Makanan sehat menjelang persalinan sangat diperlukan oleh ibu hamil agar tetap berenergi dan juga tidak mudah lelah ketika proses persalinan datang. Asupan makanan yang berenergi dan sehat sudah terbukti mampu menyediakan tenaga cadang ketika melahirkan nanti.

Persalinan membutuhkan waktu yang lumayan sangat panjang sehingga energi yang diperlukan pun juga harus banyak. Maka dari itu, ibu hamil menjelang persalinan sangat disarankan untuk mengisi tubuh dengan makanan yang sehat serta bergizi yang cocok untuk ibu hamil.

Makanan sehat menjelang persalinan

Khususnya bagi ibu yang melahirkan dengan normal, energi yang dikeluarkan pasti lebih besar saat mengejan hingga si bayi lahir. Maka dari itu, tetap mengkonsumsi makanan berenergi menjadi sebuah keharusan. Berikut ini pilihan makanan sehat menjelang persalinan.

  1. Yogurt dicampur dengan buah

Adapun makanan pertama yang bisa Anda konsumsi yaitu yogurt. Yogurt sendiri mengandung karbohidrat dan protein yang akan membuat Anda lebih bertenaga ketika melahirkan nantinya, kemudian produk olahan susu ini praktis sekali sehingga Anda pun bisa bawa kemana-mana.

Meskipun bernutrisi, namun yogurt mengandung sedikit gula. Untuk itu, Anda wajib sediakan yogurt ketika telah berada di kamar inap. Lalu agar lebih memperkaya nutrisi, Anda juga bisa campurkan dengan buah ataupun granola dan juga oats.

  1. Roti gandum

Siapa yang tidak suka dengan roti yang kaya akan serat ini. apabila dibandingkan dengan nasi, roti gandum termasuk sumber karbohidrat yang lebih ringan dan juga praktis. Jika Anda ingin lebih berenergi sebaiknya konsumsi roti gandum ini.

Makanan Sehat Menjelang Persalinan

Serat yang tinggi di dalamnya akan membuat rasa kenyang di perut menjadi lebih lama. Agar lebih enak, tambahkanlah selai atau margarin diatasnya. Anda juga bisa konsumsi roti gandum yang berisikan daging ayam.

  1. Biskuit

Saat perut terasa mual, biskuit selalu menjadi penyelamat kita semua. Meskipun Cuma cemilan, namun siapa sangka biskuit juga mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Namun, sebaiknya Anda harus memilih biskuit susu atau gandum. Sebab biskuit yang terlalu beraneka rasa justru terdapat terlalu banyak kirm terkandung di dalamnya. Pada akhirnya akan membuat Anda merasa cepat mual.

  1. Kentang

Sumber karbohidrat yang kerap disebut sebagai pengganti nasi adalah kentang. Oleh karena itu, kentang juga cocok dijadikan sebagai sumber makanan yang berenergi bagi ibu hamil. Nutrisi dalam kentang akan menambah asupan energi Anda ketika persalinan.

Namun, harusnya kentang diolah menggunakan cara yang tepat. Jangan menggoreng kentang karena rasa mual bisa timbul pada ibu hamil. Anda cukup rebus, kukus, atau olah jadi bahan lainnya yang lebih sehat.

  1. Sup

Cairan di dalam tubuh haruslah dipenuhi agar energi semakin lengkap di tubuh ibu hamil ketika hendak melahirkan. Selain mudah pembuatannya, sup juga akan menjadi Pereda rasa sebelum persalinan dimulai.

Mengkonsumsi sup hangat cenderung membuat Anda untuk tetap rileks dan bisa juga mengatasi rasa khawatir berlebihan yang dirasakan. Agar nutrisi lebih lengkah, tambahkanlah isiannya dengan potongan sayuran dan juga daging ayam. Sehingga cita rasanya pun ikut lebih berwarna.

  1. Buah-buahan

Selama kehamilan Anda memang dianjurkan mengkonsumsi buah, namun sebelum persalinan buah juga menjadi makanan yang dianjurkan. Buah sangat kaya akan nutrisi yang sangat berperan dalam melancarkan proses persalinan.

Sebab kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah bisa membuat cairan tubuh ibu hamil menjadi terpenuhi. Selain itu, buah juga termasuk sumber karbohidrat yang baik. sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan.

Untuk itu, pilihlah buah yang sudah disarankan dokter kandungan Anda. Kemudian hindari buah yang rasanya asam agar bisa menghindari rasa mual.

  1. Daging ayam

Adapun makanan lainnya yang bisa menambah energi adalah daging ayam. Daging ini kaya akan protein. Asam amino di dalamnya perlu bagi ibu hamil untuk memperlancar persalinan nantinya.

Meskipun daging ayam cenderung digolongkan sebagai makanan berat, namun Anda cukup olah daging ayam ini dengan cara sederhana. Misalkan saja seperti merebusnya menjadi sup.

  1. Sayuran hijau

Adapun sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi adalah kubis, bayam, kale, brokoli, dan juga selada. Makanan tersebut akan membuat Anda menjadi lebih berenergi sewaktu persalinan. Sayuran tersebut juga sudah terbukti mengandung vitamin K yang bisa mengurangi risiko terjadinya pendarahan selesai melahirkan.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian sangat kaya akan sehat dan bisa membantu Anda untuk memberikan energi ketika mengejan. Serat sendiri termasuk karbohidrat kompleks sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk mengubahnya menjadi energi. Sehingga proses pembakaran energi akan berlangsung dengan bertahap dan ibu hamil tidak akan mudah lelah.

Itulah makanan sehat menjelang persalinan yang harus segera dipenuhi oleh ibu hamil. Kemudian jangan lupa juga untuk mencukupi cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi setelah persalinan selesai.