Makanan menjadi salah satu faktor penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tentu saja kadang kita binggung memilih makanan anak umur 2 Tahun. Dengan memberikan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil, maka tubuhnya menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk mengetahui makanan yang tepat bagi si kecil. Tak hanya soal kebutuhan gizi, jenis makanan juga berpengaruh terhadap selera anak. Makanan pada tahapan setiap anak berbeda beda, sebagaimana makanan untuk anak usia 2 tahun berikut ini.

makanan pisang

Menu Makanan yang Tepat Untuk Anak yang Berusia 2 Tahun

Ibu bisa saja memberikan makanan apa saja kepada Anak berusia 2 tahun. Namun, dalam suatu kondisi bisa saja si kecil mulai bosan karena anda selalu memberikan menu makanan yang sama. Maka dari itu, anda perlu menyusun menu makanan yang sehat dan bervariatif atau mengkombinasikan dengan menu makanan yang lain. Perlunya perencanaan makanan juga bertujuan agar si kecil terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat sejak kecil.

Pada usia ini memang memberi makan pada anak terlihat lebih rumit. Anda bisa menambahkan jenis bahan untuk dikonsumsi oleh balita yang berusia 2 tahun. Sebagaimana anda bisa memberikan pure kentang dengan semur daging cincang atau membuat semangkuk soto, bakso udang dan nasi goreng sayuran. Pada saat memasuki usia ini, balita sudah memiliki beberapa gigi sehingga ia sudah bisa mengunyah. Meskipun begitu, anda tetap harus memotong makanan menjadi beberapa bagian.

Makanan untuk anak yang berusia 2 tahun sebaiknya mulai dengan porsi yang kecil terlebih dahulu namun dengan frekuensi yang cukup sering misalnya 7 hingga 8 kali dalam satu hari. Selain itu, berikan makanan yang memiliki tekstur lembut sehingga ia lebih mudah dalam mengunyah. Selain memperhatikan tingkat kevariatifan menu, anda juga perlu mempertimbangkan warna makanan. Makanan dengan warna alami yang lebih menarik bisa meningkatkan selera makan si kecil.

Jenis Makanan yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2 Tahun

sayuran hijau

Anak yang berusia 2 tahun sudah melakukan banyak gerak mulai dari berlari, bermain hingga melompat dan memanjat. Oleh karenanya ia membutuhkan asupan gizi yang tepat. Si kecil saat berusia 2 tahun membutuhkan gizi seperti berikut ini

  • Karbohidrat sebanyak 100 kalori / kilogram berat badan
  • Protein sebesar 1.5 gram / kilogram berat badan
  • Zinc Sebanyak 17 microgram
  • Zat besi sebanyak 8 miligram
  • Kalsium 350 miligram
  • Cairan sebanyak 1 liter hingga 1.5 liter

Anda bisa menyajikan makanan untuk anak umur 2 tahun dengan beberapa menu diantaranya makanan pagi terdiri dari jus jeruk dengan volume 40 mililiter dan seperempat cangkir bubur oats yang ditambahkan dengan satu sendok madu serta setengah cangkir susu. Selain itu, anda perlu menambahkan snack pagi yang terdiri dari setengah gelas susu maupun yogurt dan setengah buah pisang yang telah dihaluskan.

Sedangkan siang makan siang terdiri dari satu butir telur rebus, kemudian satu potong roti gandung, setengah potong buah apel dan setengah gelas susu. Snack sore terdiri dari 15 gram susu, 40 mililiter jus buah dan setengah potong roti keju yang sudah ditambahkan dengan margarin. Anda bisa menyiapkan 30 gram semur daging yang dicincang dengan pure kentang sebagai makanan untuk anak saat malam hari.

Bentuk Makanan Juga bisa membantu selera Anak

Sediakan bentuk makanan yang unik sehingga Anak anda akan lebih tertarik. Apabila anda mengalami masalah si kecil yang tidak mau makan, anda bisa melakukan beberapa tips seperti mengatur jadwal makan, membuat suasana makan agar lebih menyenangkan serta mengajaknya makan bersama. Memaksanya makan justru bisa membuatnya trauma dan semakin tidak mau makan.