Menyusui adalah masa-masa yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Karenanya makanan untuk ibu menyusui tidak boleh asal-asalan.

Ibu menyusui tidak memiliki pantangan makanan sebenarnya, tetapi sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Ini akan menentukan jumlah serta kualitas ASI yang dihasilkan.

Pentingnya ASI yang Bermutu dan Bergizi

ASI adalah makanan utama bagi bayi agar dapat bertumbuh dengan baik, karenanya perlu ASI yang bermutu dan bergizi. Dalam ASI terdapat kandungan asam amino, vitamin, mineral, enzim, protein, air, lemak, karbohidrat. Selain itu terdapat pula sel-sel darah putih yang dapat melindungi bayi dari penyakit tertentu.

Nutrisi mikro dan makro yang dimiliki ASI dinilai mampu melindungi bayi dari diabetes, asma, obesitas, serta penyakit lainnya. Seorang ibu memerlukan nutrisi yang baik agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas.

Tips agar ASI Lancar Terproduksi

Selain makanan untuk ibu menyusui yang sarat gizi, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan agar produksi ASI tetap lancar dan banyak.

Hal-hal berikut mungkin terkesan sepele tetapi dampaknya sangat besar dalam hal menyusui.

Minum yang Banyak

Minum air putih yang banyak menjadi nasihat umum yang sering kita dengar. Kurangnya cairan tubuh akan sangat mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi. Selain itu, busui juga akan mengalami dehidrasi apabila kurang minum / cairan.

Hindari Penggunaan Botol Susu

Penggunaan botol susu pada bayi sangat tidak disarankan. Bayi akan menjadi bingung antar dot botol dan payudara. Isapan bayi akan menjadi tidak efektif dan dapat menurunkan produksi ASI. Biasakan agar bayi menyusu langsung dari payudara ibu.

Gunakan Payudara Bergantian

makanan untuk ibu menyusui

Sebaiknya menyusui bayi dengan kedua payudara secara bergantian. Bisa dimulai dari kiri dulu lalu setelah itu saat menyusui berikutnya kanan. Kemudian kanan lalu kiri, dan seterusnya.

Menyusui dengan Benar

Ibu menyusui perlu posisi yang rileks agar ASI dapat diproduksi dengan baik dan lancar. Berbaring miring di atas tempat tidur adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan atau duduk bersandar pada kursi. Pastikan mulut sang bayi menempel dengan benar pada payudara ibu.

14  Macam Makanan untuk Ibu Menyusui yang Enak dan Menyehatkan

Pada masa menyusui, makanan untuk ibu menyusui tidak boleh dikurangi. Hal ini akan berdampak pada kurangnya nutrisi pada ASI. Busui justru diminta untuk mengkonsumsi aneka makanan agar kebutuhan nutrisi buah hati terpenuhi.

14 macam makanan berikut sangat enak dan menyehatkan tentunya bagi ibu menyusui:

  1. Pepaya

Pepaya sangat kaya akan asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Kandungan zat besi pepaya dipercaya mampu memperlancar ASI. Buah pepaya yang rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol mampu membuat suasana hati ibu menjadi nyaman seusai mengurus bayi. Selain enak dimakan langsung, pepaya nikmat juga bila dibuat menjadi jus.

  1. Daun Katuk

Daun ini adalah konsumsi wajib buat para ibu menyusui yang kaya akan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Daun katuk dipercaya meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin dalam produksi ASI.

  1. Kacang Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang baik untuk produksi ASI.

  1. Bayam

Menurut penelitian, bayam mengandung suatu enzim fitoestrogen yang sangat berpengaruh untuk memperlancar ASI.

  1. Sup Daging

Kandungan mineral pada sayuran dan daging dapat membantu produksi ASI.

  1. Wortel

Kandungan dalam wortel dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Semangka

Hampir sama dengan fungsi air, buah ini dapat mengurangi dehidrasi pada tubuh busui.

  1. Oatmeal

Kandungan oatmeal dapat menstabilkan gula darah yang bisa menghambat produksi ASI.

  1. Kacang Hijau

Kandungan karbohidrat, lemak, dan protein dapat menjadi sumber energi yang membantu memperlancar produksi ASI.

  1. Wijen Hitam

Biji wijen dapat dijadikan masker untuk payudara yang bisa merangsang produksi ASI.

  1. Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang baik buat ASI, pengolahannya juga mudah dan bervariasi.

  1. Beras Merah

Kandungan vitamin beras merah bermanfaat untuk merangsang sekresi prolaktin. Tidak hanya membuat ASI menjadi lancar tetapi stamina ibu menyusui juga tetap terjaga. Selain itu cocok menjadi makanan untuk ibu menyusui yang ingin menjaga berat badan.

  1. Kurma

Kandungan kurma, tryptophan dapat memicu hormon serotonin serta meningkatkan hormon prolaktin yang bermanfaat untuk memperlancar ASI. Selain itu terdapat pula kalsium dan nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

  1. Pare

Pare mempunyai rasa yang pahit sehingga banyak yang tidak menyukainya. Ternyata kandungan antioksidan, vitamin C, likopen, dan fitokimia lutein, pare dapat membuat ASI berlimpah. Selain itu pare juga berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan menjadi makanan antikanker.

ASI sangat penting, bahkan disarankan agar menyusui hingga bayi berusia dua tahun. Makanan untuk ibu menyusui sangat mudah didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau. Jangan sampai melewatkannya agar bayi bertumbuh dengan ASI yang bergizi.