Bayi berusia satu tahun perlu diberi asupan nutrisi guna menstimulus perkembangan. Pada usia ini ibu harus super protektif dalam menyeleksi makanan, yang masuk ke dalam tubuh anak. Karena di usia 12 bulan anak mulai pilih-pilih makanan yag disajikan. Kebiasaan mengemut makanan bisa menjadi tanda bahwa Ia tidak mau mengonsumsinya. Maka dari itu ibu harus tahu jenis makanan bayi 1 tahun agar gizinya tercukupi. Simak ulasan berikut.

Berikut ini Daftar Makanan Bayi Usia 1 Tahun

Makanan sehat untuk bayi usia 1 tahun

1. Buah Berry

Bayi usia 1 tahun sudah mulai mengenal beberapa warna yang menarik perhatiannya. Hal tersebut juga berlaku dalam pemilihan makanan yang menjadi kegemaran. Ibu bisa memberikan buah berry yang warnanya cukup menarik. Sehingga Ia akan memakannya dengan lahap karena merasa buah tersebut sangat nikmat. Tidak perlu khawatir tentang kandungan nutrisi buah berry, sebab buah ini sempurna untuk asupan bayi yang sedang tumbuh.

bayi lagi makan
2. Nasi Cokelat

Kebanyakan bayi menolak makan nasi putih biasa karena rasanya terlalu hambar. Ibu bisa menggantinya dengan nasi cokelat, yang memiliki rasa sesuai lidah sang anak. Jenis makanan bayi 1 tahun ini mengandung vitamin B, protein, dan mineral. Selain itu kandungan karbohidratnya bisa diserap oleh tubuh. Sehingga kadar glukosa dalam darah berubah menjadi sumber energi. Jadi bayi lebih bebas bergerak tanpa takut mudah kelelahan.


3. Ubi

Semua jenis ubi bisa dikonsumsi oleh bayi dengan cara dikukus, lalu dilumat lembut agar mudah dicerna. Ibu bisa menambahkan ASI sebagai pelengkap MPASI supaya rasanya lebih manis. Jenis sumber makanan ini mengandung vitamin A dan vitamin C, yang dapat memberi nutrisi bagi tubuh. Di dalam ubi terdapat senyawa fitokimia untuk pembentukan sistem imun tubuh. Kekebalan tubuh yang meningkat akan membantunya dari serangan berbagai penyakit.

makanan untuk bayi usia 1 tahun
4. Daging Ayam

Ibu bisa mengkreasikan nasi tim dengan daging ayam sebagai makanan bayi 1 tahun. Kebaikan jenis makanan ini terletak pada kandungan protein hewani, untuk stimulasi perkembangannya. Bayi usia 1 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1000-1400 per hari selain ASI yang menjadi sumber makanan. Jika kebutuhan kalori tercukupi maka ada jaminan pertumbuhan anak akan berlangsung dengan baik.

kacang-kacangan
5. Kacang

Ada beberapa yang berpendapat bahwa kacang dapat mencegah alergi pada bayi. Ibu perlu mengolah kacang menjadi sajian makanan yang bisa dimakan oleh anak. Anda bisa membuat selai kacang sendiri dan ditaruh diatas biskuit kesukaannya. Atau membuat bubur halus dari bahan kacang-kacangan. Buat makanan yang tampak natural sehingga Ia tidak bisa menolaknya. Tetapi jika nantinya anak menolak anda tidak perlu memaksa untuk memakannya.

buah brokoli
6. Sayuran Hijau

Kebutuhan makanan bayi 1 tahun paling banyak berasal dari sayuran hijau. Mereka kaya anti oksidan dan serat yang bisa membentuk organ pencernaan dengan baik. Rasa sayuran hijau memang kurang menyenangkan di lidah bayi. Tetapi anda bisa mencampurnya dengan nasi tim yang sudah disesuaikan dengan seleranya. Selain itu zat hijaunya berfungsi untuk memperhalus kulit bayi, sehingga kulitnya tampak sehat dan cantik alami saat dewasa nanti.

Pemberian makanan pada bayi memang tidak boleh sembarangan. Karena menyangkut nilai gizi dan nutrisi untuk menstimulasi perkembangan. Asupan ASI saja tidak cukup untuk menunjang tumbuh kembang anak yang semakin bertambah. Ia membutuhkan makanan dengan ketentuan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Maka dari itu ibu harus cerdas dalam memilih makanan, serta membuat kreasi yang sekiranya dapat dicerna oleh sang anak.

kunjungi facebook kita di https://facebook.com/detikbayi