Makanan Untuk Ibu Hamil MudaPada awal kehamilan atau tiga bulan pertama adalah fase terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Jadi, tentunya ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda agar sel-sel janin berkembang menjadi organ tubuh yang terbentuk dengan baik.

Padahal biasanya banyak calon ibu yang merasakan mual di pagi hari, tidak nafsu makan, dan kelelahan. Bahkan sering juga timbul masalah pencernaan seperti sembelit dan kenaikan asam lambung yang terjadi karena tubuh ibu hamil itu mengalami perubahan hormon. Tapi tenang, jangan khawatir jika mereka belum bisa makan seperti sebelum mereka hamil. Lebih baik, fokuslah pada makanan untuk ibu hamil muda yang telah direkomendasikan! Apa saja itu?

makanan ibu hamil

Daging tanpa lemak

Rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda yang pertam adalah daging sapi tanpa lemak. Di mana daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu daging sapi ini mengandung zat besi yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan.

Zat besi sendiri bertanggung jawab dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin yang sangat dibutuhkan untuk memasok oksigen serta nutrisi ke tubuh ibu hamil dan janin. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi per hari, ibu hamil bisa terhindar dari anemia.

Mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan zat besi dengan memakan daging, terutama jika Ibu tidak menyukai daging atau vegetarian. Namun bagi mereka yang bisa, silakan makan daging tanpa lemak secara teratur, ya!

Produk olahan susu

Makanan untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah susu dan produk-produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Selama kehamilan, makanan olahan susu ini sangat penting dikonsumsi karena mengandung kalsium yang merupakan komponen nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Tidak hanya itu, produk olahan susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dan menggunakannya di dalam proses metabolisme tubuh. Tetapi, jika memungkinkan pilihlah produk yang rendah lemak dan rendah gula, ya!

Edamame

Edamame itu kaya akan folat. Di mana kandungan folat mampu meminimalkan risiko cacat lahir pada janin dan mengurangi risiko kelahiran prematur. Selain itu, folat membantu mencegah terbentuknya homosistein di dalam tubuh. Apa itu homocysteine? Homosistein adalah asam amino yang dapat mengganggu produksi hormon-hormon yang berkaitan dengan suasana hati, nafsu makan, dan pengatur tidur.

Karena kandungannya inilah, Edamame menjadi salah satu dari makanan untuk ibu hamil muda yang direkomendasikan. Tetapi perlu diingat, Edamame adalah produk kedelai, di mana Ibu harus mengonsumsinya setelah berkonsultasi dengan dokter, ya!

Sayuran

Makanan untuk ibu hamil muda selanjutnya yang direkomendasikan adalah sayuran. Sangat penting bagi ibu hamil muda untuk mengonsumsi tiga hingga lima porsi sayuran dalam berbagai warna. Misalnya, bayam yang kaya asam folat dan brokoli dengan kandungan zat besi tinggi, yang membantu pembentukan sel darah merah pada bayi selama trimester pertama. Namun, brokoli harus dihindari bagi ibu hamil dengan kondisi hipotiroidisme.

Selain itu, ada juga Kale yang merupakan sumber nutrisi yang baik. Kale mengandung  vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Ditambah lagi, kale juga dapat memenuhi lebih dari 10 kali kebutuhan vitamin K harian. Ini sangat penting untuk mendukung pembekuan darah dan mencegah kekurangan vitamin K saat bayi lahir.

Sayuran lain yang masuk ke dalam rekomendasi makanan ibu hamil muda antara lain tomat, paprika merah, hijau dan kuning, asparagus, dan kentang manis.

Buah-buahan

Jumlah buah yang disarankan untuk trimester pertama kehamilan setidaknya tiga porsi per hari. Selain karena mengandung vitamin dan mineral, beberapa buah juga mengandung serat yang dapat mencegah sembelit pada ibu hamil. Jadi, mengkonsumsi buah merupakan rekomendasi makanan buah untuk ibu hamil yang sangat penting.

Buah jeruk membantu ibu hamil tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan sumber folat yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang bagus. Lalu sumber vitamin C lain yang bisa Ibu konsumsi adalah buah mangga.

Selain vitamin C, mangga juga tinggi akan vitamin A. Ibu harus tahu kalau kekurangan vitamin A saat bayi lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Ada juga buah alpukat, buah ini memiliki lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Seperti yang dikutip dari Healthline.com, Selain itu alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan potasium/kalium. Di mana kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki yang umum dirasakan saat kehamilan yang umum.

Nah, itulah 5 rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda. Silakan dicoba! Tapi jika Ibu tetap merasa ragu, makanan-makanan tadi bisa dikonsultasikan dulu pada dokter, ya!