Ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu termasuk juga memilih makanan. Karena ada beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil sebab bisa berpotensi untuk membahayakan kandungan si calon bayi.

Selama masa kehamilan, Anda wajib melengkapi kebutuhan nutrisi agar janin yang ada di dalam kandungan tetap di kondisi sehat dan tumbuh dengan sangat baik. apapun yang masuk pada tubuh ibu hamil berdampak langsung terhadap tumbuh kembangnya si janin.

Makanan yang Harus Dihindari

Adapun pola makan yang sehat saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Sehingga memperhatikan makanan yang beresiko menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Untuk itu, berikut ini makanan yang harus dihindari ibu hamil.

  1. Makanan mentah atau setengah matang

Sebagian orang pasti sangat menyukai telur setengah matang. Namun, jika Anda sedang hamil sebaiknya hindari dulu makanan seperti ini. telur mentah sendiri mengandung enzim yang akan menghambat penyerapan dari nutrisi ibu hamil.

Selain itu, telur mentah tersebut juga mengandung bakteri salmonella yang memicu terjadinya muntah, demam, dan diare. Hal yang sama juga terjadi pada daging sapi mentah ataupun setengah matang, namun pada sapi terdapat virus toksoplasma yang berbahaya sekali untuk si janin.

Makanan yang Harus Dihindari

Maka dari itu, Anda harus pastikan makanan tersebut sudah matang sebelum mulai mengkonsumsinya. Lalu cuci bersih semua alat masak yang Anda gunakan ketika memasak daging dengan bersih. Sehingga tidak ada virus yang menempel pada tubuh ibu hamil.

  1. Makanan yang menyerap merkuri

Seperti halnya sushi yang di dalamnya terkandung ikan mentah. Makanan ini sama sekali tidak diperbolehkan untuk Anda konsumsi sebagai ibu hamil. Sebab beresiko sekali mengandung merkuri dan juga parasite.

Kemudian ikan yang harus Anda hindari juga yaitu tuna yang berpengaruh dalam penghambatan perkembangan saraf si calon bayi. Tidak hanya tuna, batasi juga ikan laut dan salmon.

Ikan laut sendiri mengandung polychlorinated biphenyls (PCBs) dan polutan dioksin yang membuat janin Anda lahir dengan berat badan yang kurang dari normal. Sehingga ditakutkan juga akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan saraf motoriknya.

  1. Susu tanpa pasteurisasi

Susu memang sangat wajib sekali dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, Anda harus memilih suhu yang sudah dipasteurisasi. Sebab jika belum sangat berbahaya sekali karena didalamnya terkandung bakteri listeria yang menyebabkan resiko buruk pada si janin.

Suhu segar yang sehat bisa Anda ambil langsung dari hewan seperti sapi. Namun, susu ini justru mempunyai racun serta bakteri yang tidak baik untuk pertumbuhan si janin serta juga mempengaruhi kondisi ibu hamil.

  1. Makanan instan

Apapun itu yang berbau instan seperti bumbu instan dan makanan instan lainnya sebaiknya segera Anda hindari selama masa kehamilan ini. karena didalamnya terdapat berbagai kandungan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Adapun kandungan yang dimaksud tersebut seperti bahan kimia, MSG, pengawet, perasa, dan pewarna. Terutama seperti mie instan yang akan lebih lama dicerna tubuh. Hal ini bisa menyebabkan sistem pencernaan ibu hamil menjadi terganggu. Kemudian hal yang paling ditakutkan adalah adanya perubahan hormon di masa kehamilan ini.

  1. Sayur dalam kondisi mentah

Sayuran adalah makanan yang kaya akan nutrisi terutama bagi ibu hamil sendiri. Namun, pastikan sayuran yang dikonsumsi sudah benar-benar masak dan tidak mentah sama sekali. Sebab banyak sayuran mentah di dalamnya terkandung parasit dan juga bakteri.

  1. Jeroan

Jangan sampai Anda mengkonsumsi jeroan sembarangan. Pada dasarnya jeroan memang terkandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Namun Anda hanya boleh makannya satu kali saja selama seminggu. Itupun dengan porsi yang seminimal mungkin.

Apabila jeroan terlalu banyak dikonsumsi bisa jadi mengganggu kesehatan si janin. Lalu yang lebih aprahlanya lagi munculnya gangguan hati bagi ibu hamil tersebut.

  1. Kafein

Anda sebenarnya diperbolehkan untuk mengkonsumsi kafein ini waktu hamil. Namun jumlahnya harus dibatasi. Kafein sendiri terkandung di dalam teh, kopi, dan coklat. Namun jika asupan berlebih bisa mengganggu si calon bayi.

Bahkan pada kondisi yang lebih parah, kafein akan menyebabkan keguguran. Konsumsi kafein tidak diperbolehkan melebihi 200 mg per harinya atau setara dengan 2 hingga 3 gelas kopi. Apalagi saat Anda sedang berada di trimester 1 kehamilan.

Itulah makanan yang harus dihindari ibu hamil. Makanan yang sehat tentunya akan menghasilkan kondisi janin yang tetap sehat dan ternutrisi pula. Selain itu, hindarilah makanan yang sekiranya bisa membuat Anda menjadi alergi.

Namun jika masih bingung, Anda bisa langsung tanyakan dokter kandungan dan mintalah dokter untuk memberitahu Anda makanan apa saja yang dihindari dan dianjurkan untuk Anda konsumsi.