Siapa sih yang tak suka dengan air kelapa muda? Rasanya yang begitu nikmat sangat cocok dikonsumsi saat musim panas tiba. Di balik kenikmatannya tersebut, ternyata banyak manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

Diminum langsung dari buah kelapanya tanpa diolah atau dicampur dengan bahan lain pun sudah sangat nikmat lho. Apalagi jika sudah diolah menjadi berbagai macam minuman menyegarkan, dijamin rasanya akan bertambah nikmat berkali – kali lipat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil? Jika Anda belum mengetahuinya, di bawah ini akan diulas lengkap ya!

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

air kelapa muda untuk ibu hamil

1.Memberikan Efek Menenangkan Pada Bagian Refluks Asam

Progesteron pada ibu hamil akan semakin mengendurkan bagian katup perut seiring dengan perkembangan janin. Hal ini memicu terjadinya, cairan lambung yang tiba – tiba naik dan masuk ke bagian kerongkongan. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus, maka dampaknya akan membuat ibu hamil sendawa berlebihan diiringi dengan rasa asam. Kebanyakan ibu hamil menjadi tak nyaman jika sendawa terus menerus.

Cara penanganan paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi air kelapa muda murni (tanpa campuran). Secara perlahan tapi pasti, bagian refluks asam akan menjadi tenang.

2.Mendukung Perkembangan Janin

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah mendukung perkembangan janin. Kondisi perut yang semakin besar, tentu saja membutuhkan banyak asupan nutrisi yang lebih. Anda bisa lho sering mengkonsumsi air kelapa muda, agar calon buah hati bisa berkembang dengan lebih baik.

Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di dalam air kelapa muda merupakan pemicu perkembangan janin yang baik. Salah satu mineral yang terkandung di dalam air kelapa muda adalah kalsium. Kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi calon buah hati.

Namun perlu Anda pahami, meski di dalam air kelapa muda terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral, bukan berarti bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi utama ya.

3.Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat air kelapa muda ternyata juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam air kelapa terdapat zat yang berperan sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus.

4.Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Tak hanya air kelapa yang memiliki manfaat bagi ibu hamil, kelapa muda juga baik untuk membantu melancarkan peredaran darah pada ibu hamil muda. Setidaknya, volume darah pada ibu hamil muda akan meningkat hingga mencapai 50 persen. Dengan begitu, resiko bengkak dan sakit pada kaki bisa dihindari sejak dini.

5.Membantu Proses Produksi ASI

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, produksi asi selama proses hamil akan bisa mengalami peningkatan jika mengkonsumsi kelapa muda secara rutin. Jadi pasca melahirkan, buah hati Anda bisa menikmati kualitas asi yang bergizi dan juga melimpah.

6.Menghindari Resiko Anemia

Anemia merupakan masalah yang umum terjadi pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi kelapa muda secara rutin, anemia bisa dihindari.

7.Morning Sickness Bisa Lebih Berkurang

Air kelapa muda ternyata juga bisa mengatasi gangguan morning sickness yang banyak dialami oleh ibu hamil muda lho. Mual hingga muntah pasti membuat Anda tak nyaman selama masa kehamilan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi air kelapa muda.

8.Mengatasi Jerawat

Perubahan hormon saat hamil, seringkali membuat wajah ibu hamil menjadi berjerawat. Untuk mencegah munculnya banyak jerawat di wajah. Kandungan zat antibakteri, dipercaya bisa membantu mengatasi masalah jerawat yang aman bagi ibu hamil.

Itu tadi manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Buah kelapa sangat aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Karena selain kaya akan rasa, menyehatkan, kelapa juga mempunyai gizi yang tinggi.