Saat beranjak usia 6 bulan, bayi mulai membutuhkan makanan lain selain susu. Untuk menunjang perkembangan bayi kebutuhan nutrisinya harus tercukupi. Ibu harus pintar memberikan variasi menu agar makanan bisa dinikmati si kecil. Apalagi untuk bayi yang masih dalam masa MPASI, pastinya asupan gizi harus diperhatikan. Pada usia MPASI bayi hanya bisa mencerna bubur dan bahan alami sebagai makanan bayi 6 bulan. Maka dari itu ibu perlu membuat kreasi menu, agar bayi tumbuh dengan sehat. Simak ulasan berikut.

Rekomendasi Makanan Bayi 6 Bulan

Makanan bayi 6 bulan

1. Alpukat

Tekstur buah yang lunak membuat bayi dengan mudah mencernanya dalam tubuh. Alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, hingga magnesium yang baik untuk pertumbuhan bayi. Kandungan tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh, serta menstimulasi kemampuan motorik bayi. Agar bisa dikonsumsi oleh bayi ibu perlu mengolahnya menjadi bubur terlebih dahulu. Ibu bisa mencampurkannya dengan sedikit air supaya mudah masuk dalam usus.

Makanan bayi 6 bulan
2. Serealia

Jenis kacang-kacangan akan menambah energi untuk si kecil, dan menunjang tumbuh kembangnya. Ibu bisa memenuhi sumber karbohidrat bayi dari beras putih, beras merah, atau gandum. Makanan bayi 6 bulan ini disajikan dalam bentuk bubur saring atau bubur susu agar mudah dicerna. Sebaiknya menghindari gandum instan jika ingin memberikan MPASI dari gandum. Pilih jenis gandum rolled atau steel cut oats yang lebih bergizi.

Pisang makanan bayi penuh giji
3. Pisang

Buah berwarna kuning ini mempunyai tekstur yang lembut, dan mudah untuk dihancurkan. Pisang mengandung vitamin A, asam folat, dan kalium yang aman dicerna oleh perut bayi. Pilihlah pisang yang sudah matang sempurna, sehingga mudah dilumat menggunakan garpu. Agar rasanya bisa dinikmati si kecil, tambahkan ASI untuk mengencerkan pisang yang sudah dilumat. Berikan MPASI pisang ini sesuai jadwal makan yang sudah diatur.

Baca juga  Bayi lahir dengan dua mulut Langka !!!

Makanan bayi 6 bulan
4. Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam papaya bisa membantu proses pencernaan. Olahan pepaya bisa dijadikan makanan bayi 6 bulan. Buah ini mengandung zat besi dan asam folat yang menstimulasi perkembangan otak. Kandungan kalsium dan zinc bisa merangkai jaringan tulang, dan menjaga kesehatan tulang. Ibu perlu menghancurkannya menjadi lumatan lembut yang bisa dicerna si kecil.

Puri food worterl
5. Wortel

Sayuran memang cocok untuk menjaga imunitas tubuh, sehingga kebal terhadap serangan penyakit. Kandungan vitamin A pada wortel membantu indera pengelihatan untuk berkembang secara sempurna. Selain itu mineral pada wortel akan memproduksi enzim-enzim baik yang bagus untuk kesehatan. Ibu bisa merebus wortel terlebih dahulu kemudian melumatnya halus dan tambahkan ASI.

Makanan bayi 6 bulan
6. Ubi Jalar

Golongan umbi ini merupakan sumber beta karoten, untuk menstimulasi produksi vitamin A. Ubi jalar bisa dijadikan makanan bayi 6 bulan karena tinggi kalori dan kaya vitamin C. Terdapat anti oksidan yang membantu dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Ibu bisa mengukus ubi jalar dan menjadikannya bubur susu, lalu dilumat halus dengan ASI.

pepaya bagus untuk bayi
7. Labu Kuning

Jenis labu ini memiliki beta karoten, vitamin A, dan vitamin K yang baik untuk bayi. Tekstur labu kuning yang lembut membuatnya mudah dihaluskan. Ibu tidak perlu menambah banyak ASI karena rasanya cukup manis. Selain itu magnesium dan kalsium membantu untuk pembentukan tulang dan otot pada bayi.

Bayi 6 bulan memerlukan makanan pendamping ASI, untuk menunjang tumbuh kembangnya. Sumber MPASI bisa berasal dari buah, sayur, hingga kacang-kacangan. Mereka merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Sehingga bisa merangsang perkembangan si kecil, terutama saat usia 6 bulan. Pilih tekstur makanan yang lembut sehingga mudah dihaluskan, dan dilumat bersama ASI.

Baca juga  Perbedaan Botol Susu Bayi PP, PPSU, dan Kaca

Ayo kunjungi facebook detik bayi di https://facebook.com/detikbayi untuk mendapatkan update terbaru dari situs kami