarik Melakukan Yoga Hamil?

yoga hamil

Setelah mengetahui informasi tentang yoga hamil di atas, selanjutnya Moms tinggal menerapkannya sendiri di rumah. Namun, sebaiknya Moms terus berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai yoga yang Moms akan lakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Tagged in: