Selama masa kehamilan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting dilakukan. Terdapat segudang manfaat senam bagi ibu hamil. Bukan hanya sekedar mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan gizi semata, namun bunda perlu mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin. Senam khusus wanita hamil tampaknya bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh tetap terjaga. Apa saja manfaat senam ibu hamil ? Simak penjelasannya pada ulasan berikut.

Segudang Manfaat Senam bagi Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil

1. Membantu Meningkatkan Energi

Disadari atau tidak, tubuh cenderung lebih cepat lelah dibandingkan sebelum kehamilan. Alhasil berbagai aktifitas pun terbengkalai akibat terlalu banyak merebahkan diri setelah satu pekerjaan baru selesai dilakukan. Sebenarnya kondisi cukup wajar, mengingat beban kandungan akan bertambah setiap harinya. Daripada hanya merebahkan diri tanpa melakukan aktifitas, tidak ada ruginya melakukan senam sebagai alternatifnya.

Bagi ibu yang sedang mengandung, senam bukanlah sekedar membantu tubuh agar tetap bugar sembari menunggu kelahiran si kecil tiba. Namun senam khusus bagi ibu yang sedang hamil, membantunya meningkatkan energi untuk kembali bersemangat menjalani berbagai aktifitas seperti hari biasanya. Gerakan senamnya pun tidak terlalu susah, sehingga sangat aman dan dapat dilakukan di rumah sembari memanfaatkan waktu luang yang ada.

2. Membantu Mempersiapkan Proses Persalinan

Membantu mempersiapkan proses persalinan merupakan salah satu manfaat senam ibu hamil lainnya yang bisa bunda rasakan. Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, wanita hamil yang rutin mengikuti kelas senam bisa melewati persalinan dengan lancar dan mudah dibandingkan mereka yang tidak melakukan senam. Waktu persalinan pun lebih pendek, sehingga kemungkinan pulih menjadi lebih cepat.

3. Mengurangi Rasa Kurang Nyaman Saat Hamil

Nyeri punggung di beberapa bagian tubuh, perut kembung, hingga sembelit seringkali dirasakan oleh wanita hamil. Ketika rasa nyeri itu muncul, tubuh terasa kurang nyaman bahkan untuk melakukan sedikit pergerakan sekalipun. Namun tidak perlu khawatir, rasa nyeri tersebut bisa dihilangkan perlahan hanya dengan melakukan senam terutama jika dilakukan secara rutin.

Senam dikatakan sebagai solusi cerdas mengurangi rasa nyeri, sebab tubuh menjadi lebih aktif bergerak yang membuat aliran darah menjadi lancar. Selain melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, senam dapat memperkuat otot di beberapa bagian tubuh agar lebih kuat saat menjalani masa kehamilan. Manfaat senam ibu hamil ini akan membuat Anda merasa lebih bersemangat menjalani hari.

4. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Kian bertambahnya usia kehamilan, banyak wanita yang mengeluh susah tidur karena tak kunjung menemukan posisi ternyaman untuk merebahkan dirinya. Akibatnya, malam hari dipenuhi dengan rasa gelisah akibat tak kunjung terlelap seperti hari biasanya. Tidak perlu khawatir, karena permasalahan sulit tidur dapat diatasi dengan rutin melakukan senam kehamilan. Tubuh yang merasa lelah, membuat Anda lebih cepat mengantuk saat waktu tidur tiba.

5. Membangkitkan Suasana Hati

Wanita hamil dua kali lebih rentan mengalami stres bahkan tanpa diketahui sebabnya. Atasi permasalahan tersebut dengan mengambil kelas senam khusus wanita hamil. Gerakan aktif saat melakukan senam, dipercaya mamp meningkatkan hormon endorfin dan meningkatkan kadar serotonim yang berhasil membuat Anda menjadi lebih bahagia. Efek bahagia ini merupakan satu dari sekian manfaat senam ibu hamil yang bisa membangkitkan suasana hati.

Saat mengandung, gerak tubuh menjadi cukup terbatas terutama menjelang hari kelahiran si kecil tiba. Demi menjaga kebugaran tubuh tetap terjaga, cobalah untuk melakukan senam khusus ibu yang tengah mengandung sebagai alternatifnya. Menawarkan sejumlah manfaat baik bagi tubuh, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu mengunjungi pusat kebugaran terdekat. Begitu banyak manfaat senam bagi ibu hamil, sudahkan Anda melakukan senam hari ini ?