Salah satu Manfaat Dongeng untuk Anak adalah bisa menstimulus perkembangan otak dan kepribadian Anak. Momen tumbuh kembang yang baik, akan membentuk pribadi yang mudah diterima oleh lingkungan. Maka dari itu orang tua mempunyai peran besar, dalam rangka menumbuhkan potensi dan jati diri. Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang tua, salah satunya manfaat dongeng untuk anak. Cerita edukatif akan membantu perkembangan saraf koginitif.

Cerita dan Gambar Menarik dari Buku Dongeng

Manfaat Dongeng untuk anak

1. Stimulasi Kemampuan Kognitif

Buku dongeng mengajak anak untuk mengenal warna dan gambar, sehingga objek yang ditangkap lebih luas. Anda bisa menggunakan alat peraga untuk memperkenalkan tokoh, agar alur cerita lebih seru. Kisah-kisah dalam dongeng akan menambah wawasan untuk anak. Selain itu anak bisa mempelajari sebab-akibat dalam cerita serta menganalisa cerita. Sehingga pemikiran anak menjadi kritis, cerdas, dan memahami mana yang boleh ditiru atau tidak.

Manfaat Dongeng untuk anak
2. Kemampuan Bahasa Meningkat

Ketika ibu bercerita anak akan mendengar banyak kosa kata baru, yang berasal dari dongeng. Secara tidak langsung kemampuan bahasa anak semakin bertambah. Manfaat dongeng untuk anak akan terlihat dengan adanya komunikasi dua arah. Ajak anak untuk terlibat dalam cerita sebagai cara berinteraksi. Dengan begitu anak bisa berlatih berbicara, meskipun tata kalimatnya belum terlalu jelas.

Manfaat Dongeng untuk anak
3. Mengasah Imajinasi

Anak memiliki dunia imajinasi sendiri, yang berisi dirinya dan teman khayalan. Tidak jarang anda akan menemukan anak berbicara sendiri. Maka dari itu orang tua perlu mengarahkan ke hal positif, agar tetap terkontrol dengan baik. Tugas anda ialah mengembangkan imajinasinya dalam bentuk dongeng. Dengan begitu imajinasi yang berkembang bisa bagus, anak akan mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan.

Manfaat Dongeng untuk anak
4. Sosial dan Emosi Terkontrol

Anak-anak cenderung sulit mempelajari norma dan moral dalam kehidupan. Hal ini karena lingkungan kurang memberi pengertian yang baik untuknya. Orang tua bisa mengambil manfaat dongeng untuk anak, sebagai media penyampaian norma. Dongeng mengandung ajaran norma sosial, agama, dan sopan santun. Setiap kisahnya menyampaikan pesan moral secara eksplisit, sehingga bisa diterima dengan mudah.

Ada perbedaan dari anak yang biasa mendengarkan dongeng dan tidak. Hal ini bisa terlihat dari cara bersikap dan beradaptasi dengan mudah. Anak cenderung menerapkan ajaran positif dari dongeng, contohnya bersikap baik kepada orang yang lebih tua. Ia akan diterima dengan baik oleh lingkungan, sehingga tidak ragu untuk bersosialisasi. Perkara mudah bagi anak untuk mendapatkan teman bermain, karena pribadinya yang menyenangkan.

Bayi 6 bulan
5. Ikatan Ibu dan Anak Menjadi Erat

Bagi ibu waktu mendongeng menjadi quality time paling favorit. Karena ibu bisa menjalin hubungan emosial dengan si anak. Hal ini menjadi manfaat dongeng untuk anak, sebagai sarana untuk mempererat ikatan. Disinilah komunikasi intim dan efektif bisa berjalan dengan baik, sehingga ibu dan anak bisa saling mengenal.

anak membaca dongeng
6. Menumbuhkan Minat Baca

Cerita dongeng membuat anak semakin penasaran dengan kisah-kisah selanjutnya. Sehingga Ia akan mencari tahu lewat beragam pertanyaan kepada si ibu. Ketertarikannya pada buku semakin bertambah setiap kali ibu membacakan dongeng. Hal ini bisa membangkitkan minat baca yang tinggi. Saat Ia dewasa buku dapat menjadi teman untuk menambah wawasan.

Anak yang gemar membaca biasanya berasal dari orang tua, yang rajin membacakan cerita dongeng. Lewat dongeng orang tua membantu stimulasi kemampuan koginitif, serta menambah beragam kosa kata. Tidak heran jika anak mempunyai keterampilan bahasa yang lebih, dan cerdas dalam mengolah kalimat. Selain itu daya imajinasi anak mudah terbentuk, karena sudah terkontrol sejak kecil.